5 Manfaat Menulis Yang Menakjubkan

Halo Kawan,

Bagaimana kabar kalian?

Semoga tetap semangat ya walau dalam masa pandemi. Selama tinggal di rumah saja, tentu akan timbul rasa bosan dan jenuh. Menulis bisa menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu selama di rumah saja. 

Ya, sebagai hiburan adalah salah satu manfaat menulis. Mungkin kamu bisa menuliskan kisah perjuangan hidup kakekmu yang inspiratif? Atau mungkin menulis artikel opini tentang suatu topik yang menggelisahkanmu? Atau mungkin lebih suka menulis cerita pendek dan puisi? Semuanya boleh karena menulis itu banyak manfaatnya, lho. 

manfaat menulis



Tahu tidak, menulis banyak manfaatnya? Berikut ini 5 manfaat menulis yang menakjubkan. Apa saja? Yuk, kita bahas bersama-sama!

Untuk kesehatan, tentu saja menulis bisa melepas stres dan ketegangan sehingga kita lebih sehat.  Menulis bisa menjadi katarsis segala perasaan yang berkecamuk dalam diri. Mungkin selama pandemi ini kita merasa cemas, tidak berdaya, khawatir, dan berbagai perasaan negatif lainnya. Menulis bisa kalian jadikan pelepas ketegangan dan membuat rileks.

Menulis juga menimbulkan perasaan bahagia karena sudah melepas uneg-uneg dan pikiran yang mengganjal di otak dan perasaan. Jadi, tidak heran setelah menulis atau curhat lewat tulisan kita merasa lega, bukan?

Baca Juga: Menulis Kisah Hidupmu

Menulis juga bisa menjadi sarana berbagi. Lewat tulisan, kita bisa berbagi ilmu, pemikiran, cerita apa saja yang bermanfaat untuk pembaca. Profesimu adalah apoteker? Melalui tulisan, bisa berbagi tentang obat-obatan dan lainnya. Kalau kamu adalah copywriter, bisa berbagi tentang penulisan iklan. Kamu ibu rumah tangga? Kamu bisa berbagi banyak hal mulai dari parenting, hingga cara mengatur keuangan keluarga.

manfaat menulis

Menulis bisa menjadi cara untuk menjalin networking dengan sekelilingmu. Aku menambah teman dan sahabat lewat buku-bukuku. Pembaca yang suka bukuku, menghubungi dan kami pun menjadi teman. Seru, bukan?

Menulis bisa jadi sarana berdakwah, menyebarkan kebaikan. Sampaikanlah walau hanya satu ayat saja. Jika kamu suka mendengar ceramah ustaz di masjid, tulislah ulasan ceramahnya di Instagram, maka siapapun yang membacanya dan mengamalkannya, kamu juga kecipratan pahalanya. Keren banget, kan?

Menulis juga bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang. Ya, banyak sekali lho profesi penulis ini mulai dari blogger, penulis artikel, penulis buku, penulis skenario film, penulis iklan dan banyak lagi jenisnya. Tinggal kalian minatnya menulis apa? Maka, fokuslah dan jadilah ahlinya.

Keahlian menulis ini selayaknya dikuasai setiap orang, setiap pelajar untuk menunjang masa depannya. Jika seorang pelajar pandai menulis, maka ia akan mudah mengungkapkan pemikiran dan perasaannya dalam tulisan dan hal ini akan membantu sekali dalam studi hingga pekerjaannya kelak.

Ya, tidak perlu menjadi penulis tapi kuasailah keahlian menulis. Menulis adalah life skill seperti berenang dan menyetir. Jadilah dokter yang suka menulis, pengacara yang menulis, guru yang gemar menulis, ibu rumah tangga yang suka menulis. Rasakan manfaatnya. Jadi, tunggu apa lagi? menulislah, sekarang juga, Kawan! 

Foto: Pixabay.com 

 

Komentar

  1. Terima kasih support dan.motivasinya, Mbak Dew

    BalasHapus
  2. Dulu waktu masih ngajar ekskul, sering juga aku motivasi murid2ku dengan manfaat menulis. Kalau sejak kecil rajin dan suka nulis, nantinya gak akan kebingungan kalau dapat tugas bikin paper, sampai kelak saatnya menyusun skripsi/thesis/disertasi 💕

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Menulis Cerita Anak Yang Seru

10 Tips Sukses Penulis Pemula