Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku

Halo Kawan,

Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku-Siapa yang tak sempat lagi membaca buku karena kesibukan sehari-hari? Siapa yang buku-bukunya masih diplastik di rak buku? Ya, saking sibuknya kita beraktivitas sehari-hari jadi tak sempat lagi membaca buku.

Bacaan kita pun sebatas berita di media daring hingga membaca takarir teman atau seleb di sosial media. Duh, sayang banget padahal kita sudah tahu kan membaca buku itu banyak manfaatnya lho diantaranya meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres hingga menambah wawasan kita.

Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku
Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku

Aku pun tak luput dari hal ini. Padahal, Tiada hari tanpa membaca itulah semboyanku sejak dulu kala. Biasanya, setiap bulan aku bisa melahap belasan buku lho dari non fiksi hingga novel. Sekarang? Huhu.  Gawat banget kan? Padahal, membaca buku bagi penulis itu ibarat bensin bagi kendaraan bermotor. Kalau tak sempat membaca buku, bagaimana bisa lancar menulis? Penulis bisa mogok berkarya! 

Awalnya, alasan jarang baca karena tak punya stok bacaan. Maklum, selama pandemi aku jarang turun gunung ke kota Semarang, hehe. Aku pun mensiasati kekurangan bahan bacaanku karena tak sempat ke toko buku dengan berlangganan e-book di aplikasi Gramedia. Jadi, walaupun tak bisa ke toko buku aku tetap bisa punya seabrek bahan bacaan.

Tapi, banyak teman yang kurang suka membaca buku elektronik karena kurang nyaman. Ya, membaca via aplikasi di ponsel memang cukup melelahkan mata ya. Tulisannya pun kecil-kecil dibandingkan buku cetak. Seorang teman, Lulu bahkan membeli perangkat membaca buku daring khusus yang harganya cukup lumayan, Kindle.

Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku

Nah, suatu hari aku menjelajahi dunia maya dan membaca artikel di blog seorang teman tentang aplikasi Storytel. Ulala, ternyata Storytel ini adalah aplikasi untuk mendengarkan audio book dari Swedia. Ya, Storytel kini sudah hadir di Indonesia. Storytel Audio Book adalah cara praktis membaca buku. Wah, aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk teman-teman yang tidak sempat membaca buku ya karena sibuk!

Audio book memang belum terlalu familiar ya di Indonesia. Berbeda dengan negara seperti Inggris dan Amerika Serikat yang sudah lama populer. Aku kerap melihat adegan film yang menunjukkan aktornya sedang mendengarkan audio book sambil menyetir, misalnya.  


Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku

Seperti namanya, audio book adalah buku yang kita dengarkan bukan kita baca. Narator akan membacakan sebuah buku dengan menarik sehingga kita sebagai pendengar terhanyut saat mendengarnya. Tak jauh beda efeknya dengan membaca buku. Kita jadi berimajinasi saat mendengarkan buku ini. 

So, audio book ini cocok untuk kalian yang punya kesibukan seabrek. Para mamak bisa mendengarkan buku sambil memasak, atau mencuci baju. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ya. Pekerjaan beres, kita pun bisa menghibur diri dan menambah wawasan lewat audio book.

Setelah membaca artikel mak blogger, aku langsung mengunduh aplikasi Storytel di Google Play di ponselku. Ternyata, ada penawaran tujuh hari coba gratis lalu berlangganan di aplikasi ini. Aku mengintip pilihan bukunya dan memang sudah cukup banyak judulnya dan terbitan baru-baru juga. Tak hanya buku berbahasa Indonesia, ada juga buku berbahasa Inggris yang sedang banyak dibicarakan orang di media sosial. Wow. Misalnya saja Novel One True Loves karya Taylor Jenkin Reid, Pachinko karya Min Jin Lee yang diangkat menjadi drama dan dimainkan Lee Min Ho. 


Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku

Novel berbahasa Indonesia ada Selamat Tinggal karya Tere Liye dan Filosofi Kopi karya Dee Lestari. Tak hanya novel, buku-buku non fiksi bergenre motivasi, pengembangan diri juga banyak tersedia di Storytel. Buku-buku ini dibacakan secara menarik oleh narator profesional sehingga enak didengarkan. 

Baca Juga: Read Aloud, Bagaimana Aturannya?

Oh iya, ada fitur Familiar Voices lho di Storytel. Buku-buku dalam fitur ini dibacakan oleh figur terkenal. Misalnya saja novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq dibacakan Sissy Prescillia, Filosofi Kopi dibacakan oleh Chicco Jerikho dan Dee Lestari sendiri, hingga Reese Witherspoon membacakan Go Set a Watchman. Filosofi Kopi yang dibacakan Chico Jerikho nyaman banget di kuping, hehe.

Aku sudah mendengarkan buku berjudul What I Know For Sure karya Oprah Winfrey dan dibacakan Oprah sendiri. Duh, bukunya inspiratif menceritakan bagaimana Oprah memilih untuk menjalani kehidupannya dengan bersenang-senang, tertawa bersama keluarga dan sahabatnya. Bagaimana ia menjalani kehidupan sepenuh hati. Waktu pembacaan buku ini sekitar tiga jam dan bisa kita dengarkan sesuka kapan saja sesuka itu. Misalnya kita lelah, kita tinggal berhenti dulu dan bisa dilanjutkan kembali lain hari.

Pertama kali mendengar audio book, aku sambil tiduran sepulang salat tarawih. Judul bukunya Sang Alkemis karya Paulo Coelho. Walhasil, aku ketiduran dong! Suara naratornya renyah di kuping berasa didongengi! Hihi.

Selain didengarkan, buku ini juga bisa dibaca lho. Ada fitur untuk membaca buku di Storytel dan tulisannya lebih besar daripada e-book biasa. Bagaimana biaya langganannya? Setelah tujuh hari coba gratis, akan dikenakan biaya langganan per bulan yaitu Rp39.000 dan bisa dibayar pakai Gopay dan saluran lainnya. Bagaimana? Seru banget kan ya aplikasi ini! Yuk, coba Storytel Audio Book, Cara Praktis Membaca Buku. 

Sumber Foto: Pixabay.com


Posting Komentar

7 Komentar

  1. dengerin storytel ini berasa didongengin deh. bisa didengarkan sambil melakukan aktivitas lain, asyik dan praktis banget deh

    BalasHapus
  2. Aku langsung download aplikasinya juga donk. Seru juga...baca buku tp cukup mendengar saja...mata ga capek lagi.

    BalasHapus
  3. pokoknya mau ngelamar jadi narator (voice over) buat audiobook ya mbaaa dew.... hehehehe..... kayaknya seruuu niih.... btw ku langsung coba storytel, untuk menemani di perjalanan pulang pergi kantor dengerin audiobook...

    BalasHapus
  4. Wah, ternyata biaya langganan bulanan Storytel terjangkau banget cuma 39K :) Jadi kepengen cepet2 instal aplikasinya nih. Bisa ngabuburit, masak dll dengan santai ya. Pilihannya bacaannya macam2 ya, novel karya penulis ternama.

    BalasHapus
  5. Jadi pingin nyobain Storytel ini mumpung ada 7 hari gratis...biar membaca online bukan jadi beban lagi terutama mata ini. Terimakasih informasinya kakak .

    BalasHapus
  6. Penasaran sama aplikasi Storytel ini, kak. Membantu banget ya, dari segi harga terjangkau dan asupan untuk diri tetap jalan. Naratornya keren-keren, ya!

    BalasHapus
  7. Eh murah juga ya langganannya padahal koleksi bukunya kece2 lho. Bentar lg libur lumayan nih buat ngisi waktu

    BalasHapus