Sentilan Kota Polusi dalam Buku Anak Poupelle of Chimney Town

Halo Kawan Aksara,

Sudah baca buku berapa halaman hari ini? Kali ini, aku ingin berbagi tentang buku cerita yang aku baca baru-baru ini. Sebagai penulis cernak sekaligus mentor anak-anak belajar menulis, kini aku lebih giat mengumpulkan buku anak. Hehe. Alasan saja sih sebenarnya karena aku tuh penyuka buku anak dan senang banget menikmati ilustrasi buku anak yang cakep

Sentilan Kota Polusi dalam Buku Anak Poupelle of Chimney Town

Nah, aku menemukan salah satu buku cerita bergambar yang menarik. Kini agak jarang penerbit menerbitkan buku cerita anak dari luar. Kebanyakan sih mereka menerbitkan ensiklopedi dan buku pengetahuan lainnya. Cerita fiksi, kadang masih dipandang sebelah mata oleh orang tua yang menentukan pembelian buku anak. Padahal, cerita fiksi bisa sarat makna ya.

Salah satu buku yang kaya makna ini judulnya adalah Poupelle of Chimney Town yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Petualangan Poupelle di Kota Cerobong Asap.

Buku Poupelle ini ditulis dan digambar sendiri oleh Akihiro Nishino, penulis dan ilustrator yang berasal dari Jepang. Duh, selalu iri pada penulis yang juga jago menggambar deh. Asyik banget bisa menuangkan apa yang di benak kita secara tepat ke atas kertas. Nggak pakai acara brainstorming dengan ilustrator lagi, ya! Hehe.

Buku ini pertama kali terbit dalam bahasa Jepang pada tahun 2016. Lalu, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan terbit pada bulan Desember 2021.  Buku setebal 96 halaman ini diterjemahkan dengan apik ke dalam bahasa Indonesia oleh pasangan penerjemah dan pemusik Hiroaki Kato dan istrinya Arina Ephipania. Kalian kenal grup band Mocca? Nah, Arina  adalah vokalisnya dan ia juga adik kandung Dee lestari.

Oh iya, Sebuah film animasi fantasi berjudul sama juga sudah dibuat berdasarkan buku ini lho. Filmnya rilis pada tahun 2020. Memang keren sih ceritanya, cocok diangkat menjadi cerita animasi yang menarik.


Hal yang paling memikatku untuk membaca buku ini adalah ilustrasinya yang tidak biasa untuk buku anak dan remaja. Gambar-gambar di dalam bukunya kebanyakan nampak gelap untuk menggambarkan Kota Cerobong Asap. Latar belakang halaman untuk teks bukunya pun hitam. Untungnya, hurufnya tak sulit dibaca, hehe. 

Digambarkan dalam ceritanya, kota ini selalu dipenuhi asap dan polusi sepanjang hari sehingga tak terlihat lagi langit biru dan malam-malam berbintang. Sedih kan sebenarnya. Bayangkan, tak pernah melihat langit biru! Hiks. Kota ini rusak karena pencemaran lingkungan dari pabrik-pabrik yang memenuhi kota.

Walaupun begitu, aku suka banget dengan ilustrasinya yang gelap tapi tetap terlihat cantik dan berkilau. Auranya seperti memasuki dunia sihir yang gelap dan misterius. Tapi, tetap memukau. 

Buku ini berkisah dua orang yang sama-sama tersingkir dari kehidupan. Berawal dari kejadian sebuah onggokan sampah tiba-tiba bangkit karena mendapatkan jantung tak terduga dari sebuah paket hilang. Seonggok sampah ini bergabung dengan anak-anak lain saat malam Halloween. Ia bahagia sekali berkeliling bersama anak-anak berkostum dan meminta trick or treat di rumah-rumah yang mereka kunjungi.

Sayangnya, malam Halloween segera berakhir. Anak-anak membuka kostum mereka. Sedangkan manusia sampah ya tetaplah manusia sampah. Sontak, warga kota menjauhinya karena badannya yang bau sampah.

Sentilan Kota Polusi dalam Buku Anak Poupelle of Chimney Town

Hanya seorang anak yatim bernama Lubicchi yang mau berteman dengannya. Lubicchi, anak pembersih cerobong asap yang ceria. Lubicchi memberi nama Poupelle pada manusia sampah dan mengajaknya ke rumahnya. Sebelum masuk rumah, Poupelle dimandikan dengan telaten oleh Lubicchi.

Poupelle dan Lubicchi menjadi teman baik. Lubicchi cerita kalau ayahnya sudah tiada dan ia kehilangan liontin berisi foto satu-satunya milik ayahnya. Poupelle trenyuh mendengar cerita sahabatnya dan melakukan suatu hal yang membuat Lubicchi dan warga kota makin menjauhinya. Apa yang dilakukan Poupelle?

Petualangan mereka teramat seru dan menyentuh hati. Lubicchi ingin membuktikan bahwa di langit ada bintang yang bersinar. Suatu hal yang tak pernah dilihatnya sumur hidup karena polusi kota mereka yang parah.

Kisah buku ini seru banget. Cerita dalam buku ini mudah dipahami anak dan remaja dan jumlah kalimatnya juga tak sebanyak novel ya. Namanya saja picture book. Oh aku bisikin ya, ada plot twist menarik yang disuguhkan untuk pembaca di akhir cerita dan membuat jantung kita berdegup bahagia. Jadi, penasaran kan mau baca buku ini?

Judul: Petualangan Poupelle di Kota Cerobong Asap

Penerbit: Noura Kids

Tahun Terbit: Desember, 2021

Cetakan: Pertama

Penulis: Akihiro Nishino

Penerjemah: Hiroaki Kato dan Arina Ephipania

Halaman: 92 Halaman

Harga Rp98.000,-

 

 

 

 

Posting Komentar

12 Komentar

  1. Tozz dulu kita. Saya juga suka membaca buku anak bahkan pernah ikut pelatihan menulis cernak, tapi belum berhasil menukis buku solo cerita anak, adanya buku antologi untuk usia 9 tahun ke atas dan non fiksi. Penasaran sama endingnya deh apalagi Mbak Dedew kasi bocoran kalau plot twistnya itu memarik dan bikin bahagia. Mau baca ah.

    BalasHapus
  2. Baru lihat covernya aja udah kagum, cakep amat ya. Hebat banget kalau penulisnya juga bisa bikin ilustrasinya sendiri.

    Ini bukunya menggambarkan tentang dunia yang semakin parah dengan polusi ya? Penasaran ama endingnya.

    BalasHapus
  3. Barusan aku cek di goodreads, Poupelle of Chimney Town ini skornya gede 4,24/5. Dan dari ulasan-ulasannya banyak banget yang bilang suka sama ceritanya lebih-lebih lagi ke ilustrasinya. OMG, aku kepengen juga itu suatu saat punya buku yang ilustrasinya secakep itu.

    Untuk ukuran buku anak, 92 halaman juga lumayan tebal. Mengingat biasanya picbook itu halamannya sedikit. Aku yang udah gede aja jadi pingin beli ini hahaha

    BalasHapus
  4. Lhooooo bikin penasaran, buku cerita bergambar punya plot twist. Pasti benern menarik dan seru buat dibaca. Kisah persahabatan yang beneran kuat karena merasa sependeritaan. Menarik bukunya

    BalasHapus
  5. Suka banget baca cerita anak-anak sampai sekarang dan rata-rata cerita anak-anak imajinasinya itu betul-betul luas , cuma saya kayaknya belum ketemu cerita terjemahan dari Jepang, baru ini pertama biasanya condong cerita Barat duh jadi kepo ekspektasi saya apakah seperti film ghibli

    BalasHapus
  6. Sampul dan ilustrasi buku ini sangat berbeda ya dibanding buku-buku anak lainnya tapi menurut saya bisa menimbulkan sebuah pertanyaan dan juga penasaran supaya orang mau membaca buku ini dan yang pasti pesan-pesan dalam buku ini juga akan lebih diterima dengan jelas karena penyampaiannya yang sangat menarik

    BalasHapus
  7. Aku juga kemarin baruu aja beli buku cerita anak dari luar negeri jugaa, kebetulan lagi ada obral dari Gramedia, hahaha. Emang kalo buku cerita luar tuh ga cuma ilustrasinya yang luar biasa keren, tapi jalan ceritanya sering out of the box. Meski begitu yaa tetep relate dan ada hikmah ceritanya.

    BalasHapus
  8. Dulu, yg bikin aku jatuh cinta dengan buku dan jadi doyan baca, Krn papa rutin beliin buku bergambar begini tiap kali bisnis trip ke LN.

    Buku2 yg dibawa selalu menarik, tebal, gambarnya bikin anak jadi penasaran ama jalan cerita. Akhirnya pasti minta dibacakan, jadi semangat belajar baca, dan JD tergila2 buku

    Cara yg sama aku terapin ke anak2' mba. Koleksi buku mereka banyak, tapi buku bergambar begini Krn memang ga banyak pilihan, jadi jrg aku beliin. Biasanya buku2 enid blyton.

    Jadi pengen sih beli buku ini juga. Dari gambarnya aku aja udh suka ❤️

    BalasHapus
  9. waktu aku SD seneng banget baca buku dengan genre kayak gini mbak
    Apalagi buku buku bergambar, bisa betah banget liatnya
    pengen ngenalin buku buku seperti ini ke keponakan, biar gedenya terbiasa membaca gitu
    anak sekarang malah betah main gadget soalnya mba

    BalasHapus
  10. Emang menarik buku anak² bergambar yg sarat makna. Di Indonesia sepertinya jarang ya, penulis buku cerita anak ? Atau sy yg kudet? Hehe.. Bnykn novel soalnya klo liat di toko buku. Baru tau vokalis Mocca jg berprofesi penterjemah.. Keren..

    BalasHapus
  11. Ilustrasinya cantik bangeett..
    Aku inget dulu tuh ada cerita online pas jaman anak-anak kecil tentang cerobong asap juga. Kayanya yang sering jadi opera deeh..

    Dan pengembangan kisahnya bisa macam-macam mengenai cerobong asap ini ya..
    Menarik sekali membaca buku anak Poupelle of Chimney Town.

    Imajinasiku waktu ngliat gambarnya uda se-happy itu ada di dunia dongeng dengan teman-teman baru, Poupelle dan Lubicchi.

    BalasHapus
  12. Wah ini menarik bangetttt... gambarnya juga bagus, memperkaya visual anak, ngga cuma gambar kartun yang cenderung simpel...

    BalasHapus