Tips Menang Lomba Blog

Halo Kawan,

Masih tetap semangat nulis dan ngeblog kan?

Saat ini banyak sekali lomba menulis dan blog yang hadiahnya menggiurkan mulai dari uang tunai jutaan rupiah hingga gawai keren dan laptop. Nggak heran, kalau banyak penulis dan blogger tertarik untuk menjajal lombanya.

Tips Menang Lomba Blog
Tips Menang Lomba Blog (Foto: Pixabay.com)

Banyak manfaat ikut lomba blog ini. Selain happy karena kita bisa menghasilkan uang dan mendapat gawai keren dari hasil menang lomba, kita juga bisa mendapat teman baru saat ikut lomba,  terus kunjungan ke blog kita bertambah gara-gara artikel yang kita tulis banyak yang kepoin, hehe. Tak hanya itu, blog kita jadi lebih update dengan artikel baru dan kita juga jadi terbiasa menulis dengan topik dan tenggat waktu tertentu. Keren kan?

Baca Juga: Tips Menang GLN

Tapi, biar hasilnya maksimal jangan asal ikut lomba. Tapi, persiapkan dengan baik segala hal sebelum ikut lomba. Apa saja sih yang perlu dipersiapkan saat akan ikut lomba blog? Apa saja tips menang lomba blog?

Kali ini, aku ingin berbagi tips menang lomba blog berdasarkan pengalamanku beberapa kali sebagai juri lomba blog dan lomba menulis berskala nasional. Penasaran? Kita bahas bareng yuk tips menang lomba blog!

Apa yang harus kita lakukan saat akan ikut lomba blog? Lakukan riset kecil-kecilan sebelum mulai menulis artikel ya. 

1.       Baca Persyaratannya dengan Baik.

Jangan sampai tulisanmu sudah kece banget nih eh ternyata kamu tidak mengunggah foto banner lomba di Instagram sebagai syarat lomba. Belum apa-apa, tulisanmu sudah tidak lolos administrasi. Sedih banget, kan?

2.       Cari Sudut Pandang Unik dari Suatu Tema.

Namanya lomba blog, sudah pasti ada topik tertentu yang jadi tema lomba. Nah, tugas kamu sekarang adalah mencari angle yang unik dalam membahas tema yang diberikan panitia. Pikirkan, kira-kira topik apa yang menarik dan jarang dibahas peserta lain? Pengalamanku saat menjadi juri, saat lomba blog rata-rata peserta menulis dengan sudut pandang yang sama sehingga artikelnya monoton dan seragam.

3.       Pelajari Artikel Pemenang Sebelumnya

Ya, coba cari tahu juri lombanya. Jika tidak disebutkan siapa saja jurinya, coba baca artikel pemenang lomba sebelumnya. Misalnya lomba ini diadakan setiap tahun, nah coba kamu lakukan riset kecil-kecilan. Baca artikel-artikel para jawara tahun sebelumnya dan pelajari kelebihan serta keunikannya. Sedikit banyak kamu akan tahu artikel yang disukai juri atau pihak penyelenggara.

4.       Beri Nilai Tambah Artikelmu

Ya, dalam lomba blog tentu saja tulisanmu yang dinilai. Walaupun ada lomba blog yang mementingkan SEO misalnya ya. Tapi, tulisan salah satu hal utama yang menjadi penilaian juri. Agar artikelmu semakin menarik kamu bisa memberikan foto-foto yang bagus, jernih dan tidak blur. Atau tambahkan infografis menarik yang bisa melengkapi tulisanmu.

Pernah nih, ada satu peserta lomba blog yang kami kagumi tulisannya dan digadang-gadang sebagai calon juara. Tapi, akhirnya tulisannya tersingkir. Kenapa? Karena foto-foto yang ia masukkan di artikel rata-rata buram! Huhu. Kecewa deh jurinya. Sayang banget kan? 

5.       Story Telling Yang Menawan

Semua orang suka kisah yang bagus. 

Walaupun tidak semua juri lomba blog menyukai story telling, tapi bisa dibilang artikel blog yang tidak terlalu hard selling lah yang disukai juri dan pembaca. Soalnya kalau artikelnya terlalu ngiklan banget, kurang enak dan membosankan untuk dibaca. Artikelmu membahas suatu produk jangan terlalu ngiklan hard core kayak pedagang kaki lima. yang teriak-teriak memanggil pembeli. Selipkan pengalamanmu atau ceritamu berkaitan dengan tema yang dibahas. Biarkan pembaca merasa seperti ngobrol denganmu saat membaca artikelmu.

6.       No Mepet Mepet Club

Sudah menjadi hal lumrah kalau peserta lomba blog biasanya membludak di akhir lomba. Entah karena baru dapat ide di akhir lomba atau memang bermaksud membagikan tulisan di akhir lomba biar nggak diintip peserta lainnya, hehe. Boleh saja sih seperti ini. Tapi, sebaiknya jangan jadi kebiasaan. Soalnya, kita nggak tahu kan bagaimana kondisi jaringan pada saat akhir lomba. Bisa saja, karena ramai peserta yang submit tulisan, website atau form jadi error. Atau pada saat kamu mau submit tulisan, jaringan internet sedang down. Mau nangis nggak sih?

Baca Juga: Nita Candra Ilustrator Otodidak

Cerita lagi nih, saat menjuri aku pernah menemukan artikel yang tulisannya enak dibaca. Rencananya, mau kumasukkan dalam list kandidat juara. Ndilalah, panitia mencolekku dan bilang kalau tulisan itu terlambat disubmit. Lewat satu menit dari jadwal penutupan lomba! Jreeeng! Sayang banget!

Nah, itu dia beberapa tips menang lomba blog dariku. Masih berusaha kupraktekkan juga sih dalam lomba blog dan lomba menulis yang aku ikuti.


Tips Menang Lomba Blog
Jangan lupa ikutan lombanya ya

Oh iya, kamu butuh laptop yang andal untuk teman kerja dan hiburan? Yuk, ikuti lomba blog ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition ya! Baca persyaratan lombanya di blog Dewi Rieka. Lombanya cukup singkat hanya dua minggu saja, 15-30 Juni 2021. Jadi, jangan ditunda lagi ya nulisnya. Selamat menulis dan bersenang-senang!

 

Komentar

  1. Mau praktekin ah tips ya mba Dedew. Oh ya soal selera juri, aku pernah ikut lomba blog di Festival Kampung Ragam Warna di Kendal. Kebetulan juri itu blogger juga, aku baca-baca isi blognya seperti apa. Dari situ aku paham selera tulisannya kayak apa. Aku praktekin deh semampuku. Berharap menang sih, tapi agak pesimis juga karena lumayan banyak blogger yg ikut. Tapi aku tetep tulis ceritaku selama ngebolang di sana. Eh, nggak sangka aku juara 2 dan dapat hadiah uang lumayan besar. Setelah itu aku sadar, ternyata memang benar ikuti selera juri perlu diperhatikan.

    BalasHapus
  2. aku termasuk yang super jarang menang lomba blog, dengan membaca review ini jadi makin terbukakan mata gimana biar bisa menang lomba blog, tips nya juga lengkap banget

    BalasHapus
  3. Aku udah punya pengalaman "menang lomba blog" walau yaaa gak seheboh para blogger yang sekaliber Echa - Haya atau mak Indah Juli

    Tapi emang kok, sudut pandang yang beda serta story telling yang memikat adalah KOENTJI. jadi kudu banyak BACA BUKU.. teteeeeup hahahaha .. kata siapa dunia digital jauh dari baca buku ya mbak? AKu daftar nih lomba ASUS biar pun di medan laga isinya warrior gadget semua . doain yaaaa

    BalasHapus
  4. Hal pertama memang wajib membaca seluruh persyaratan dengan teliti, ya. Karena sebagus apapun tulisan yang dihasilkan, bisa gagal menang kalau ada 1 syarat yang gak terpenuhi. Memang bener, deh, gak boleh mepet-mepet kalau bikin artikel

    BalasHapus
  5. Wah tips ini sangat membantu sekali. Terutama untuk yang belum pernah ikut lomba seperti saya 😆

    BalasHapus
  6. Beberapa blogger menuliskan/membagikan tipsnya, kurang lebih seperti ini juga, Mbak Dew ... kalau telaten belajar harusnya bisa sering menang ya .... *menyemangati diri sendiri.

    BalasHapus
  7. Ihii, asiik dapet panduan. Makasih mb dedew. Ini penyelenggara lomba yg baiiik plus plus plus deh. Jujur, pengin ikutan lomba di blog mba dedew. Sementara saya nih, sepanjang ngeblog, baru satu kali ikut lomba (dan gga menang hahah). Entah deh, mengapa jiwa kompetisi menulis ini menguap tiada tara :D

    BalasHapus
  8. Keren ini mastah wejangannya, so far aku terapkan dimedsos lain bukan diblog secara jarang ikut lomba blog cape baca kalo panjang panjang mbak jujur wkwk

    BalasHapus
  9. Harus praktekin tips ini kalau mau ikut lomba yang ada di blog Mbak Dedew .... yang nulis juri soalnya ..... semoga bisa ikut.

    BalasHapus
  10. Bunda seringkali membaca postingan para pemenang lomba utk menggali ilmu carz. menulis dengan baik. Ternyataaa masih banyak yg hrs bunda pelajari agar bisa menulis dengan baik spalabi tulisan itu utk diikutkan lomba - juga mempelajari persyaratannya dengan baik dan hrs berusaha "mengenal karakter menulis para juri (?) sedpt mungkin. Baysngkan! Tulissn sfh dilirik Dewan Juri tapiii uploading fotonya "bluurrr" yach "Bye bye" kata Dewa Juri. Trus kita mau apa? Ya belajar semaksimal agar Bisa Menang Lomba. Bunda menyemangati dan berdo'a utk Tanti Amelia yang siap mengikuti lomba menulis.

    BalasHapus
  11. Baca poin terakhir itu tentang deadline, jadi tersadar bener juga ya jangan sampai kelewat mepet membawa petaka ya.

    BalasHapus
  12. Paling penting itu memang untuk lomba blog, harus membaca persyaratannya dengan teliti dan juga jangan melenceng dari tema ya mbak. Aku tuh ingin loh ini ikutan lomba Asus lagi menyiapkan tulisan dulu, karena belum pernah ikutan lomba seperti ini. Makasih ya mak Dew dikasih tau nih tips-tipsnya mau ku praktikan ah.

    BalasHapus
  13. Saya belum pernah menang lomba blog, belum ketemu rahasianya. Makanya mau terima kasih sama Mbak karena sudah bocorin dan kasi tips agar menang lomba, Semoga saya bisa percaya diri ikut lomba. Sering mundur sebelum maju sih sayanya.

    BalasHapus
  14. wah thank youuu sudah sharing! ternyata nentuin sudut pandang tulisan itu penting yah. mau aku terapin aaahh 😍

    BalasHapus
  15. Ya Allah...
    Sedih abnget kalau ternyata gajadi menang karena telat semenit.

    Memang segala sesuatu yang dengan persiapan itu bakalan lebih mantap daripada yang mefet DL. Tapi, kadang suka ada yang mefet DL, idenya keluar semua.

    Huhuu...inilah kenapa ide itu mahal harganya yaa..
    Dia datengnya gak dijemput, pulangnya ga diantar.

    BalasHapus
  16. Storytelling, keunikan dan nilai tambah memang faktor yang penting untuk bisa menang lomba. Saya perhatikan kebanyakan pemenang lomba itu punya kelebihan di 3 hal itu. Terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  17. Aku udah lama banget nggak ikutan lomba blog kayak kadang itu masih instruktur juga kalau mau ikut lomba blog ada rasa nggak percaya diri juga

    BalasHapus
  18. GLN yang aku masih sungguh pinisirinnnnn. Beberapa kali berniat ikut, belum cocok melulu. kalo gak waktunya, ya temanya yang gak pas

    BalasHapus
  19. Gimana ya tim mepet mepet club gini, suka submit last minute wkwkwkw.. Story telling memang satu kekuatan yang harus dimaksimalin, saya kebetulan mau ikut lomba nih, tak pake ya mbak caranya. Bismillah aja dulu hehe

    BalasHapus
  20. jadi semangat nulis lomba wider screen hahaha
    no mepet club ya aduh aku tim deket2 hari h huhuhu doakan ya mba semoga aku berhasilllllllllll
    soalnya sudah lama ga ikutan lomba blog macam ini

    BalasHapus
  21. Saya nih yang kalau ikutan lomba blog sering mefet mefet deadline. Kadan semenit mau DL baru kirim. Bahaya banget. Pernah juga kelewat DL. Syedihnya luar biasa.

    BalasHapus
  22. aku yang mepet baru upload hiks, suka ngerjain di last minutes, ini yg harusaku ubah keknya.

    BalasHapus
  23. Makasiiih mbak Dew! Ada beberapa poin yg udah aku eksekusi kalo lagi ikutan lomba blog. Semoga diberi rejeki buat bisa menang aamiin

    BalasHapus
  24. Aku baca tips-tips ini sebelum submit ke lomba kemaren.. ngebantu banget bikin aku tau step by step lomba nulis blog.. maklum baru pertama kali :"

    BalasHapus
  25. Aku tim mepet-mepet klub 🙈 duh, harus dibenahi yg satu ini. Semoga kali inj bisa lah 🤫

    BalasHapus
  26. Saya termasuk yang jarang ikut lomba, soalnya belum apa-apa sudah keder duluan. Kekurangan saya banyak, hihihi. Terutama soal foto. Paling tidak tahu soal foto-foto ini, hiks.

    BalasHapus
  27. Waahhh makasih banyak tipsnya bakal aku praktekin ahh 😍😍😍

    BalasHapus
  28. Aku belum pernah ikutan lomba blog :D. Tapiiii aku suka bacain tulisan2 temen2 blogger yg diikutin utk lomba. Dari situ aku banyak belajar cara menulis yg bagus gimana. Tapi jujur blm tertarik utk ikutan. Krn jujur aku ga sempet kalo hrs research segala macam. Kan ga mungkin nulis something yg aku sendiri ga kuasain, ga pake produknya dll. Tulisannya pasti jadi hambar.

    Utk skr, aku msh LBH suka bacain tulisan temen2 yg ikutan dulu :)

    BalasHapus
  29. asikk makasih teh tipsnya, iya nih aku yang buruk mepet waktu kadang idenya dateng kalo udah mau mepet parah banget ya teh. Semoga ada rejeki bisa ikutan lombanya asus di blog teteh

    BalasHapus
  30. Keren banget kak Dew..
    Kadang kita seringkali lupa bahwa memang ada faktor luck, tapi di luar itu semua, kudu ada usaha yang dilakukan agar faktor luck itu menghampiri orang yang tepat.

    Juara banget kak Dew...
    Haturnuhun sudah berbagi tips menang lomba blog.

    **dari aku yang paling semangat ikut GA hadiah buku, belum sampai tahapan ikutan lomba blog. huhuu...padahal ini bisa jadi lifetime traffic yaa..

    BalasHapus
  31. Noted! Aku juga suka baca baca blog pemenang sih untuk melihat ooh ternyata tulisan seperti ini yang memikat hati para juri :D

    BalasHapus
  32. Aku udah lama gak ikutan lomba2 blog nih, padahal pengen tuh hadiahnya menggiurkan rata2. Entah kenapa poin nyari angle unik itu masih PR banget. Mungkin kurang banyak latihan kali ya. Next time pengen ikutan lomba2 lagi. Makasih tipsnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

GPC Talk: Tips & Trik Menang Lomba GLN Kemdikbud dari Iwok Abqary

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah