5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus

Halo Kawan, 

Beberapa waktu lalu, aku membahas drama tentang kehidupan penulis di blog Ruang Aksara. Ternyata, artikel itu banyak yang baca dan menjadi artikel populer di blog ini. Nah, kali ini, aku ingin membahas drama yang bercerita dan berlatar belakang kehidupan komikus atau mangaka, sebutannya dalam bahasa Jepang. Komikus, entah membuat komik cetak atau pun di webtoon, merupakan profesi yang menarik minat anak muda di seluruh dunia untuk menggelutinya. 

5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus

Tak hanya harus jago menggambar, ide-ide yang selalu cemerlang harus dimiliki. Juga ketahanan fisik komikus dalam mengerjakan serialnya. Kadang lupa makan, lupa tidur dan beristirahat mengakibatkan mereka tumbang dan mengalami penyakit serius. Aku pernah membaca thread di Twitter bagaimana seorang komikus webtoon tak sempat beristirahat sejak keguguran kandungannya karena harus mengejar deadline. Ada juga yang terpaksa lama hiatus karena depresi. Seram juga, ya.

Profesi komikus ini memang dikenal dengan ritme kerjanya yang padat dan tidak beraturan. Jadwal kerja yang panjang terkadang membuat hidup mereka berantakan. Termasuk pola makan, hingga kehidupan pribadi pun ikut terpengaruh.  

Beban kerja seorang komikus yang punya deadline ketat, harus kejar tayang membuat serial komiknya memang kerap dijadikan cerita menarik dalam komik maupun drama dan film. Ada beberapa serial drama yang bisa kamu saksikan jika kamu adalah seorang penggemar komik. Berikut adalah 5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus:                                                                                      

Baca Juga: 5 Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis

1.      Ano Toki Kiss Shite Okeba (2021)

Drama Jepang atau sering disebut dorama ini episodenya cuma sedikit. Hanya 10 episode dengan durasi per episode 45 menit. Bercerita tentang hubungan ketiga tokohnya, Tomoe Yuizuki (Kumiko Aso), Momochi Nozomu (Matsuzaka Tori) and Masao Tanaka (Arata Iura). Suatu hari, mangaka perempuan terkenal, Tomoe berbelanja di minimarket tempat Momochi bekerja.

5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus

Momochi senang sekali bertemu mangaka idolanya yang serial manga on goingnya sedang ia baca dan tunggu-tunggu lanjutannya. Keduanya jadi akrab. Saat mereka dalam perjalanan naik pesawat, pesawatnya kecelakaan dan Tomoe meninggal. Momochi yang berusaha mencari Tomoe malah bertemu Masao Tanaka. Masao ternyata kerasukan arwah Tomoe dan melanjutkan komik yang dibuat Tomoe semasa hidupnya. 

2.      Love Kome No Okite: Kojirase Joshi to Toshishita Danshi (2021)

Dorama Jepang ini terdiri dari 12 episode. Judul bahasa Inggrisnya cukup panjang: Love Comedy's Rule, Kojirase Girls and Younger Boys, Frankly. Berkisah tentang seorang editor di penerbit manga ternama, Ruri (Chiaki Kuriyama) pekerja keras dan berprestasi di pekerjaan tapi tak punya kehidupan cinta. 

Baca Juga: Ulasan Komik Jangan Berantem!

5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus

Ia gamang ketika juniornya, Ryo (Yuta Koseki) di kantor mendekatinya. Dilema antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya membuat Ruri galau. Kisahnya sendiri tidak terlalu berkaitan dengan manga dan mangaka tapi latar belakang cerita di kantor penerbitan manga membuatnya menarik. 

3.      Renai Mangaka/ Romance Manga Artist (2021)

Dorama Jepang ini dimainkan oleh aktor terkenal Jepang, Ryuhei Suzuki. Ia memerankan tokoh Seiichiro Karibe, mangaka yang karyanya digemari para pembaca perempuan. Seiichiro membuat manga bertema kerajaan yang disebut shoujo manga.

5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus

Pada pemakaman adiknya, ia tak sengaja bertemu mantan pacar adiknya yang bernama kiko Kuon  (Riho Yoshioka). Seiichiro tertarik pada karakter Kiko dan mengajaknya bekerja sama untuk dijadikan model karakter tokoh perempuan serial yang sedang dibuatnya. Seiichiro yang tak pernah punya pacar saking sibuknya, malah jatuh cinta pada Kiko. Dan membuat hidupnya berantakan.

4.      Be With You (2021)                   

        Drama berikutnya adalah drama Be With You dari Cina. Terdiri dari 24 episode. Kisahnya tentang Qi Nian (Zhang Yaqin), komikus perempuan berusia 24 tahun yang bekerja di bawah naungan MC Comics. Qi Nian mendapat tugas dari editornya untuk membuat komik romantis.

      Sayangnya, ia sama sekali tidak punya pengalaman romantis dan jatuh cinta karena jadwal yang ketat. Ia disarankan oleh editornya untuk mencari pacar agar komik yang dibuatnya sukses.

       

5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus

Suatu hari, Qi Nian bertemu dengan  Profesor Ji Yanxin (Ji Xiaobing) gara-gara anjing peliharaan Ji. Profesor Ji adalah arsitek ternama yang punya  biro arsitektur besar dan punya banyak penggemar.

       Sayangnya, lelaki ini punya kelemahan, asosial dan susah mengingat nama orang. Orangnya jutek dan dingin luar biasa. Melihat lelaki itu, Qi Nian malah tertarik untuk menjadikan sang profesor tokoh komiknya dan nekad mendekatinya.  Apakah Qi Nian dan Profesor Ji bisa akur? 

 

5.      Today's Webtoon (2022)

Drama berikutnya adalah drama Korea yang berjudul Today’s Webtoon. Drama ini dibintangi Kim Se Jeong, Choi Daniel dan Nam Yoon Su. Pemeran utama perempuannya adalah Kim Se Jeong yang berakting apik di drama The Uncanny Counter.

5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus

Drama ini diremake dari drama Jepang berjudul Juhan Shuttai! yang diadaptasi dari manga berjudul Juhan Shuttai! oleh Matsuda Naoko. Bercerita tentang On Ma Reum, atlit judo yang pensiun dan melamar sebagai editor di Neon Webtoon, perusahaan komik. 

On Ma Reum tak punya latar belakang sebagai editor tapi ia pencinta komik dan sangat ulet dalam bekerja. Sebaliknya, rekan kerjanya Goo Jun Yeong (Nam Yoon Su), cowok cerdas IQ 150, lulusan universitas ternama dan kecewa ketika ia ditempatkan di Neon bersama On Ma Reum yang dianggapnya terlalu bersemangat dan naif.

Tak disangka, ada kabar bahwa perusahaan Neon akan ditutup dalam waktu setahun. Maka PD On dan segenap anggota timnya harus bekerja keras mempertahankan Neon dari kehancuran. drama ini benar-benar menunjukkan bagaimana industri komik terutama webtoon berjalan.

Diceritakan bagaimana editor harus mengejar para komikus agar komik bisa tayang tepat waktu, bagaimana komikus yang hidup tak teratur dan selalu dikejar deadline hingga mengalami depresi, kehabisan ide dan menderita berbagai penyakit. Dari drama ini  kalian akan menemukan banyak kutipan menarik yang diambil On Ma Reum dari komik yang dibacanya. Drama ini ada 16 episode dan tayang di SBS. Buat Indonesia, kalian bisa menontonnya di VIU. Nah, itulah 5 Drama Seri Tentang Kehidupan Keras Komikus yang bisa kamu tonton. Kamu penasaran drama yang mana? Cerita dong!

 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Udah nonton Today's Webtoon sampai episode akhir nih aku, Kak. Suka dengan jalan ceritanya karena membahas dunia Webtoon.

    BalasHapus
  2. Matsuzaka Tori itu yang main di Detective Conan, bukan, Mba? Duh, sebagai penggemar DC, kok jadi mupeng nonton aksinya lagi. Btw, nyess banget itu bagian kesimpulannya, Mba Dew. Gegara impitan pekerjaan, penyakit bisa datang. Duh, serem juga, ya.

    BalasHapus
  3. Mangga dari jaman kita kecil nggak ada matinya ya kak min. Favoritku dulu serial komik Topeng Kaca. Kalau film anak, sailormoon. Nggak nuangka kehidupan mangaka sekeras di film-film yang diulas disini

    BalasHapus
  4. Ano Toki Kiss Shite Okeba ini menarik ceritanya ya. Dari manga nyambung ke supranatural bahasannya

    BalasHapus