Ulasan Komik Islami Imaduddin Zanki

Halo Kawan,

Siapa yang suka baca komik islami?

Ya, belakangan ini komik Islami memang makin gencar penerbitannya. Ada yang diterbitkan secara indie dan dijual dengan sistem komisi, adapula diterbitkan penerbit mayor. 

Mengulas Komik Islami Imaduddin Zanki

Sebut saja komik Pengen Jadi Baik karya SQU yang mengajarkan nilai-nilai islami secara sederhana namun menyentuh lewat tokohnya sebuah keluarga yang terdiri dari Papa K, Mama K, dan Kevin. Komik Pengen jadi Baik terbitan Wake Up Studio ini laris di pasaran lho terdiri dari banyak seri yang sudah dicetak ulang berkali-kali. 

Terus, ada juga Komik laris Real Masjid yang juga sudah terbit berseri-seri karya Tony Trax dari Yogya yang produktif banget. Terus, ada juga seri antologi Comus alias Comic Muslimah berisi kisah-kisah Islami karya para komikus muslimah muda dari penerbit Ihsan Media Tangerang. Keren, ya! 

Hal ini tentu harus kita sambut gembira, bagaimana komik Islami berbagai tema banyak menarik minat pembaca muslim baik anak-anak atau dewasa di Indonesia.

Kali ini aku ingin mengulas tentang Komik Islami berjudul Imaduddin Zanki. Komik grafis karya Handri Satria dan Sayf Muhammad Isa serta Papillon Studio ini diterbitkan oleh Penerbit Salsabila dari Pustaka Al Kautsar Grup Jakarta. Komik ini masih ada kaitannya dengan serial Komik pahlawan pembebas Palestina, Shalahuddin Al Ayyubi yang juga diterbitkan Penerbit Salsabila dan terdiri dari enam seri.

Imaduddin Zanki adalah putera Aq Sunqur Al-Hajib, Gubernur Aleppo yang merupakan orang kepercayaan Sultan Malik Syah. Komik ini menceritakan bagaimana ayahnya Aq Sunqur terbunuh dan Imaduddin Zanki terpaksa tumbuh besar tanpa Ayah.


Mengulas Komik Islami Imaduddin Zanki


Ia bahkan hidup dalam pelarian bersama ibunya agar keselamatan keluarganya terjaga. Ia dibawa pergi dan disembunyikan oleh Ekrem ajudan ayahnya yang setia di Mosul. Imaduddin yang baru berusia 10 tahun itu diasuh oleh Paman Kerbogha. 

Ia dilatih menggunakan pedang dan bela diri olehnya. Komik ini menceritakan tentang kisah Imaduddin Zanki sebelum pecahnya perang salib.

Imaduddin Zanki tumbuh menjadi orang yang bijaksana, tangguh, dan selalu menjaga salatnya. Saat dewasa, ia diangkat menjadi Amir Mosul. Ia juga berperan melawan pasukan salib bersama Shalahuddin Al Ayyubi.

Mengulas Komik Islami Imaduddin Zanki

Komik setebal 163 halaman ini menarik untuk dibaca. Pembaca jadi bertambah pengetahuannya tentang pahlawan muslim yang berjuang di jalan Allah. Ilustrasinya pun menarik dan indah menggambarkan suasana peperangan zaman dahulu. 

Baca Juga: Nita Candra Ilustrator Autodidak

Tertarik membacanya? Kalian bisa membeli komik islam Imaduddin Zanki seharga Rp73.000 di Papillon Komik Shop di Shopee. Toko komik ini dimiliki oleh Papillon Studio, studio komik di Semarang yang juga memproduksi komik Imaduddin Zanki. Kalau kalian tinggal di Semarang bisa lho main ke toko komiknya di Klipang sekalian silaturahmi dengan kru Papillon Studio ya. Oh iya, Kalian juga bisa membeli beragam tipe Pen Tablet untuk menggambar di sana.

Mengulas Komik Islami Imaduddin Zanki
Foto: Papillon Studio Semarang

Studio komik dan ilustrasi 
Papillon Studio Semarang  mempunyai fokus dalam memproduksi ilustrasi 2D, komik, 2D game assets, dan karikatur

Studio komik dan ilustrasi yang beralamat di Jalan Klipang Golf  View, Ruko no B3, Semarang ini, ternyata sudah menghasilkan puluhan komik sejak berdiri tahun 2002. 

Tahun 2020 mereka mulai merambah dunia komik Islami dengan menggandeng Handri Satria dan Sayf Muhammad Isa. Mereka juga sedang menggarap komik anak islami berjudul Aisha Tomodachi di Webtoon.

Papillon Studio digawangi banyak personil aktif diantaranya Burhan Arif aka Han, Fajar Buana, Alfa Robbi, Anang Setyawan aka Rin, Aryo Anggoro dll.

Komik karya mereka antara lain Odd Bugs, Sing Bahu Rekso di Webtoon, dan Misteri Boneka Kematian, komik pertama mereka yang diterbitkan Elex Komputindo yang dicetak 1400 eksemplar. Komik Mak Irits yang hits karya Rahmi Aziza,  sudah dibukukan  juga diproduksi oleh Papillon Studio, lho.

Selain menggarap komik untuk penerbit lokal, mereka juga mendapatkan pesanan komik dari luar negeri. Seperti Voltron Force untuk VIZ Media, Supa Strika untuk Strika Entertainment di Afrika Selatan. 

Selain membuat komik, Papillon Studio juga banyak diundang untuk mengisi workshop komik baik tatap muka atau daring seperti yang diadakan oleh beberapa kampus dan sekolah di Semarang, serta mengikuti pameran komik di Jakarta dan kota lainnya

Banyak pilihan komik Islami yang menarik untuk dibaca mulai dari Komik Shalahuddin Al Ayyubi hingga Komik Real Masjid edisi terbaru di Papillon Komik Shop.  Pelayanan tokonya pun cepat, ramah, serta amanah. Yuk, borong komik islami di Papillon Komik Shop.

 

Komentar

  1. Aku mau coba liat2 ah ntr. Buku2 komik gini, anakku yg LBH suka, mungkin Krn ditulis dalam bentuk gambar, jadi buat anak2 lebih mudah dimengerti yaaa, daripada bentuk tulisan .. Apalagi kalo berbau islami, aku pribadi lebih tenang kalo membelikan anak2 buku bacaan yg berbau agama

    BalasHapus
  2. Anakku nih suka banget baca komik kalau aku dulu paling shinchan sii ternyata ada seru ya dari Papilon thanks referensinya kak bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  3. Wahh.. maasyaaAllah.
    Sebagai pengemar komik aku ikut senang, bahagia sekaligus bersyukur akan komik-komik Islami yang bermekaran dimana-mana.

    Aku sudah lihat toko Papillon Komik Shop.
    Buku-bukunya menggoda iman dan kantong sekali 😍

    BalasHapus
  4. komik yang menarik dan sesuai dengan budaya ketimuran, akhlak terjaga dan dapat belajar agama dengan menyenangkan. Cocok buat bacaan anak bangsa nih

    BalasHapus
  5. Di rumahku masih miskin komik Islami. Anak-anak kalau beli komik, komiknya kayak Naruto gitu haha. Perlu nih dibeliin Komik Islami dari Papillon Studio ini. Biar belajar nilai-nilai Islamnya bukan dari buku pelajaran atau novel-novel anak saja. Apalagi Aisyah sukanya buku jenis komik, pas lah ya. Terima kasih informasinya mbak Dew.

    BalasHapus
  6. Keren sekali sepak terjang Papillon Studio ini :) Pesanannya sampai ke luar negeri ya. Ini yang teranyar komik islami Imaduddin Zanki cocok dibaca anak2, remaja dan dewasa terutama cowok ya hehehe biasanya demen tema seperti ini. Harganya 73K terjangkau lah. Biar generasi muda zaman now bisa tau kisah2 islami sekaligus nambah wawasan sejarah dan budaya.

    BalasHapus
  7. ih tebal juga ya 163 halaman. Kalau baca cerit atokoh-tokoh islam itu pasti diawali dengan kisah kedua orangtuanya dibunuh oleh pasukkan penguasa yang zalim macam Bilal, Ali. Jadi penasaran baca bukunya deh.

    BalasHapus
  8. Sebagai orang muslim pasti bangga ya melihat kemajuan ini. Jadi pengen koleksi juga buat nak anak

    BalasHapus
  9. Suka nih sama bacaan kayak gini, komik yg berbobot dan cocok bgt buat anak2 yg menjelang remaja

    BalasHapus
  10. Ini keren banget sih Semarang udah ada, salut banget. Papilon tuh sebenanrnya punya suami mba Rahmi bukan si teh? Aku suka banget karakter mak Iritnya mba Rahmi. Bikin ngakak terus apalagi komik islami imaddin zanki, jadi penasaran

    BalasHapus
  11. Enak banget ada studio komik yang bisa dijadikan referensi membaca. Jauh banget ya... 😟

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    Anak-anak akan senang sekali membaca buku, karena divisualisasikan menjadi komik.
    Semoga dengan contoh tokoh-tokoh islami, generasi anak masa kini bisa semakin kuat dan berdaya juang.

    BalasHapus
  13. wah keren ada komik islami untuk mengajarkan nilai-nilai Islami pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan. sukses terus untuk Papillon studio :)

    BalasHapus
  14. Anak sulungku suka baca dan gambar komik...pas nih kalau beli komik Islami Imaduddin Zanki. Pasti akan bertambah pengetahuannya tentang pahlawan muslim yang berjuang di jalan Allah.
    Menarik sekali ini, Ilustrasinya indah menggambarkan suasana peperangan zaman dahulu bikin anak suka pasti

    BalasHapus
  15. Wah asik juga nih ada komik Islami. Dulu sewaktu smp-sma sempat suka baca komik (manga). Keren nih tapi komik Islaminya, jadi bisa nambah wawasan ttg Islamic hero.

    BalasHapus
  16. Wah, bagus nih komik islami yang menceritakan sejarah. Jadi, baca komik, sekaligus belajar sejarah islam.

    Seperti halnya kisah Imaduddin Zanki ini. Tentunya masa kecilnya dalam keadaan bahaya, karena sampai harus disembunyikan. Beruntungnya, dilatih bela diri oleh pamannya. Sehingga pada pecah perang salib bisa bergabung dengan Salahuddin Al Ayyubi.

    BalasHapus
  17. Yang punya anak kecil bisa merapat ke sini nih, apalagi yang hobi baca komik bisa banget miliki komik ini. Salam sukses deh buat Papillon Studio setia melayani penerbitan komik Islami.

    BalasHapus
  18. Saya sekarang lebih suka baca komik. Kayaknya jadi lebih mudah menangkap ceritanya kalau ada ilustrasi. Gak bikin mengantuk saat membacanya. Pasti menarik nih isinya

    BalasHapus
  19. Ramah dan Amanah!
    2 kata kunci untuk pelayanan.

    Biasanya pelanggan akan susah move on, kalau 2 kata kunci ini sudah jadi bagian dari strategi marketing.
    Siap-siap jadi kesayangan pelanggan dan calonpelanggan nih Papillon Komik Shop!

    BalasHapus
  20. Wah ada juga komik islami, bisa memperkaya rak buku di rumah nih. Apalagi isinya tokoh2 islam yang penting di ketahui anak..

    BalasHapus
  21. Wah keren produksi komik sendiri gak hanya utk dalam tapi juga pesanan luar negeri ya?
    Kebetulan anakku yg kedua suka sekali gambar2 komik.
    Tdk banyak yg bikin komik religi Islam. Pdhl anak2 kalau baca komik biasanya lbh tertarik ya, apalagi kalau temanya soal sejarah. Biar anaknya gak cuma kenal spiderman tapi kenal tokoh muslim yg terkenal
    TFS infonya mbak :D

    BalasHapus
  22. Ah jadi ingat dulu pernah berkunjung ke studio Papillon. Banyak juga ya komik yang udah diterbitkan oleh Papillon. Tanya dong mbak, apakah Papillon menerima anak magang, hehehe

    BalasHapus
  23. Senang ya mbak, sekarang sudah banyak komik islam yang membahas para sahabat nabi
    anak jadi punya bacaan yg bagus dan belajar agama juga

    BalasHapus
  24. Wah, banyak juga nih referensi komik Islaminya. Pertanda bagus kan, karena banyak yang suka komik dengan gambar yang memukau. Lalu pesan yang terkandung dalam bacaannya bisa tersampaikan secara menarik kepada para pembacanya. Semakin menambah pengetahuan dan wawasan tentang agama tentunya ya mba..

    BalasHapus
  25. Semoga komik Indonesia semakin berkembang dan mendunia. Harapannya, dengan mengajukan tema tokoh-tokoh Islami, banyak anak muda yang mengenal dan meneladani berbagai kebaikan bernilai Islami.

    Barakallahu fiikum, Papillon Studio Semarang.

    BalasHapus
  26. Komiknya edukatif banget yak, bagus nih buat nambah pengetahuan. Anak-anak pun pasti suka kalau model bacaan bergambar begini, khususnya anak saya yang masih kecil-kecil. Sekarang saya juga mulai koleksi komik Islami seri pesantren. Harapannya agar DuoNaj ada yang tertarik masuk pesantren. Tapi belum berhasil sih, belum ada yang minat. Cuma seneng aja baca komiknya karena menurut mereka seru juga kehidupan pesantren. Tapi lebih seru sama Ibuk, begitu katanya, haha.

    BalasHapus
  27. Wah, kalo sudah 163 halaman, kayaknya Athifah belum habis baca bukunya nih, padahal menarik yah. Moga nanti ada komik yang satu tema atau tipis aja deh, hehehe

    BalasHapus
  28. Seru banget Mbak aku belum punya komik ini dan dulu sempat mengkoleksi komik komik islami untuk anak sulungku dan sekarang ingin beli lagi deh

    BalasHapus
  29. Asyik banget nih, ada referensi komik-komik lokal yang nuansanya islami. Supaya jangan komik luar terus yang mendominasi. Karya-karya mereka tuh bisa didapat secara online lagi kan, praktis.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

GPC Talk: Tips & Trik Menang Lomba GLN Kemdikbud dari Iwok Abqary

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah