Keseruan Webinar Literasi di SDIT Assalamah Ungaran

Halo Kawan,

Mulai bulan Agustus 2021, Ruang Aksara mengisi kelas menulis rutin di SD Assalamah Ungaran, Kabupaten Semarang. Kelas Menulis yang menjadi bagian dari ekstrakurikuler SD Assalamah ini diadakan secara daring di Google Meet setiap hari Jumat pukul 10.00-11.00 WIB.


Keseruan Webinar Literasi di SDIT Assalamah Ungaran

Para anggota kelas menulis akan belajar menulis cerita pendek, dongeng, dan lainnya. Setiap pertemuan daring akan diisi dengan read aloud buku cerita lalu anak-anak diajak mengkaji isi buku misalnya menceritakan isi buku dengan bahasa sendiri, menceritakan tentang karakter tokohnya dan sebagainya. Setelah itu, tugas menulis minggu sebelumnya akan dibahas bersama. Anak-anak dianjurkan untuk rajin menulis catatan harian agar lebih lancar menuangkan pikiran, ide dan imajinasi dalam tulisan. 


Materinya bermacam-macam mulai dari mencari ide, berimajinasi dan lainnya. Anak-anak juga diajak melakukan permainan bersama-sama seperti cerita berantai, merangkai kata dan permainan seru lainnya. 


Kebayang deh kalau suatu saat nanti bisa belajar menulis tatap muka bakal lebih seru ya. Bu Dedew akan mengajak anak-anak menonton film pendek, membuat majalah dinding dan mewawancarai narasumber. Kita bisa berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang. 


Semoga kelasnya selalu seru ya biar para anggota makin semangat untuk belajar. Nah, hari Jumat lalu tepatnya 29 Oktober 2021. Aku diundang sebagai pembicara di event Webinar Literasi dan Penganugerahan Assa Edu Competition 2021. Acara yang diadakan oleh Yayasan Assalamah Ungaran dan SDIT Assalamah Ungaran ini untuk memeriahkan Bulan dan Sastra Indonesia di Bulan Oktober. 


Keseruan Webinar Literasi di SDIT Assalamah Ungaran
Meriah sekali ya webinarnya

Oh iya, dalam rangka bulan bahasa pula SDIT Assalamah  mengadakan Assa Edu Competition 2021 yang terdiri dari berbagai lomba diantaranya Lomba Video Reels IG, Lomba Mengarang Cerita Anak, hingga Lomba Vlog Aksiku dan Lomba Baca Puisi. Tak disangka pesertanya membludak bahkan hingga siswa dari SD di Lampung pun ikut meramaikan lomba ini. Di acara webinar inilah video para pemenang ditampilkan dan diumumkan pula para pemenangnya. 

Webinar yang diikuti oleh sekitar 500 siswa, guru dan orang tua ini memang meriah sekali lho. Dipandu oleh Kak Jazila Kamila sebagai pembawa acara. Pembicara pertama adalah Ibu Siti Nuryati, S.pd.i kepala sekolah SDIT Assalamah Ungaran membawakan tema membangun generasi mandiri, kreatif, dan berakhlak mulia. Hadir pula Pak Katon Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang menyemangati anak-anak untuk berliterasi. 


Alhamdulillah, hari itu aku bisa berbagi materi tentang Imajinasi, Inspirasi, Jadi Kreasi. Sebelum memulai materi, aku membacakan buku cerita Pohon Kesayangan Daru karya Yuniar Khairani dan Mira Widhayati. Penerbit Kanisius tahun 2017. Anak-anak antusias mendengarkan ceritanya, Alhamdulillah. 


Baca Juga: Tentang Read Aloud


Siang itu, aku menceritakan bagaimana dari ide-ide yang ada di pikiran kita bisa menjadi tulisan yang bermanfaat. Menulis adalah menuangkan gagasan, ide dan pendapat dalam sebuah tulisan. Walau dianggap aktivitas menguras otak dan bikin capek ternyata banyak yang ingin jadi penulis! 


Tak mesti bercita-cita jadi penulis untuk mulai belajar menulis karena menulis adalah life skill yang dibutuhkan setiap orang. Profesi apapun kelak, keahlian menulis bisa bermanfaat untuk kalian. 


Keseruan Webinar Literasi di SDIT Assalamah Ungaran
Aturan dasar penulis tidak boleh menjiplak

Profesi penulispun luas banget mulai dari penulis skenario, penulis buku non fiksi, penulis buku anak, novelis, komikus, hingga wartawan dan copy writer. Banyak peluang seru untuk ditekuni kan! 


Aku juga berbagi tentang asyiknya menulis diantaranya:


Menulis bikin kita cerdas 

Ya, menulis bikin kita makin pintar rena setiap menulis kita harus mencari bahan untuk referensi dan otomatis ilmu kita bertambah. 


Menulis membantu tugas sekolah

Mulai SD hingga kuliah kelak tugas membuat makalah dan laporan akan selalu ada. Kalau kita punya kemampuan menulis yang baik maka akan memudahkan kita menempuh studi ya. 


Menulis bikin kita bebas berimajinasi 

Ya, kita bisa mewujudkan imajinasi kita dengan menulis. Tahu kan kisah para pahlawan Marvel yang fenomenal dan sudah difilmkan dengan laba ratusan juta dollar semua berasal dari imajinasi komikus Stan Lee dan Martin Goodman di Marvel Comic. Wow. 


Menulis bikin hati lega

Ingin berkeluh-kesah dan curhat tapi malas kalau malah digosipkan sama teman yang ember bocor? Yuk, menulis saja. Tulis keluh-kesahmu di diari atau ponsel, luapkan segala perasaan kesal, sedih, jengkel dan lainnya agar perasaanmu lebih lega. 


Menulis bikin kita berprestasi dan punya karya

Banyak anak dan remaja yang mengukir prestasi lewat menulis. contohnya ada Zaskia Talita Sasikirani siswa SMP negeri di Semarang yang meraih puluhan prestasi baik tingkat kotamadya, provinsi hingga nasional lewat menulis. Zaskia tak hanya mengoleksi penghargaan tapi juga telah menulis beberapa buku antologi dan solo. Keren! 


Keseruan Webinar Literasi di SDIT Assalamah Ungaran

Selain Zaski, aku juga menceritakan kisah para remaja sukses meraih impian lewat menulis diantaranya Kak Muthia F. Khairunnisa, Albert Ghana, hingga Rifli Mubarak. Nanti aku bahas mereka di artikel selanjutnya ya. 

Menambah pahala

Tahu kan kalau ilmu bermanfaat bisa menjadi amal jariyah bagi kita walaupun telah tiada kelak? Nah, dengan menuliskan hal yang bermanfaat bagi pembaca bisa menjadi amal dan pahala untuk penulisnya. 


Ternyata menulis itu mengasyikkan dan banyak manfaatnya ya. Biar lebih meriah aku mengajak peserta untuk berimajinasi apa yang akan mereka lakukan jika punya satu kekuatan super? Hehe. Ternyata tulisannya pada seru! Sampai bingung memilih yang mana bakal dapat buku cerita Resign Jadi Kpopers karya Nailah. Alhamdulillah, acaranya berlangsung meriah. Semoga kalian makin semangat berkarya dan berprestasi ya! 



 


Posting Komentar

28 Komentar

  1. wah, seru banget nih ekskul menulis kalau begini. bikin anak jadi akrab dengan kegiatan menulis dan menikmatinya

    BalasHapus
  2. Namanya sama kek anak saya, Muthia, wah.. Mudahan bisa jadi penulis juga. Saya sedang mengajarinya cinta menulis karena sudah hobi baca... semoga suatu saat nanti mau diajak nulis juga. Aamiin

    BalasHapus
  3. Memang asik, baca ini jadi kangen anak2 kelas nulis akulah, hehehe. semoga anak aku dan anak kita smeua mnejadikan aktivitas baca tulis menjadi hal yang menarik bagi mereka

    BalasHapus
  4. Menulis memang memiliki manfaatnya yang luar biasa. Dan ya, dari menulis juga bisa meraih kesuksesan.

    Melihat mereka yang udah punya karya, saya jadi pengen. Impian banget nerbitin buku, tapi selalu takut gak ada yang baca. Wkwkwkwkw

    BalasHapus
  5. Keren ya. Lomba-lomba diadakan kekinian tapi tetap mendidik

    BalasHapus
  6. Kebayang nih serunya acara webinarnya.. Belajar menulis sejak dini emang penting banget..Anak jadi punya alternatif kegiatan yang positif..

    BalasHapus
  7. Saya tuh pengen banget anak-anak ikut kelas menulis atau ekskul literasi gini tapi mereka nggak ada minat ke sana. Padahal skill menulis kan penting ya, Mbak, untuk sehari-hari juga.

    BalasHapus
  8. Masya Allah mbak, berkah ilmunya. Seru banget webinarnya sama anak-anak, semoga para peserta semuanya jadi orang² yang pandai menulis

    BalasHapus
  9. Masyaallah tabarakallah mbak dedew makin berkibar aja euy. Moga2 makin sering berbagi makin berkah ya mbak ilmunya. Seru banget acara bulan bahasanya

    BalasHapus
  10. Aku termasuk bersyukuuuur sekali Dio itu belajar nulis di usia kelas 3 SD
    Dan itu dia praktekkan berkali kali terus eeeh tau tau dia nulis novel pertama kalinya itu kelas 1 SMP setebal 300 halaman!

    Iya dia emang jadinya lebih stabil di mentality health nya
    karena kalau dia tanya - aku akan tanya balik, menurut riset abang Dio apa?
    Nah akhirnya dia terbiasa mencari tahu - dan belajar banyak istilah istilah serta kosakata baru

    BalasHapus
  11. Wah, keren banget mbak De. Kegiatan yang menyenangkan bareng anak-anak sekolah. Sukses selalu mbak De, berkah ilmunya

    BalasHapus
  12. Wah ramai banget itu peserta webinarnya. Seru yaa bahas literasi gini di sekolah. Sekolah anak saya belum pernah mengadakan event seperti ini nih. Semoga suatu saat ada, pengen ikutan juga

    BalasHapus
  13. MashaAllah~
    Terus mengalir ini ilmunya kak Dew..
    Aku akhir-akhir ini sering banget memancing anakku untuk menulis free writing, kak Dew. Idenya sederhana, aku nulis 1 kalimat, anakku lanjutin...
    Gitu sampai jadi beberapa paragraf.

    Alhamdulillah,
    Dengan metode menyenangkan, anak-anak akan senang menulis.

    BalasHapus
  14. Semoga berkah ilmunya Mba Dedew, seneng banget bisa berbagi pastinya ya. Semoga Makin banyak anak Indonesia yang suka menulis dan membaca juga. Sukses buat Mba Dedew.

    BalasHapus
  15. Keren ya SDIT Assalamah bikin lomba yang sangat mengasah kreativitas. Ada lomba vlog juga, wah sangat kekinian sekali ya. Senang bisa mengajak anak untuk berkarya sesuai dengan tuntutan teknologi di masa sekarang.

    BalasHapus
  16. Wahh keren.. Seru banget ya mbak ajak anak anak mengenal manfaat menulis.. Semoga mereka kelak jadi penulis2 hebat

    BalasHapus
  17. MashaAllah, aku baru nemuin sekolah SD yang ada eskul menulis seperti ini mak. Aah keren banget belajar literasi dari dini

    BalasHapus
  18. Seru banget webinar 500 orang. Acara kayak gini bikin anak2 melek literasi baca tulis. Menulis ga hanya karena disuruh guru tapi ada hal yang lebih dari itu. Mantap mbak

    BalasHapus
  19. Mantap mba jadi pembicara nih semoga yang ikutan bisa menyimak dan realisasikan

    BalasHapus
  20. Keren ini mba. Webinar begini pasti seru, anak-anak antusias juga ya mba. Pasti habis ini makin suka menulis. Andai dulu ada ekskul begini.

    BalasHapus
  21. serunya mbaaa sennagnya sellau berbagi apalagi di tempat yang kita memang sukai ya
    secara literasi ini penting banget sampai sekaarang

    ini online mbak kirain di sana dah masuk sekolah

    BalasHapus
  22. Keren banget sih Mbaa 😍 top deh udah jadi pembicara dimana-mana. Mengenalkan literasi ke anak sekolah itu pasti lebih seru dan menyenangkan yaa

    BalasHapus
  23. wah seru banget nih webinarnyaa.. bagus banget buat meningkatkan tingkat literasi anak-anak ya maaaak..

    BalasHapus
  24. asyik bangeeet nih mba bisa share banyaaak ya tentang serunya menulis dan mengajak anak - anak untuk mengasah kreativitas mereka lewat menulis

    BalasHapus
  25. ih seru juga ya sdit nya ada webinar literasi begini.. semoga dengan webinar literasi anak2 makin tertarik ya dengan membaca, menulis dan berkreasi dalam literasi ^^

    BalasHapus
  26. keren nih ruang aksaraku terus berkiprah memajukan literasi dengan membudayakannya untuk anak anak sekolah dasar. mba dedew semangat sekali, salut deh saya. semoga kiprah ruang aksara di dunia literasi terus tanpa henti aamiin

    BalasHapus
  27. Semoga ilmunya bermanfaat mba dew, anak2 jadi gemar menulis, berkarya dan berprestasi. Anakku dulu juga suka menukis, tp berhenti dan gak nulis lagi hehehe

    BalasHapus
  28. Ah senang banget kalau anak-anak udah dikenalkan literasi gini. Emang penting banget acara begini, biar minat baca, menulis, dll yang berhubungan dengan literasi lebih berkembang dengan baik

    BalasHapus