4 Tips Lancar Menulis dari Dee Lestari

Halo Kawan,

Beberapa waktu lalu, aku mengikuti webinar @satu_indonesia di YouTube dan mendapat ilmu yang mahal dari Ibu Suri Dee Lestari.


Tips Lancar Menulis Dee Lestari

Siapa sih yang tak kenal Dee Lestari, novelis produktif yang kondang dengan novel-novel larisnya di Indonesia?


Penulis kelahiran Bandung 20 Januari 1976 terlahir dengan nama Dewi Lestari Simangunsong, sebelumnya dikenal sebagai anggota grup RSD yang beranggotakan tiga perempuan, Rida, Sita dan Dewi. 


Baca Juga: Tips Menulis Cerita Anak


Ia menerbitkan novel pertamanya Kesatria, Puteri dan Bintang Jatuh pada 2001. Dilanjutkan dengan serial Supernova yang fenomenal dan melambungkan namanya ke jajaran penulis papan atas Indonesia. 


Buku terbarunya Aroma Karsa yang diterbitkan Bentang Pustaka tahun 2018 dinobatkan menjadi Book of The Year 2018. Keren banget! 


Menurut Dee, cerita yang berhasil itu adalah cerita yang berhasil memikat dan mengikat pembaca. Duh, semoga suatu saat nanti aku bisa menulis buku yang masuk kategori memikat dan mengikat pembaca ya, aamiin!


Dalam acara live di akun Youtube Satu Indonesia ini Dee membagikan kiat-kiat agar kita bisa lancar mengungkapkan pemikiran dan perasaan lewat tulisan.


Menurut Dee, Tak semua orang ingin jadi penulis profesional. Nggak apa-apa. Menjadi penulis bukanlah jalan ninja semua orang. 


Tapi, dengan memiliki kemampuan menulis dapat membawa kita jauh.


Berguna di berbagai bidang, 

berguna di berbagai saluran kreativitas. 


Ya, keterampilan menulis bisa membantu kalian dalam kehidupan. Anak sekolah dan mahasiswa yang bisa menulis akan lebih mudah mengerjakan tugas-tugasnya. 


Pekerja kantoran akan lebih mudah menyelesaikan tugas laporannya. Ibu rumah tangga bisa berkarya dengan menulis blognya. 


Seseorang akan lebih mudah mengungkapkan pemikiran dan perasaannya jika punya keterampilan menulis.


Jadi, miliki kemampuan menulis. Tidak perlu jadi penulis pro, tapi menulis adalah suatu kemampuan penting yang harus dipelihara. Menulis akan menjadi bekal yang sangat berguna untuk masa depanmu. Setuju?


Baca Juga: 7 Modal Menulis


Nah, Bagaimana melatih kemampuan menulismu? Mbak Dee Lestari memberi 4 Tips Menulis Lancar, simak yuk!


A.Rutin lakukan 5 Mmm setiap hari.


Kalau Kai EXO punya lagu terbaru Mmmh, Nah, Ibu Suri punya metode 5 Mmm yaitu 5 menit menulis mengalir. 


Tips Lancar Menulis Dee Lestari
Mari menulis setiap hari

Menulis itu seperti otot yang perlu dilatih. Lakukan 5 Mmm. Usahakan menulis tiap hari selama lima menit tanpa berhenti. Tulislah apa saja yang melintas di pikiranmu, apapun perasaanmu ataupun apa saja yang kamu lihat. Bebaskan. 


B.Menyusun mini project


Sudah rutin 5 Mmm? Tantanglah dirimu lebih jauh. Kejar jam terbang. Kamu bisa dikatakan sukses ketika kamu berhasil tamat menulis, menghasilkan suatu gagasan dalam bentuk artikel, novel apa saja.


Buatlah sebuah dengan mini project yang memiliki satu tujuan atau target. Misalnya, kamu akan  menulis artikel 1500 kata di blog dengan tema feature peraih Indonesia Satu Award dalam waktu seminggu.


Maka, mulailah ritual menulis yang rutin. Atur jadwal menulis setiap hari di jam yang sama untuk membangun writing habit. Sehari misalnya harus menulis 200 kata.


C. Berbagi


Setelah mini project kamu selesai, beri selamat pada dirimu karena sudah sukses melalui satu tahapan. Langkah lainnya, berbagilah tulisanmu dengan yang lain caranya? 


Jika kamu menulis feature tersebut diatas, ayo Ikut lomba Anugerah Pewarta Astra, minta pendapat temanmu tentang artikelmu. Tak usah malu-malu. 


D. Mulailah dengan langkah kecil


Ya, Keep it small, nggak perlu memikirkan hal-hal gede jika itu bikin kamu makin  terintimidasi misalnya bikin novel fantasi 300 halaman, lebih baik membuat target kecil dan Keep it Going, lakukan dengan konsisten.


Keep it small,

Keep it Going


Tidak ada perbuatan besar, yang ada adalah perbuatan kecil yang dilakukan dengan setia. 


Semoga tulisan ini bermanfaat, ya. Ayo, menulis, Kawan!






Komentar

  1. masuk banget mba...makasih...

    BalasHapus
  2. Wah, 5 Mmm, ya... Mantra yg sakti, ada dorongan yg kuat semacam sugesti saat membacanya: 5 menit menulis mengalir... Saya suka dan jadi tergerak rasanya. Terima kasih, mbak Dew, sudah menuliskan ini.

    BalasHapus
  3. Baca tips ini jadi semangat buat nulis lagi.. Wajib banget nyoba 5 MMM.. Terima kasih mba.. 😊

    BalasHapus
  4. makasi mak udah berbagi tips lancar menulis dari dee lestari, wajib sekali nyobain 5MMMMM ini ya biar maksimal lancar nulis nya

    BalasHapus
  5. Trims tipsnya mbak

    BalasHapus
  6. aku suka tipsnya mba... keep it small, keep it going! Bener bangeet tuh. seringkali kita inginnya langsung BIG malah jadi ngga mulai - mulai

    BalasHapus
  7. Terima kasih tipsnya, Mbak. Aku coba dari 5 mmm ah. Mulai dari yang kecil dulu yaaa, abis itu bikin mini project. Semoga bisa bikin makin lancar nulis.

    BalasHapus
  8. Tipsnya mudah dilakukan, ya, asal mau konsisten aja. Aku belum pernah nyoba, sih, yang 5 mmm. Kayaknya seru juga nih menantang diri sendiri untuk bisa menulis selama 5 menit tanpa berhenti. Yang pasti ini sih harus dilakukan ketika suasana rumah sudah tenang, semua sudah pada tidur. Haha.

    BalasHapus
  9. Keren ini pendapatnya ...

    Menurut Dee, Tak semua orang ingin jadi penulis profesional. Nggak apa-apa. Menjadi penulis bukanlah jalan ninja semua orang.

    Tapi, dengan memiliki kemampuan menulis dapat membawa kita jauh.


    Berguna di berbagai bidang,

    berguna di berbagai saluran kreativitas.



    Saya sukaaa.

    Memang gak perlu jadi penulis profesional tapi kemampuan menulis tetaplah penting. Nah saya pernah nih tulis review dari sebuah buku. Seorang profesor menyatakan pentingnya kemampuan menulis, apapun jurusan yang dipilih.

    BalasHapus
  10. Jadi semangat menulis lagi nih apalagi tipsnya dari mbak Dewi lestari, penulis favorit aku mbak...

    BalasHapus
  11. Untuuung mampir sini!
    Dedew ga ngajarin mbak Dee buat bikin ANAK KOS DODOL juga hehehheheh

    setuju nih, "Lebih baik membuat target kecil dan Keep it Going, lakukan dengan konsisten.


    Keep it small,

    Keep it Going


    Tidak ada perbuatan besar, adanya perbuatan kecil yang dilakukan dengan setia.

    thankyouuuuu

    BalasHapus
  12. Aku juga baca nih 3 seri pertamnya Supernova waktu itu, setelahnya belum baca tulisan Dee lagi. Aku dong yang gak mau jadi pemulis profesional, maunya baca aja deh

    BalasHapus
  13. Wah untung dibagikan di sini tips dari Dee..aku penikmat karyanya. Dan tipsnya bermanfaat sekali..Suka banget dengan ini: usahakan menulis tiap hari selama lima menit tanpa berhenti. Tulislah apa saja yang melintas di pikiranmu, apapun perasaanmu ataupun apa saja yang kamu lihat. Bebaskan. Baiklah, mesti dicoba ini!

    BalasHapus
  14. 5 menit menulis mengalir. Nampaknya mudah ya, meluangkan waktu 5 menit dari 24 jam yang kita miliki. Tapi emang sih buat saya, masih susah buat konsisten, apalagi menulis di jam yang sama setiap hari

    BalasHapus
  15. Salah satu penulis yang gaya penulisnya menarik diikuti... semoga bisa mengikuti triknya

    BalasHapus
  16. semua memabg harus latihan yaa biar bagus hasilnya. ga perlu pro tp tetep bakalan bagus yaa kalau dilatih tiap hari. aku oengen bikin cerpen belum pede euuyy

    BalasHapus
  17. Disebut KAI aku langsung bergetaar, hahhaa...
    5 Mmm yang harus dilakukan agar terbiasa menulis, menuangkan ide dan melatih kebiasaan setiap hari.
    Kak Dew........haturnuhun semangatnya.

    BalasHapus
  18. Kan kucoba 5 Mmm, terima kasih banyak tipsnya. Mari Bebaskan...

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah

Apa Beda Menulis Novel Cetak dan Novel Online? Temukan Ulasannya di Sini!

6 Tips Menulis Cerita Anak Yang Seru