Apa itu Tes UKBI, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia?

Halo Kawan,

Apa itu Tes UKBI, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia?-Baru-baru ini, aku membaca info sebuah lomba yang diadakan oleh Kemdibud RI. Nama lombanya adalah Kuis Pelita Bahasa untuk siswa SMP seluruh Indonesia. Uniknya, persyaratan untuk menjadi peserta lomba ini adalah satu tim yang terdiri dari tiga orang siswa harus memiliki sertifikat Tes UKBI atau Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia. Sertifikat UKBI ini diterbitkan resmi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdibud RI.

Nah, nanti nilai Tes UKBI ketiga peserta dalam tim akan diakumulasi. Dan 18 tim yang memiliki nilai Tes UKBI tertinggi akan menjadi finalis di Kuis Pelita Bahasa di bulan Oktober mendatang. Tahu kan, Oktober adalah Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia. Setiap tahun, bulan bahasa ini dimeriahkan dengan berbagai acara yang berkaitan dengan literasi.

Apa itu Tes UKBI, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia
Apa itu Tes UKBI, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia?

Hm, Tes UKBI ini sejenis dengan Tes TOEFL untuk menguji kemampuan bahasa kita, ya? Duh, aku malah lebih familiar dengan TOEFL. Ternyata, tes UKBI ini sudah lama diadakan tapi aku baru tahu. Hehe, memang ketinggalan zaman banget nih. Padahal, mengaku penulis dan pegiat literasi, hehe. Kemdikbud mengadakan UKBI ini untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia. 

Aku pun mencari info bagaimana caranya agar para siswa yang berminat ikut Kuis Pelita Bahasa bisa mengikuti tes UKBI. Nah, aku pun membuka web yang disebutkan dalam flyer lomba yaitu https://ukbi.kemdikbud.go.id.

Menurut situs UKBI Kemdikbud, Tes UKBI atau Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia adalah sarana uji untuk mengukur kemampuan seseorang berbahasa Indonesia baik lisan ataupun tulisan. Ujian ini bisa diikuti oleh pelajar, mahasiswa, guru, dosen, penulis,  bahkan kalangan umum.

Tes UKBI Adaptif merupakan tes mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga tertinggi.

Pendaftaran tes ini bisa dilakukan kapan saja di web. Calon peserta bisa memilih waktu tes sesuai hari dan jam yang tersedia. Tes ini dilakukan daring melalui situs UKBI kemdikbud. Jadi, nggak usah khawatir tempat tes jauh dari lokasi rumah kita ya. Alur pendaftaran tes UKBI ini yaitu: Pendaftaran, Verifikasi, Penjadwalan, Konfirmasi, Pelaksanaan dan terakhir, Sertifikat.

Apa itu Tes UKBI, Uji Kemampuan Bahasa Indonesia?

Ketiga muridku yaitu Nailah, Nurul dan Salsa mengerjakan tes daring 105 soal menggunakan laptop, waktunya sekitar 1.5 jam. Sesi 1 Mendengarkan 30 menit sekitar 40 soal. Sesi 2 Merespon Kaidah waktunya 20 menit untuk 25 soal. Serta sesi 3 Membaca 45 menit untuk 40 soal. Oh iya, Untuk memudahkan kalian saat tes, kalian bisa berlatih dengan mengerjakan soal latihan atau simulasi tes di web, ya.

Untuk mengikuti tesnya, kita harus mendaftar sebagai member di web menggunakan surel atau email kita. Setelah itu, barulah kita bisa mendaftar sebagai peserta ujian. Dokumen yang dibutuhkan calon peserta kalangan pelajar saat mendaftar adalah file pasfoto, file Kartu Pelajar, serta Nomor Induk Siswa Nasional. Selain itu, akan ditanyakan juga nama lengkap, tempat dan tanggal lahir peserta, akun email peserta dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Juga alamat sekolah calon peserta.

Untuk pelajar, tes UKBI ini gratis. Sedangkan untuk mahasiswa dan umum, harus membayar sejumlah biaya. Biaya tes UKBI untuk mahasiswa adalah Rp135.000. Sedangkan untuk umum Rp300.000 dan WNA Rp1.000.000,- dan ditransfer ke rekening Pusat Pembinaan.

Bagi pelajar, tes yang diambil adalah paket 1 yang terdiri dari sesi mendengarkan, merespon kaidah dan sesi membaca dengan bentuk soal pilihan ganda. Ketiganya ada penilaian atau skor tersendiri yang akan digabung dan menjadi skor peserta. Hasil uji atau skor yang didapatkan peserta di Tes UKBI dibagi menjadi tujuh peringkat yaitu Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Marginal dan Terbatas. Contohnya, peserta yang meraih nilai 725-800 mendapat peringkat Istimewa. Skor 641-724 mendapat peringkat Sangat Unggul. 

Selesai tes, peserta langsung mendapatkan skor atau nilai tes. Sayangnya, sertifikat tidak otomatis jadi saat selesai tes. Biasanya, sertifikat ini akan tersedia pada akhir pekan dan bisa kalian cek di web, ya. Oh iya, sertifikat yang didapatkan dari tes UKBI ini berlaku selama dua tahun. Selain untuk mengukur kemampuan berbahasa Indonesia warga Indonesia dan orang asing, sertifikat ini bisa digunakan untuk melamar pekerjaan ataupun mendaftar beasiswa, ya. 

Jika kalian penasaran dengan contoh soalnya atau ingin berlatih sebelum tes, bisa intip simulasi tes UKBI di web. Saat mendaftarkan peserta, aku mengalami kendala tidak bisa mengakses akun yang sudah dibuat dan aku menghubungi email pengelola yang tertera di web. Ternyata, langsung direspon dong dan akhirnya aku bisa mereset data dan bisa login tanpa kendala apapun. Apa itu Tes UKBI, Uji Kemahiran Bahasa Indonesia? Kalian sudah tahu jawabannya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. 

Sumber Foto: Pixabay.com

Posting Komentar

19 Komentar

  1. Terimakasih kak sebelumnya, boleh tau kak untuk email pihak sana nya itu apa ya kak?

    BalasHapus
  2. Woa... baru tahu juga saya. Terima kasih banyak say untuk infonya

    BalasHapus
  3. Terima kasih kakak admin. Bermanfaat sekali, harus dicoba ni

    BalasHapus
  4. Wah..jadi penasaran ingin menguji kemampuanku juga nih. etapi, kalau untuk umum berbayar ya mba? hm..

    BalasHapus
  5. Wah mba jadi deg2an kalau misal jd peserta UKBI. Meski orang Indonesia, tp ternyata byk yg belum benar berbahasa indonesia sesuai kaidahnya. Alhamdulillah dapat ilmu untuk mendapatkan cara mengukuti tesnya. Trmksh mba Dedew

    BalasHapus
  6. Waah, terima kasih banyak infonya, Teh. Auto pengen daftar, eh tapi buat umum harus bayar ya, hihi. Ayo yg masih pelajar, ikutan ujian ini, penting niih.

    BalasHapus
  7. Waahh jadi pengin ikutan nih, biar tau seberapa penguasaan terhadap bahasa di negeri sendiri. Ngeyel ikut TOEFL jebul bahasanya sendiri ga paham, lak aneh yaaa...

    BalasHapus
  8. Iya juga sih kenapa kita lebih famiiar dengan tes TOFL dibandingan UKBI ya? Anakku aja lebih mahir bahasa Inggris dibanding bahasa Indonesia, sungguh memalukan. Ternyata tes UKBI juga menjadi salah satu syarat untuk ikut Kuis Pelita Bahasa yang diadakan oleh Kemdikbud

    BalasHapus
  9. Tahun 2007 dulu Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Balai Bahasa. Pas di sana diikutkan test UKBI gratis (cuma bayar cetak sertifikat aja kalo nggak salah). Keren ya sekarang sudah bisa online jadi nggak harus ke Balai Bahasa

    BalasHapus
  10. Terimakasih banyak infonya mbak, ternyaya Indonesia ada tes seperti TOEFL juga yak, pengen deh ikutan tesnya.

    BalasHapus
  11. Jadi ingat pas semester satu, kuliah di jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Saat tes UKBI dapat skor tinggi. Tapi makin ke sini sepertinya wawasan agak menguap. Misal tes lagi bisa jadi skornya malah turun.

    BalasHapus
  12. Menarik juga soal UKBI ini, sebelumnya kurang paham. Sepertinya perlu dapat sertifikasi nya juga karena siapa tahu ke depannya bisa dimanfaatkan. Kita ga pernah tahu nanti perlu kan

    BalasHapus
  13. saya beneran baru tau ada tes uji kemahiran bahasa indonesia, jadi penasaran kalau ikutan ini kira-kira bakal dapat score berapa gitu. Bisa retest lagi gak kalau nilainya dirasa kurang.

    BalasHapus
  14. Senang mengetahui kalau teamnya sigap saat ada kendala , jadi pengen intip soal2nya .

    BalasHapus
  15. Sama mbaaa, aku taunya tes TOEFL dan IELTS doang, pas masuk universitas LN pernah ikut tes nya. Tapi tes bahasa Indonesia ternyata ada juga Yaa 😅. Aku jadi penasaran kalo misalnya ikut bakal dpt nilai berapa 🤣. Bahasa Indonesia walopun bahasa ibu, tapi aturannya kan juga banyak, sama aja kayak BHS lain. Jadi rasanya ttp harus belajar dulu sebelum ikut tes ini 😅

    BalasHapus
  16. Astaga ke mana aja kita baru tahu ada tes macam ni? Mungkin ke depan bakal ada syarat nilai UKBI untuk pekerjaan tertentu? Editor mungkin ya?

    BalasHapus
  17. saya baru tahu untuk saat ini ada tes seperti ini, mungkin mirip dengan TOEFL bagian speakingnya atau all section kali ya kak, harga tesnya masih affordable banget ya

    BalasHapus
  18. Saya baca komentar-komentar, ternyata rata-rata baru tahu tentang res UKBI ini. Malah lebih familiar dengan tes toefel. Kok kita sama yah? Hahaha

    BalasHapus
  19. sejujurnya aku bau tahu kalau ada test seperti ini, menambah informasi jadinya dan menarik sekali untuk diseriusi yaaa

    BalasHapus