5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis

Halo Kawan,

Sudah menulis apa bulan Februari ini?

Untuk menyemangati kalian yang sedang menulis, aku akan berbagi 5 rekomendasi drama Korea tentang kehidupan penulis. Ya, drama Korea sering menyajikan cerita yang berhubungan dengan profesi tokohnya.

5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis
5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis

Tak sekadar tempelan, tapi bisa menambah wawasan kita tentang suatu profesi. Misalnya profesi dokter di Hospital Playlist yang digambarkan begitu realistis. Nah, drama Korea juga sering mengangkat profesi penulis sebagai latar belakang cerita. Entah sebagai wartawan di media atau penulis buku bahkan blogger.

Nah, aku akan mengulas 5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis. Ceritanya mengangkat kehidupan penulis dengan berbagai pernak-perniknya. Ada yang relate dengan kalian? Hehe.

1.      Because This Is My First (2017)

Mengisahkan tentang Yoon Ji Ho (Jung So Min) seorang asisten penulis naskah drama yang terpaksa menjadi pengangguran dan didepak dari rumah keluarganya. Ia bertemu dengan seorang pegawai start up IT Nam Se He (Lee Min Ki) yang memiliki rumah untuk disewakan. Keduanya lalu memutuskan menikah pura-pura demi rumah. Perjuangan Yoon Ji Ho meraih karir dan cintanya patut diacungi jempol.

5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis

2.      Its Okay Not to Be Okay (2020)

Drama ini termasuk terlaris tahun 2020 lalu. Dikisahkan, Penulis Ko (Seo Ye Ji) adalah penulis buku dongeng laris yang berkepribadian anti sosial dan dingin bertemu dengan seorang perawat muda Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) dan Moon Sang Tae (Oh Jung Se), kakaknya yang autis.

5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis
Buku dongeng penulis Ko

Kedua bersaudara ini selama bertahun-tahun selalu melarikan diri dari kupu-kupu  yang mengganggu tidur Sang Tae. Penulis Ko menyukai Perawat Moon dan bertekad mengejarnya tapi si cowok terlalu sibuk mengurusi kakaknya. Penulis Ko mendekati kakak Perawat Moon yang ternyata berbakat menggambar untuk dijadikan ikustrator buku dongeng terbarunya. Sehingga mau tak mau, Perawat Moon harus memedulikan Penulis Ko. Tanpa disadari, dalam hubungan yang ruwet ini mereka bertiga saling menyembuhkan luka hati masing-masing. 

Baca Juga: Cara Mudah Menulis Dongeng

Drama yang menarik ceritanya dan banyak membahas tentang kesehatan mental serta efek pengasuhan yang buruk bagi anak oleh orang tuanya. Selain cerita dramanya yang unik, aku tertarik dengan buku dongeng karya Penulis Ko Moon Young ini. Jadi, di dalam drama ini bertebaran dongeng-dongeng yang ditulis oleh Penulis Ko.

Semua buku dongengnya bertema dark gitu kesannya sesuai kepribadiannya yang sedikit kejam dan dingin. Dua judul bukunya diantaranya Anak Lelaki yang Penuh Ketakutan dan Kisah Hidup Zombie. Isinya sama sekali jauh berbeda dengan dongeng yang biasa kita bacakan untuk anak-anak seperti dongeng Princess dan lainnya yang berkesan indah dan ceria. 

3.      Oh My Baby (2020)

Ini dia drama seru yang dibintangi Jang Nara, idolaku. Setelah bermain di drama tema perselingkuhan VIP,  ia kembali membintangi drama komedi romantis yang menjadi spesialisasinya. 

5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis

Kisahnya tentang Jang Hari, seorang wartawan majalah bertema ibu dan anak yang usianya mendekati usia 40 dan ingin punya anak tapi belum ada bayangan sedikitpun punya pacar. 

Akhirnya, ia memiliki tiga kandidat lelaki untuk bisa punya anak tanpa suami. Drama ini kocak tapi banyak perenungan lho. Kita juga mengintip kehidupan seorang wartawan yang sibuk menyelesaikan deadline majalah terbit. Juga huru-hara mencari pemasang iklan untuk majalah mereka. Belum lagi serbuan media online mengurangi omset penjualan majalah. Hm, Sebenarnya banyak drakor lain yang mengangkat kehidupan penulis. Lain kali kita bahas ya. 

4.      Chicago Typewriter (2017)

Cerita ini berawal dari penulis buku terkenal Korea Han See Jo (Yoo Ah In) yang pergi ke Chicago untuk acara jumpa fans. Di sana, ia menemukan sebuah mesin ketik kuno yang bertuliskan huruf hangeul. Ia ingin membelinya tapi pemiliknya menolak. Setelah pulang ke Korea, ia malah mendapat kiriman paket berisi mesin ketik yang diantar Jun Seol (Im Soo Jung) kurir sekaligus penggemar Han See Jo dan sejak itulah ia mulai bermimpi aneh tentang masa lalu.


5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis

Karena bermimpi aneh terus, ia tak bisa menulis tapi ia kaget ketika penerbit menghubunginya karena buku barunya akan terbit. Padahal, ia lama tak menulis. Ternyata, penulisnya adalah Yoo Jin Oh (Go Kyung Pyo) seorang Ghost Writer. Duh, rumit ya? Apa sebenarnya hubungan diantara ketiganya? Drama ini tentu saja menarik karena disutradarai sutradara terkenal Jin Soo Wan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Drakor Komedi

5.  It’s OK This Is Love (2014)

Merupakan drama yang menguras emosi. Menceritakan seorang penulis novel thriller terkenal dan kaya raya serta tampan Jang Jae Yol (Jo In Sun). Tak disangka, seseorang yang nampak sempurna seperti Jang Jae Yol ternyata menderita penyakit schizoprenia akibat disiksa saat masih kecil.

5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis

Ia jatuh cinta pada seorang psikiater Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) yang juga menderita penyakit mental dan trauma akibat ibunya berselingkuh. Oh iya, di drama ini juga ada personil EXO yang jago akting lho, D.O. Penasaran, kan?

Ya, itulah 5 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kehidupan Penulis. Menonton drama Korea tak hanya sebagai hiburan anti stres tapi banyak hikmah yang didapat. Banyak pelajaran hidup tentang memegang prinsip, kesetiaan pada pasangan dan profesi serta banyak lagi. Tak jarang pula, aku mendapat ide menulis cerita setelah menonton drakor. 

Mengintip kehidupan para penulis di drama Korea membuatku bersemangat, entah kenapa, hehe mungkin karena ada perasaan senasib juga sama-sama mengejar tenggat waktu menulis naskah seperti tokoh utama dramanya. Nah, bagaimana menurut kalian kehidupan para penulis di drakor? Apa drakor tentang penulis favoritmu? Cerita ya di kolom komentar!

 

Komentar

  1. Dari 5 itu yg aku ikutin It's Okay not to be okay. Dan sepanjang nonton dramanya, aku selalu terkesan dengan pembawaan cerita dongengnya baik dr cerita, desain gambar dan nuansa yang gelap itu. Out of box dr kebanyak dongeng yg ada.

    BalasHapus
  2. Lama nggak ngedrakor lagi nih sejak Hi Bye Mama. Lihat si Go Hyo Jin jadi inget mau nonton When Camelia Blooms belum jadi jadi

    BalasHapus
  3. I felt so touched by IONTBO. And also fell on lope with some of the OST.

    BalasHapus
  4. Wah ternyata ada lumayan banyak juga Drakor tentang penulis ya mba.. Terima kasih rekomendasinya..kapan2 mo kepoin juga ah..

    BalasHapus
  5. Keknya ceritanya menarik semua. Aku juga suka nonton drama/film yang profesi pemain utamanya penulis/berhubungan dg menulis2.

    Pas happening IONTBO aku blm sempat nonton.
    Makasih, Mbak Dew.. aku masukin list drakor yang mau ditonton.

    BalasHapus
  6. Aku belum nonton lima drama itu. Tapi aku masih membuat Because this is my first ada di waitinglist acara magerku nanti... Kayaknya seru dah.

    BalasHapus
  7. Nomor 3 nonton episode2 awal doang, terus terdistraksi sama apa ya, kok lupa. Dan nggak lanjut. Nomor 5 malah nggak nonton sama sekali. Yang lainnya berkesan semua di aku, hehe. Termasuk drakor2 favorit.

    BalasHapus
  8. keren nih rekomendasi drama korea tentang kehidupan penulis, dari 5 rekomendasi di atas yang baru aku tonton (itu pun gak sampai habis) cuma satu mak huhuhu

    BalasHapus
  9. Cerita tentang ghost writer itu rumit juga ya mbak. Menarik kayaknya, tapi aku lagi nonton serial K-drama lainnya saat ini.

    BalasHapus
  10. Waaah makasih mbak rekomendasinya, kayaknya perlu diagendakan deh ya nonton film ini. Meski asing banget sama drakor, tp tema yg diangmat relate banget sama kehidupan dunua nyata nih hehehe

    BalasHapus
  11. Its oke this love aku belum nonton Teh. Jadi penasaran. Besok aah kalo dah kelar ngereview mau nonton rekomendasimu Teh

    BalasHapus
  12. Chicago Typewriter itu baguuussss ya mbaaa.... tapi entah kenapa, kayak under-rated banget di sini.
    Apa mungkin karena tema besarnya soal penulis/mesin ketik, ya? :D jadi udah males duluan, kebayang jadulnya wkwkwk

    Aku syukaaakkk akting Yoo ah in dan semua pemain di drakor ini

    BalasHapus
  13. Dari lima ini, semuanya belum nonton (hahaha, memang belum jadi kdrama lovers sih ya). Tapi yang its okay to be not okay itu aku sempat lihat satu atau dua episode sih.
    Mudah2an suatu saat bisa nonton, soalnya kdrama ini ceritanya bagus2 ya mbak. Cuman aku sering ga sabar nonton serial even itu episodenya pendek2 macam kdrama.

    BalasHapus
  14. Yang paling aku suka no 1,,aku tonton sampe 2 kali, bukan karena kehidupan penulisnya tapi memaknai pernikahan ala mereka wkwkwk...

    BalasHapus
  15. Ada juga drakor ttg kehidupan komikus mbak, duh apa ya judulnya, lupa aku haha, two world ya, pokoknya komikus hidup di dalam komiknya sendiri

    BalasHapus
  16. Ternyata cerita Oh My Baby kocak juga ya mbak. Gak bisa membayangkan deh dengan pilhan untuk calon bapak anaknya. Eh tapi aku penasaran juga gimana jalan ceritanya, apalagi kehidupan wartawan yang penuh huru hara menjadi setting cerita

    BalasHapus
  17. Aku belum nonton satu pun mbak hehehe....
    Tapi bagus juga ya drama yang ngambil setting tokohnya adalah profesi tertentu, kayak penulis dalam drama-drama ini. penonton jadi tahu lika liku hidup para penulis

    BalasHapus
  18. Banyak ya mbak sebenarnya drama korea yg mengangkat profesi sebagai penulis
    yang pernah aku tonton selain its okay to not be okay ya Romance is a bonus book
    Yang lainnya aku belum pernah nonton

    BalasHapus
  19. Semua dramanya rekomended banget Teh, semua yang berhubungan dengan menulis seru. Oh ada satu lagi teh yang baru tamat, Cheat Me If You Can, itu tokoh utamanya penulis thriller best seller.

    BalasHapus
  20. Sebagai (orang yang ngaku-ngaku) penulis, nonton drama yang mengulas kehiduan penulis related banget ya..Berasa yang diceritakan mirip dan pasti istilah yang ada enggak asing bagi saya. Keep noted list rekomendasinya

    BalasHapus
  21. Wah, lumayan banyak ternyata ya drama yang nyeritain kehidupan penulis. Aku tahunya cuma Its Ok not to be Ok aja. Nyoba nonton yang lainnya ah. Seru-seru kayaknya.

    BalasHapus
  22. udah nonton semuanya kecuali chicago typewriter niiihhh, jadi penasaran pengen nonton chicago typewriter jugaaa.. semoga ada di netflix ahhhh

    BalasHapus
  23. Aku sudah nonton semuanya kecuali chicago typewriter ini belum nonton, nanti kalau sudah ngelarin drama China yang lagi aku tonton mau ah nonton si Chicago Typewriter. Tapi dari keempat yang sudah aku tonton ini paling suka, This Is My First Life aku tonton berkali-kali loh.

    BalasHapus
  24. Wah menarik nih. Pengen nonton kalau film korea hanya 2 jam. Nonton film tentang penulis jd makin semangat nulis ya mba

    BalasHapus
  25. Boleh juga nih..buat nambah daftar drakor yang bisa ditonton..Apalagi satu pun belum pernah aku tonton hehe... Its Okay tuh wajib banget kayaknya...

    BalasHapus
  26. Yang paling keliatan banget dunia menulisnya si Yoo Ah in yaa...di Chicago Typewriter.
    Kalau HUSH masuk gak, kak?
    Tentang dunia pers gitu siih..

    BalasHapus
  27. Saya setuju Mbak, drama korea itu tidak hanya menyajikan tontonan yang menarik saja, bahkan banyak hikmah yang bisa kita dapatkan. Dan kita bisa mengambil hikmah juga karena sebagian besar drakor mengangkat tokohnya yang mengalami salah pengasuhan di waktu kecilnya. Kondisi yang bisa dijadikan pelajaran.

    BalasHapus
  28. belum aku tonton semua nih mbaa haha, aku nonton It's okat not to be okay aja masih belum rampung wkwk. Aku udah catat nih, karena pengen tau juga yaaa gimana struggle dari sisi kehidupan penulis yang pastinya menarik

    BalasHapus
  29. Sama dengan mba Sofia, belum ada yang aku tonton.
    Terakhir nonton drakor CLOY yang fenomenal, si kapten Riri.
    Hihihi.

    Saat ini lagi suka film dokumenter dengan tema kriminalitas di Netflix.

    BalasHapus
  30. Mau nonton yang nomor 5 ah. Kebetulan lagi nyari drama korea buat ditonton sambil nyetrika hehehe

    BalasHapus
  31. Sebagai penulis novel drama kehidupan aku butuh nih nonyon film dengan genre drama kehidupan kayak gini. Makasih referensinya mba

    BalasHapus
  32. Yang Chicago Typewriter tuh unik juga ya kisahnya, lebih ke fantasi gitukah genrenya?

    BalasHapus
  33. Pengen nonton Oh My Baby. Itu gimana ceritanya mau punya anak tapi tanpa suami. Duh ... duh ... trus penasaran juga dengan kehidupan wartawan di Korsel sana seperti apa.

    BalasHapus
  34. dari 5 drakor aku baru nonton 1, because this is my first life. yang lain cuma nonton sebentar. eh ada satu lagi yang tentang penulis juga tapi kulupa judulnya

    BalasHapus
  35. aku udah nonton semuanya mbak, emang bagus banget ini tontonnya. tapi yang paling berkesan buat aku sih yang judulnya chicago typewriter.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah

Apa Beda Menulis Novel Cetak dan Novel Online? Temukan Ulasannya di Sini!

6 Tips Menulis Cerita Anak Yang Seru