13 Tips Menulis Konten Yang Dahsyat Ala Haya Aliya Zaki

"Konten adalah raja. Promosi adalah ratunya-Bob Mayer"

Adalah quote favorit Haya. Siapa yang tidak kenal  Haya Aliya Zaki? Ia adalah blogger, editor, serta penulis buku anak yang mumpuni. Beberapa waktu lalu, ia membagikan ilmunya tentang Writing Great Content untuk para blogger di Semarang.


13 Tips Menulis Konten Yang Dahsyat ala Haya Aliya Zaki 13 Tips Menulis Konten Yang Dahsyat Ala Haya Aliya Zaki
13 Tips Menulis Konten Yang Dahsyat Ala Haya Aliya Zaki


Menurut  Haya, kekuatan blog adalah kontennya. Baru elemen lainnya berperan. Yang membedakan blogger dengan wartawan adalah, blogger selalu memasukkan pengalamannya dan memiliki gaya bahasa yang khas masing-masing blogger. Benar banget, kalau kita sering mengunjungi blog teman-teman pasti hapal deh ini blog Vita, ini blog Rahmi. Gaya bahasa dan penceritaannya berbeda! 


Baca Juga: Kelas Menulis Artikel November 2020


Tak heran mengapa Haya menjadi blogger sukses. Ia begitu profesional dalam melakukan pekerjaannya sebagai blogger. Ia selalu melakukan riset untuk setiap artikel yang akan ditulisnya di blog.

Ya, untuk menulis artikel di blog, sebaiknya kita tetap menggunakan prinsip wartawan menulis berita yaitu 5W+ 1H. Agar tulisan kita lebih lengkap dan sistematis. Namun ingat, gaya bahasanya tetap sesuai ciri khas kita sebagai blogger.

Saat akan mengikuti lomba, ia selalu berusaha menemukan sisi unik dari sebuah tema yang belum terpikirkan orang lain. Sebuah artikel di blog bagi Haya adalah sebuah kerja keras. Ia mengeditnya berkali-kali sebelum mengunggahnya.  

 

13 Tips Menulis Konten Yang Dahsyat ala Haya Aliya Zaki

Ia menulis sebuah artikel di blog bagaikan seorang penulis menuliskan naskah bukunya. Tekun, fokus dan penuh cinta. Tak heran kerja kerasnya diganjar setimpal. Ia berkali-kali menang lomba blog, menjadi buzzer brand ternama, diundang ke Singapura dan banyak lagi berkah ngeblog untuk  Haya.

Dari kegigihannya, kita bisa belajar banyak. Sering kali, kita membuat artikel di blog asal jadi, banyak kalimat janggal dan salah ketik akibat terburu-buru dikejar deadline. Jangan diulangi ya, Kawan. Buatlah tulisan kalian bertenaga.

 

 13 Tips Menulis Konten Yang Dahsyat ala Haya Aliya Zaki

1.                    1.  Jujur, blogger harus jujur dalam menulis di blog, ia dinilai berdasarkan kredibiltasnya. 

  1. Temukan ide unik, tema boleh sama tapi blogger harus bisa menemukan sudut pandang baru dan unik dari sebuah tema.
  2. Riset, tidak ada tulisan tanpa riset, minimal melakukan riset via Google untuk mencari data akurat untuk bahan tulisan kamu.
  3. Ingat pesan kunci, boleh menulis berpanjang-panjang hingga 1000-2000 kata tapi tetap fokus pada tema atau pesan kunci, jangan melebar kemana-mana ya topiknya.
  4. Hindari kalimat klise, iya menulis blog juga sebaiknya pilih kata-kata yang enak dibaca dong. ungkapannya juga yang kekinian jangan yang basi dan so last year hehe seperti matahari bersinar cerah, alismu bak semut berbaris rapi. Got it?
  5. Gunakan kalimat aktif, pembaca lebih suka dan lebih paham artikel yang menggunakan kalimat aktif.
  6. Gunakan kalimat pendek, karena menulis kalimat panjang tak hanya melelahkan bagi blogger tapi juga untuk pembaca hehe.
  7. Sederhana, tulislah topik sederhana, dekat dengan duniamu
  8. Cintai EYD, ya..ini penting! biar blogmu makin enak dibaca. Pelajari PUEBI.
  9. Perhatikan logika.
  10. Kaya diksi, perkaya bacaanmu agar diksinya makin kaya dan menarik.
  11. Mainkan indera, kita bisa memperkaya tulisan dengan memaksimalkan indera, misalnya menggambarkan suasana di rumah nenek menggunakan indera penciuman, aroma kayu jati yang pekat menumbulkan kenangan tersendiri. Dee Lestari banget ya.
  12. Swa-sunting, alias mengedit tulisanmu hingga nyaris sempurna hehe. Menulis draft pertama dengan perasaan dan menyuntingnya dengan pikiran. Ingat, Kawan!        

13 Tips Menulis Konten Yang Dahsyat ala Haya Aliya Zaki

Tak hanya itu, Haya juga mengajak para blogger menuliskan job review dengan cara soft selling. Ya, kebanyakan brand ingin tulisan tentang produk mereka ditulis dengan soft selling. Kalau hard selling, kan sudah ada iklan di berbagai media massa kan yaa? Mereka ingin kita para blogger menuliskan pengalaman kita secara jujur, adil dan merata #eh. Ya, kita adalah blogger, tugas kita menulis sesuai pengalaman kita. Kita bukanlah bintang iklan hehe. Mereka sudah punya agen periklanan lengkap dengan bintang iklannya. 


Baca juga: Tips Mudah Mengedit Naskah


Haya tak bosan mengingatkan etika menjadi seorang penulis dan blogger yaitu No Kopas Tulisan orang lain. Iyaa, itu kode etik penulis pada umumnya. Believe in yourself, kenapa mesti nggak pede tulisan sendiri dan main kopas? Duh!

Hal senada pernah dikatakan Ayahku ketika tahu aku menjadi blogger yang menerima job review. Kata Abah, kredibilitas seseorang adalah kunci dalam melakukan segala hal. Kepercayaan orang mahal harganya. Harus dijaga sebaik-baiknya. 

Ya, Haya juga menekankan pentingnya kredibilitas blogger ini. Kepercayaan pembaca pada kita adalah aset utama. Ketika kepercayaan hilang, maka hancurlah kita sebagai blogger. 

Sumber Foto: Blog Haya Aliya

 

Komentar

  1. Aku juga belajar banyak dari Mbak Haya. Waktu itu pernah ngintip tulisannya tentang tips kirim artikel ke majalah. Eh beneran keterima dong. Mau niru caranya buat ikut lomba juga ah

    BalasHapus
  2. Mau sering-sering mengunjungi blognya mbak Jaya juga ah, buat Blogger amatir kayak saya, ini penting buat belajar optimasi Blog, tfs mbak 🙏

    BalasHapus
  3. Mba Haya Aliya Zaki daebaaakk!
    Aku ikutan kelas Fun Blogging yg waktu itu diampu mba Haya, mba Shintaries dan mba Ani Berta.
    Sungguh ilmu yg mereka bagikan daging kabeh dah

    BalasHapus
  4. Saya nih masih suka keteteran di editing.Sudah sering pede eh ternyata pas dibaca, masih ada typo ... masih harus belajar banyak.

    BalasHapus
  5. Saya masih harus belajar deh nulis sesuai PUEBI tapi tetap nuansa tulisan tetap santai gitu gimana ya? Gitu...gimana...nggak. Contoh-contoh tidak sesuai PUEBI tapi masih banyak bertebaran di blog saya :)

    BalasHapus
  6. masalah typo ini aku sering banget, tapi sekarang udah mulai belajar baca ulang berkali-kali nih

    BalasHapus
  7. Keren memang deh Mbak Haya ini. Aku permah ikutan tips menulis blog ala mbak Haya di Plaza Festival, udah lama banget. Bener,.katanya konten itu segalanya deh, yang utama gituh. Tiap blogger memiliki ciri khas penulisan yg berbeda. Thanks tipsnya ya mbak.

    BalasHapus
  8. Masih banyak banget PR untuk membuat tulisan di blog yang enak dibaca kayak punya mba Haya...Kalimat panjang itu susah banget aku nguranginnya.

    BalasHapus
  9. Keren Mbak Haya, banyak ilmu daging yang bisa kita teladani dan adopsi. beneran memang konten dahsyat itu akan membuat kita istimewa menjadi blogger, content is the king.

    BalasHapus
  10. Untuk aku yang masih terus belajar nih penting banget deh 13 tips ini dan aku lebih senang best on experiences sendiri sebenarnya sih mbak.

    BalasHapus
  11. Sepakat banget kalau nulis panjang tapi jangan melebar. Bener harus fokus ke tema utama apa yang akan ditulis

    BalasHapus
  12. Blogger idolaku, hehehe. Aku selalu takjub sama gaya menulis Mbak Haya yang santuy tapi enak dibaca, renyah sekaligus sangat informatif. Pengin praktekin lagi ilmu menulis yang pernah beliau share, termasuk yang 13 poin ini, biar punya gaya tersendiri dalam menulis.

    BalasHapus
  13. Sepakat sama tipsnya mba Haya. Dari 13 tips kayaknya cuma no 9 dan 11 yang belum saya lakukan. Saya nulis ya berdasarkan percakapan sehari2. Semoga saja pembaca saya ga pusing ya, Mba xixixi

    BalasHapus
  14. Makasih sharingnya mbak.. jadi belajar lagi nih bagaimana membuat konten yang baik dan berkualitas :)

    BalasHapus
  15. Tengkyu dah berbagi tips yang didapat mbak.
    Btw iya nih baru2 ini aku nemu bloger tulisannya ada yang sama, walau gak persis tapi ide per-paragrafnya sama, aku jd prihatin.
    Semoga kita semua dihindarkan dari dosa memplagiat tulisan org lain dan tetap semangat menulisdengan pede apa yg ada dalam pikiran kita yaa

    BalasHapus
  16. Mbak Haya idolaku. Keren banget emang tulisan-tulisannya, Mbak Haya. Salut juga sama produktivitasnya.

    BalasHapus
  17. Suka salut sama yang bisa konsisten menulis dengan konten yang variatif dan bahasa gak ngebosenin. Karena sulitnya menulis ini...jangan main copas doonk yaa..
    Harus menghargai hasil karya orang lain.

    BalasHapus
  18. Wahh mbk Haya ini salah satu Blogger favorit sejak awal ngeblog tahun 2009 sampai sekarang. Banyak belajar dari tulisan mbk Haya. Makasih mbk tips nya

    BalasHapus
  19. Bener banget ya mba... swa sunting itu yang penting banget, tapi ya gitu deh kadang karena tuntutan deadline jadinya langsung posting dan lupa edit lagi... Hiihi... Harus makin semangat lagi nih

    BalasHapus
  20. Aku masih terus dan terus belajar. Apalagi untuk membuat soft selling

    BalasHapus
  21. nah..swa sunting ini katamya perlu didiemin dulu tulisan, tapi selalu gak sabar buat publish.ntar udah publish baru keliatan salah..baru edit lagi..

    BalasHapus
  22. Makasih Mbak ❤ Pantesan aja ya nama Mbak Haya tuh di mana-mana ada 😂 triknya banyak banget je

    BalasHapus
  23. Keren ya, Mba Haya. Setuju mba, saat kepercayaan luntur ya, susah juga mendapat kepercayaan baru. Karenanya penting banget ya mba untuk tetap jujur.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Modal Utama Menulis dari Naning Pranoto