Belajar Nulis Feature Langsung dari Juara Anugerah Pewarta Astra 2018

Belajar Menulis Feature Langsung dari Juara Anugerah Pewarta Astra 

Halo Kawan,

Pernah membaca berita yang berisi:

✔️ Kisah menyentuh para tenaga kesehatan yang berjuang di garis depan di masa pandemi, atau 

✔️ Kisah kreatif para pengusaha kuliner untuk bertahan di masa pandemi.

Pokoknya tulisan yang inspiratif, tapi disampaikan secara ringan.

Belajar Nulis Feature Langsung dari Juara Anugerah Pewarta Astra



Artikel seperti itu disebut feature, atau sering disebut berita khas, yaitu artikel berisi fakta, bukan tentang fiksi, tapi ditulis dengan gaya sastra yang menyentuh perasaan dan berkaitan dengan human interest. 

Dalam dunia jurnalistik, berita khas sering dijadikan side news, melengkapi sajian berita utama. Isinya lebih santai dan menghibur. Oh iya, ada beberapa jenis feature, misalnya feature perjalanan, feature human interest, hingga feature biografi. Ada yang pernah menulis feature?

Kemampuan menulis feature bisa membuat kamu melangkah lebih jauh dalam kepenulisan. Ya, kamu akan mampu meramu suatu topik tulisan yang berat dan serius menjadi lebih ringan dan menyenangkan, bahkan menghibur pembaca. Tulisanmu makin asyik dibaca.

Selain itu, Kamu juga bisa mengasah kemampuan menulis feature sebagai bekal untuk mengikuti ajang bergengsi Anugerah Pewarta Astra 2022 yang akan diselenggarakan kembali tahun ini.

Sebenarnya, menulis artikel feature cukup mudah asal tahu ilmunya. Kali ini, Ruang Aksara membuka kelas menulis feature perdana di tahun 2022 bersama Ira Guslina, emak keren yang jadi Jawara Anugerah Pewarta Astra 2018 dan mendapat hadiah mobil! Intip tulisannya yang ciamik di www.duniabiza.com ya!

Kita akan belajar menulis feature bareng Mbak Ira Guslina dan mengulik tips dan trik menulis feature ala jawara Anugerah Pewarta Astra. Asyik, langsung belajar dari ahlinya! Kelas akan diadakan secara daring di Zoom dan WAG khusus. Biayanya pun terjangkau. 

Apa saja yang akan dipelajari? 

*Mengenal Feature

*Tips Menulis Feature ala Jawara Ajang Anugerah Pewarta Astra

Peserta akan langsung praktek dengan membuat tugas menulis artikel feature. Tiga peserta yang tercepat mengumpulkan tulisan akan diulas langsung oleh Mbak Ira Guslina lho. Tertarik ingin belajar menulis feature? Jangan lupa segera daftar! Kelas akan diadakan Via Zoom ya.

Hari: Jumat, 18 Februari 2022. 

Pukul: 19.00 WIB-Selesai. 

Biaya: Rp80.000, Diskon 5 ribu untuk alumni Ruang Aksara dan anggota Kelingan. 

Hubungi: 

Nailah 

WA 0857-4193-4109 

kelasruangaksara@gmail.com. 

www.ruangaksaraku.com


Posting Komentar

23 Komentar

  1. Wah...masih ada kesempatan mendaftar menjadi peserta Ruang Aksara dengan tema menulis artikel feature. Aku dulu pas bikin template blog disarankan menggunakan tag "feature".

    Tanpa bertanya dan mencari tahu maknanya, aku pasanglah si tag itu..
    Dan kini aku paham maknanya dari tulisan kak Dew.

    Ada pertanyaan yang ingin aku tanyakan nih..
    Tapi leih enak kalau ikut kelasnya yaa..nanti aku bisa tanya sepuas-puasnya sama ahlinya, kak Ira Guslina, blogger idolaque~

    BalasHapus
  2. Kemampuan menulis memang harus dilatih ya mak. Saya dari dulu paling sebel kalau disuruh mengarang, paling sebel kalau disuruh nulis eee sekarang jadi Ibu Rumah tangga malah jadi sukak menulis di blog meskipun sebetulnya tidak PD.

    Semoga next time bisa ikut acaranya ya makk, sukses selalu

    BalasHapus
  3. Aku sering dapat infonya tentang Anugerah Pewarta Astra, tapi belum pernah ikutan. Mbak Ira tulisannya memang baguuss, layak banget jadi pemenang. Aku jadi tertarik ikutan kelasnya, nih. Pendaftaran paling lambat kapan, ya?

    BalasHapus
  4. Masya Allah Mbak Ira jadi pengajarnya ya, worth it banget ini kalau ikutan kelasnya, langsung dari jawaranya. Mbak Ira memang paling piawai menulis feature, tulisannya indah dan enak dibaca. Semoga ramai yang daftar ya :)

    BalasHapus
  5. wow menarik banget ini kelasnya. Bisa buat bekal meningkatkan ketrampilan menulis, terutama tulisan feature

    BalasHapus
  6. Wah, langsung dapat ilmu nulis dari suhunya nih. Kayaknya yg mau ikutan lomba Astra harus ikutan acara ini...

    BalasHapus
  7. Tulisan Mbak Ira memang keren banget! Udah gitu enak buat dibaca. Pasti ilmunya bakal daging banget tuh kalau diajarin langsung sama Mbak Ira

    BalasHapus
  8. Wah pengen ikutannn..Karya mbak Ira emang teope begete yah.. Udah jadi langganan jawara kompetisinya Astra ..

    BalasHapus
  9. asyik banget kalau bisa belajar langsung dari jawara atau ahlinya ya mbaaa. Semoga banyak ilmu dan juga tips - tips yang bisa langsung dipakai dan diterapkan di blog kita

    BalasHapus
  10. nah ini nih yang memang perlu dipelajari dan dipahami lebih dalam lagi ya, supaya bisa meramu suatu topik tulisan yang berat dan serius menjadi lebih ringan dan menyenangkan, bahkan menghibur pembaca, bonusnya tulisanmu makin asyik dibaca.

    BalasHapus
  11. Mba Ira memang sudah terpercaya deh sering menang lomba. Bagus banget nih bagi yang ikutan jadi bisa banyak belajar juga

    BalasHapus
  12. Kelas yang menarik. Aku sendiri belum terbiasa membuat feature. Yuk lah lihat jadwalnya buat ikutan kelas Mbak Ira. Udah terjamin oke karena sering juara lomba

    BalasHapus
  13. Keren banget belajar langsung sama juara menulis feature seperti mbak Ira. Ilmunya benar benar dibutuhkan ini buat yang pengen belajar menulias bagus seperti mbak ira.

    BalasHapus
  14. Asyiknya mbak Ira mau berbagi ilmunya untuk menulis feature. Jadi mau ikutan nih biar bisa nulis sebagus mbak Ira.
    Masih ada waktu ya untuk pendaftaran nih

    BalasHapus
  15. Perlu banget nih elajar dari yang udah juara. Meski gak bisa dipublikasikan tapi busa nyari inspirasi baru dan tentu belajar mengatur niat dan mengolah motivasi yah

    BalasHapus
  16. Keinget zaman mahasiswa pernah belajar nulis feature tapi gak pinter2 hahaha
    Aku suka banget baca tulisan feature kyk dulu di Kompas atau majalah2 gtu yang kalimatnya indah tapi penuh fakta.
    Keren banget Mbak Ira tulisannya, semoga kelasnya juga sukses ya mbak :D

    BalasHapus
  17. Wah iya, kemarin aku juga nyimak kelas ini mbak
    Keren ya, tips dan ilmu yg di share
    Jadi terpacu buat nulis feature

    BalasHapus
  18. Wowow mantap nih kelasnya. Nanti February ya? Semoga nanti bisa daftar. Kudu ngecek kalender dulu. Btw, semoga acaranya lancar, Mbak Dew 😍

    BalasHapus
  19. Mbak Ira memang kece! tulisannya itu lho mendayu-dayu membuatku terlarut seperti mengikuti perjalanannya. Aih pantas memang beliau sampai menang dapat hadiah mobil!

    BalasHapus
  20. Wah seru nihhh... mantap deh bisa langsung berguru pada ahlinya. Penasaran loh pengin ikutan juga event menulis dari Astra ini.

    BalasHapus
  21. Nulis feature memang butuh teknik lebih dari pada nulis biasa.

    Mba Ira ini keren banget, bisa dapetin hadiah mobil oey.

    BalasHapus
  22. wew mba ira emang keren banget tulisan2nya selama ini, sering juara lomba juga, dan sekarang jadi pengejar. Duh ilmunya keren banget ini...

    BalasHapus
  23. Sampai sekarang aku masih bingung dengan istilah feature. Apa ini berarti aku harus ikutan kelasnya, ya. Seru seperti nya bisa belajar tentang feature ini.

    BalasHapus