Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar bersama Himpaudi Jateng

Halo Kawan Aksara, Bahagia banget nih Ruang Aksara bisa berkolaborasi dengan Himpaudi (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini) Jateng untuk mengadakan Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar yang dimentori oleh Kak Aan Wulandari, penulis buku anak produktif yang tinggal di Semarang.

Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar bersama Himpaudi Jateng

Berawal dari perjumpaan pertama aku dan Kak Aan dengan Bu Nia, Wakil Ketua I Himpaudi Jateng di sebuah kafe di Banyumanik. Bu Nia yang juga mendirikan PAUD dan TK di Banyumanik ini menjelaskan bahwa organisasi tersebut akan menerbitkan enam buku cerita anak bergambar karya pengajar PAUD dalam rangka ulang tahun Himpaudi ke-18 tanggal 31 Agustus 2024.

Untuk itu, Bu Nia bermaksud mengadakan pelatihan menulis buku anak bergambar dan meminta kami mengisi kelasnya. Ajakan itu tentu saja kami sambut gembira. Hal ini akan menjadi pengalaman baru untukku dan Aan untuk mengajar sekaligus mendampingi peserta menulis naskah, menyunting, hingga bukunya terbit.

Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar bersama Himpaudi Jateng

Untuk ikut kelas daring, para calon peserta wajib membuat sinopsis cerita anak. Pelatihan menulis buku anak bergambar ini diadakan secara daring melalui Zoom pada hari Minggu 31 Maret dan diikuti oleh sekitar 400 peserta yang terdiri dari bapak dan ibu guru PAUD se-Jawa Tengah. Aku dan Kak Aan Wulandari membagikan materi tentang menulis cerita anak. Aku membawakan materi Apa itu Picture Book? Aku juga membahas beberapa sinopsis para peserta.


Sedangkan materi Kak Aan langsung memaparkan cara menulis picture book atau buku anak bergambar lengkap dengan story board atau papan cerita. Kak Aan juga menjelaskan bagaimana membuat petunjuk ilustrasi untuk ilustrator yang bekerja sama dengan kita.

Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar bersama Himpaudi Jateng

Antusiasme peserta patut diacungi jempol lho, Kawan, padahal saat itu adalah bulan ramadan. Semangat belajar para peserta tinggi, pertanyaan yang diajukan juga banyak dan beragam. Dua setengah jam belajar bersama, jadi tak terasa.

Setelah kelas daring selesai, saatnya para peserta untuk mengerjakan tugas menulis satu naskah picture book di papan cerita. Tugas ini diberikan seminggu sebelum lebaran dan kami mengira naskah yang masuk takkan banyak karena saat itu orang sedang sibuknya menyiapkan berbagai hal untuk menyambut hari raya.

Ternyata, naskah yang kami terima ada sekitar 190an! Hei, bapak dan ibu tidak lebaran nih? Hehe. Jadilah, setelah lebaran, kami berjibaku memilih 20 naskah yang berhak mengikuti proses berikutnya. 

Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar bersama Himpaudi Jateng

Nah, dari 20 naskah ini kami lalu memberikan masukan dan kritik untuk para peserta agar mereka bisa memperbaiki karyanya. Kak Aan mengingatkan peserta untuk terus bersemangat dan jangan patah semangat karena proses penerbitan buku itu tidak mudah dan panjang prosesnya. Harus bakoh! Hehe.

Alhamdulillah, pada tanggal 03-04 Mei 2024, akhirnya terselenggara juga kegiatan lanjutan kelas menulis buku cerita bergambar di Plaza Hotel, Semarang. 

Jadwal kegiatan dua hari ini padat tapi dijalankan dengan santai dan penuh tawa. Ada enam penulis terpilih dari proses seleksi cukup panjang yaitu mulai dari Zoom April lalu yang diikuti ratusan peserta hingga pertemuan luring di bulan Mei. Enam peserta ini berasal dari beberapa kota di Jawa Tengah, lho. Naskah enam peserta ini akan jadi buku yang diterbitkan Himpaudi Jateng dan satu naskah terbaik akan dijadikan animasi oleh sebuah studio di Jakarta. Wow, keren!

Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar bersama Himpaudi Jateng

Kegiatan hari pertama adalah presentasi naskah yang sudah direvisi lagi dari tiap penulis, kami sebagai mentor dan Ibu Nia memberikan masukan untuk naskah yang dipresentasikan. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan mentoring naskah satu-persatu dengan Kak Aan Wulandari. Ajaib memang Kak Aan, naskah yang masih kaku narasinya jadi lebih luwes dan enak dibaca setelah mentoring.

Setelah mentoring privat, naskah buku kemudian direvisi kembali sesuai petunjuk para mentor. Hari pertama ditutup dengan proses editing oleh para mentor ditemani kopi dan berbagai camilan. Wah, naskahnya jadi cantik dan makin enak dibaca. Hari yang melelahkan!

Hari berikutnya, agendanya adalah enam penulis bertemu dan berdiskusi dengan para ilustrator muda dari Semarang dan Yogya. Para ilustrator berbakat ini akan menggambar ilustrasi naskah para penulis. Hasil karya para ilustrator ini tak usah diragukan lagi, mereka sudah memiliki pengalaman di penerbitan dan berbagai lomba Kemdikbud.

Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar bersama Himpaudi Jateng

Pesan Kak Aan, penulis dan ilustrator posisinya setara jadi harus saling menghargai. Selain itu, penulis hanya bisa merevisi sketsa, setelah sketsa disetujui dan digambar tak boleh lagi ada revisi dari penulis. Setelah makan siang, acara dua hari ini pun selesai.

Terima kasih untuk Bu Nia dan panitia dari Himpaudi Jateng sudah mempercayakan Ruang Aksara untuk berkolaborasi membuat kegiatan seru ini. Terima kasih banyak juga untuk Kak Aan Wulandari yang bersedia meluangkan waktu untuk membagikan ilmunya yang bergizi untuk para peserta. Wah, jadi tak sabar ingin baca buku-bukunya nanti setelah terbit ya! Sukses untuk Kak Aan dan Himpaudi Jateng!

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Seru banget kegiatannya. Himpaudinya berarti aktif ya. Sampai mengadakan pelatihan membuat picture book

    BalasHapus
  2. Buku anak kelihatan sederhana, ya. Tapi, sebetulnya lumayan susah juga bikinnya. Karena harus memahami dunia anak. Apalagi di buku anak juga harus ada ilustrasi yang menarik. Setuju banget nih kalau penulis dan ilustrator harus saling menghargai. Malah kalau bisa saling 'ngeklik'.

    BalasHapus
  3. Wow keren mbak. Peserta pelatihan daringnya sampai 400 orang. Yah walau yang ngumpulin tugas separonya. Tapi bagus banget nih antusiasme para peserta.

    Dan karya terbaik dari pelatihan ini bakal dibuat animasinya juga.

    BalasHapus
  4. Wah keren acaranya, dan setuju kalo dalam kolaborasi memang jangan ada yg merasa lebih karena semuanya adalah kerja sama tim

    BalasHapus
  5. Langsung dipresentasikan, terus editing, terus ada ilustrator nya juga, wuah ini kesempatan yang menyenangkan buat para peserta. Semoga berkelanjutan acaranya ya kak

    BalasHapus
  6. Salut dengan semangat para peserta. Kala lebaran yang banyak disibukkan dengan banyak kegiatan ini semangat banget nulisnya. Bahkan bisa masuk 190 an naskah.. Pasti nggak mudah milih yang bagus bagus sebanyak 20 buah ya. Hehehe

    BalasHapus
  7. Wah seru banget kak , oni workshopnya benar2 efektif deh hanya dg beberapa hari langsung praktif, dievaluasi, dan di mentoring sm coach2 dan suhu di bidangnya.

    BalasHapus
  8. Idah Ceris10 Mei

    Anak² hebat. Ramadan penuh berkah, nih. Kegiatannya sangat produktif dan senang melihat anak² semangat belajar.

    BalasHapus
  9. Kelas Buku Anak bergambar ini daging banget, jadi pengen ikutan nanti misal ada lagi. Salut juga sama para peserta atas antusiasnya. Kalau seantusias itu pastinya Kak Aan dan Himpaudi Jateng makin bersemangat buat ngadain kelas lagi 🥰 Salam literasi semangat meretaskan beragam karya manfaat

    BalasHapus
  10. Wah cuma baca cerita kegiatannya sepertinya seru sekali ya Mbak. Semoga Ruang Aksaraku terus terlibat dalam kegiatan yang bisa membantu mencerdaskan anak bangsa ya.

    BalasHapus
  11. Acara yang menarik dan bisa dicontoh oleh daerah-daerah lain, nih. Para peserta juga sangat semangat mengikutinya. Sampai 190 an naskah yg diterima. Mantaap banget.

    BalasHapus
  12. Masya Allah aku salfok sama hadiahnya, karyanya dijadikan animasi, duh siapa sih yang ga mau. Makasih sudah berbagi cerita ya mba

    BalasHapus
  13. Wah serunya. Aku belum pernah ikut penulisan kaya gini. Penasaran soalnya suka juga lihat buku bergambar. Ilustrator itu juga sama kerennya dengan penulis

    BalasHapus
  14. Bagus banget kelas menggambar buku anak apalagi yang memiliki bakat menggambar boleh juga untuk mengasah skill

    BalasHapus
  15. Wah seru pastinya ya mbak, kelas buku anak bergambar ini. Soalnya juga dipandu oleh mentor yang berkompeten di bidangnya. kapan-kapan saya juga tertarik untuk ikut

    BalasHapus
  16. Seru banget pastinya, ya Mba. Alhamdulillah saya pernah satu kali ikut bimbingan dan teknis yang diadakan luring. Sensasinya memang lebih terasa. Apalagi ini ada sesi ketemu ilustrator, ya. Semoga buku yang dihasilkan bisa membawa banyak manfaat, ya, Mba.

    BalasHapus
  17. Setelah acara ini pasti pada banyak yang langsung menuangkan idenya untuk merealisasikan bekal yang diperoleh saat acara Kelas Penulisan Buku Anak Bergambar. Salut dengan semangatnya untuk membangun literasi anak dan keluarga Indonesia.

    BalasHapus