Bikin Ketawa, Buku Komedi Komunitas IIDN Yang Menggelitik Hati

Halo Kawan,

Bulan kasih sayang, Februari sudah tiba. Berapa target tulisan yang dibuat bulan ini? Hehe. Tahu tidak, hatiku sedang berbunga-bunga nih, Kawan. Alhamdulillah, kelas menulis feature dan kelas ngeblog untuk pemula batch 3 sudah berjalan lancar. Terus, aku mendapat buku bukti terbit antologi cerita lucu Ibu-Ibu Doyan Nulis berjudul Bikin Ketawa yang diterbitkan Wonderland Publisher. Iyaa, bukunya sudah terbit, horee! 


Bikin Ketawa, Buku Komedi Komunitas IIDN Yang Menggelitik Hati

Pertengahan tahun lalu, aku dicolek Mbak Widyanti Yuliandari, Ketua Umum IIDN yang keren ini untuk mengisi kelas menulis cerita lucu bersama IIDN. Ya, menurut Mbak Wid, IIDN ingin membuat buku komedi yang ringan dan segar bertema keluarga untuk menceriakan hari-hari para pembaca setia buku-buku IIDN di masa sulit ini. 

Baca Juga: Life as Divorcee Karya Virly

Oh iya, Pasti sudah banyak yang mengenal Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis yang memiliki puluhan ribu anggota dari berbagai daerah di Indonesia bahkan luar negeri. IIDN makin cling saja nih kegiatannya baik secara daring dan offline

Mereka telah bekerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah dan perusahaan untuk berbagai kampanye. IIDN juga produktif menelurkan beberapa buku antologi yang berkualitas diantaranya Pulih dan Single, Strong and Sparkling. Keren, ya!

Saat Mbak Wid mengajakku, sempat terbersit kekhawatiran untuk mengisi kelas menulis cerita kocak ini. Hm, bisa tidak ya aku menularkan ilmu menulis cerita kocak pada para peserta? Hehe. Walaupun dikenal sebagai penulis cerita komedi aku belum pernah mengajar kelas khusus untuk cerita lucu. Aku juga belajar menulis secara otodidak.

Tapi, kalau ditolak sayang juga ya kesempatan untuk berbagi ilmu lewat begitu saja? Akhirnya, memberanikan diri deh, menyanggupi untuk mengisi kelas ini. Akhirnya, tanggal 15 Juli 2020 aku mengisi kelas menulis cerita lucu secara online di grup WA khusus. 

Ternyata, pesertanya cukup banyak, semuanya perempuan dari berbagai kota dan latar belakang. Semuanya antusias, duh pengajarnya makin semangat ini.

Aku berbagi tips tentang bagaimana mencari ide menulis cerita lucu, bagaimana mengolah ide dan penulisan cerita agar lebih kocak. Tahu tidak, kalau ide cerita lucu bisa kita dapatkan dari pengalaman sehari-hari kita bersama keluarga, dari media sosial dan sumber lainnya. Jadi tak ada ceritanya nggak punya ide! Ide sederhana pun bisa jadi menarik jika dikemas apik.


Bikin Ketawa, Buku Komedi Komunitas IIDN Yang Menggelitik Hati

Setelah memberikan materi, aku pun memberi PR untuk teman-teman agar mempraktekkan tips yang kubagikan. Serunya lagi, ternyata IIDN membuka seleksi untuk ikut buku antologi cerita lucu yang akan diterbitkan IIDN. Jadi, peserta kelas menulis ini bisa sekalian mengikuti seleksi.

Oh iya, setelah kelas menulis ini selesai aku diajak Mbak Widya untuk membantu seleksi cerita untuk buku komedi IIDN bersama PJ dari IIDN yaitu Mbak Fitria Rahma. 

Proses pemilihan cerita itu cukup seru dan bikin bingung karena kami hanya bisa memasukkan 15 cerita ke dalam satu buku. Duh, duh ceritanya seru-seru ini bagaimana bisa memilih?

Alhamdulillah, akhirnya kami bisa memilih 15 cerita dari 15 penulis perempuan IIDN. Alhamdulillah, aku bisa ikutan menulis satu cerita berjudul Men Sana in Corpore Sano, Dalam Tubuh Yang Kuat Terdapat Mental Mamak Yang Tabah. Ceritanya tentang pengalamanku bersama anak-anak dan suami ingin giat berolahraga. Apakah berhasil? Semoga kalian terhibur ya membaca kisahku! Hehe. 

Baca Juga: Manfaat Membaca Cerita Bergambar

Apa saja cerita dalam buku ini? Aku akan bahas beberapa kisah kocaknya ya. Ada cerita dari Muna Sungkar, seorang blogger dan dosen PTN di Semarang berjudul Nyasar Cantik di Singapura, tentang sebuah keluarga kecil yang nyasar di negara tetangga karena pengen mengirit bujet liburan. Membaca ceritanya jadi kasihan banget pada nasib sang suami, Irvan, hahaha.

Terus, ada kisah kocak dari Marie Julie Simbolon, yang akrab disapa Marjul. Perempuan kelahiran Pematang Siantar ini menulis kisah tentang Erika dan Mamak yang malam-malam harus mencari gedebok pisang untuk tugas sekolah! Mana cari gedeboknya di kompleks pemakaman pula! 

Asli, cerita ini bikin ngakak. Membaca keseruan Erika dan Mamaknya yang merepet, “Erika! Naik sasak Mamak kau bikin ya!” Hihi. Marjul, cerita-cerita Erika dan Mamaknya ini bisa lho dibikin satu buku solo. Semangat!

Cerita lainnya yang juga bikin ngakak adalah Daster Kesayangan karya Rose Rose, nama pena unik dari Mbak Ida Rosida dari Bandung. Cerita ini relate banget sama kehidupan para perempuan Indonesia yang lengket banget dengan daster kucelnya. Makin kucel, makin nyaman.

Hayo, siapa yang punya prinsip sama? Hihi. Tak disangka kesukaan sang tokoh cerita pada daster kesayangannya membawa kemalangan *halah, padanya. Apa yang terjadi ketika seorang tamu datang ke rumah mereka untuk mencari sang suami?

Penasaran? Hihi, makanya ayo dong pada beli bukunya ya! Cerita lainnya juga tak kalah kocak. Ada cerita berjudul Mengompol dari Nitis Sahpeni, Telur Ayam dari Rani R. Tyas, Koki Cilik dari Wida Ariesi, Kapal Minyak karya Hartari, hingga Misteri Sandal Hilang dari Sri Widyaningsih. Semuanya bikin penasaran, kan! Jangan lupa beli bukunya ya. Cara ordernya bisa intip Instagram IIDN ya! Selamat membaca, Kawan!

Buku Bikin Ketawa

Antologi Cerita Lucu IIDN

Jumlah Halaman: 110 Halaman

Penulis: 16 Penulis IIDN

Penyunting: Fitria Rahma

Penerbit: Wonderland Publishing

Tahun Terbit: 2021

Harga: Rp80.000,-

 

 

 

Komentar

  1. Hahhaaa, itu yang nyari gedebug pisang di komplek pemakaman bikin ngikik juga. Kbayang tuh kadang tugas sekolah suka aneh2 deh. Seru yaa, cerita yang related dengan sehari=hari pastinya kalo dituliskan bikin ngakak, semacam buat hiburaan.
    Sukses buat bukunya yaa.

    BalasHapus
  2. Wah aku jadi gak sabar pengen baca bukunya, aku soalnya sudah pesan lewat mbak Muna. Baca sekilas dari sini jadi malah penasaran sekali, pengen tau kelanjutannya.

    BalasHapus
  3. salah satu buku yang harus dibaca karena bisa membuat pikiran lebih waras karena menggelitik ya buku Bikin Ketawa ini

    BalasHapus
  4. Sepertinya ini salah satu buku rekomendasi di 2021 untuk dibaca agar terhibur dan ngikik-ngiki sendiri ya Mbak. Dalam situasi seperti sekarang emang perlu buku komedi yang cerdas seperti ini

    BalasHapus
  5. Mbak Dedew ... masya Allah luar biasa ... cara menggali cerita lucu itu kan harus ada triknya. Masya Allah bisa diajarkan lagi sampai buat buku dengan anggota IIDN. Mantap. Sukses terus yaa.

    BalasHapus
  6. Menarik banget ini bukunya mbaaa...
    Ibu2 hebat produktif menulis. Dan ini bikin ketawa pula luar biasa 😍sukses bukunya yaa mba

    BalasHapus
  7. penasaraaan nih pastinya mbaaa... dan salut untuk semua ibu- ibu yang jagoan ini. SUkses bukunya ya mbaaa

    BalasHapus
  8. Harus punya nih bukunya. Penasaran dengan kekocakkan cerita-ceritanya. Apalagi yang cari gedebong pisang di kuburan, duh demi tugas sekolah.

    BalasHapus
  9. Membaca kutipan ini saja: “Erika! Naik sasak Mamak kau bikin ya!” sudah kebayang gimana isi buku ini. Pasti akan sukses bikin pembaca ngakak-ngakak sendiri

    BalasHapus
  10. Menurutu menulis buku yang temanya lucu gtu susah lho mbak, keren kalau yang nulis bisa bikin ketawa pembacanya :D
    Jd penasaran sama cerita2 apa aja yang terdapat di buku itu :D

    BalasHapus
  11. Buku yang recommended terutama di masa Pandemi ini, harus banget dibaca supaya tetap "waras" ya. Belum apa-apa aku pun udah dibikin ngakak karena kutipan Mamaknya Erika, haha.

    BalasHapus
  12. Judulnya saja sudah bikin ketawa ya dibacanya ...asyik banget nulis bareng pengajar dan yang diajar. Pasti menghibur nih buku. Apalagi diseleksi dulu oleh mentor yang keren baren IIDN!

    BalasHapus
  13. Seneng mba dah punya buku yg bikin pembaca happy apalagi bisa mengisi kelas menulis cerita lucu secara online di grup WA khusus.

    BalasHapus
  14. Salut sama para perempuan yang bisa menuangkan idenya dan jadi buku meskipun dari kumpulan kisah beberapa orang. Keren nih, angle pemilihan ceritanya berbeda-beda, mulai darinkeluarga, travelling, menulis dll. Semoga laris manis tanjung kimpul ya mbak Aamin

    BalasHapus
  15. Iyaa..
    Aku kangen sama cerita-cerita yang mengocok pertu ini yaa..
    Bikin happy pembaca karena yang nulis emak-emak juga, jadi related.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Dew, mashaAllah~
      Ilmu kepenulisannya sangat bermanfaat bagi semua sahabat IIDN.
      Semoga someday aku bisa menimba ilmu di kelas kak Dew.

      Hapus
  16. wah seru banget nih, aku ga pernah kepikiran nulis cerita komedi, pasti lebih sulit dari nulis cerita biasa yaaa.. Jadi pensaran sama buku komedi bikin ketawa ini nih..

    BalasHapus
  17. aku sudah lama banget nih mbak nggak baca buku komedi, kebanyakan buku parenting melulu nih, kayaknya wajib baca buku ini ya, bakal menghibur banget

    BalasHapus
  18. Cerita yg mamak Batak itu pasti lucuuuuu hahahaha. Baru sedikit diceritain aja udh ketawa aku bayangin :D.

    Jd pengen juga punya bukunya mba.. lagi kondisi gini, kita butuh buku yg isinya bisa bikin tertawa :D

    BalasHapus
  19. Wah IIDN terbitin buku komedi! Layak dibaca nih soalnya penulisnya pasti ok2 semua with good sense of humor, terutama kamu, Dew. Heheee...

    Penasaran ka mau baca.
    Order bukunya deh.

    BalasHapus
  20. wah penasaran niy pengen baca bukunya, pasti bikin ketawa beneran ya, soalnya saya suka segala sesuatu yang berkaitan dengan komedi

    BalasHapus
  21. Bakalan dibuat ketawa dengan ini buku pastinya diriku Teh Dew
    ah jadi penasaran banget dengan daster kucel wkkwkw. IIDN emang keren banget, selalu update dengan banyak tulisan.

    BalasHapus
  22. Aku suka baca novel, belakangan suka beli novel atau cerita yang lucu-lucu, biar hidup ini nggak spaneng gaesss.... Kebetulan buku ini aku belum punya, bisa jadi referensi nih saat belanja buku lucu bulan depan...

    BalasHapus
  23. Sayang sekali aku ketinggalan sesi dari mba Dew ini. Mudah2an lain kali bisa berjodoh dibimbing mba Dew menulis. Aamiin.. Semoga bukunya laris manis ya mba..

    BalasHapus
  24. Keren banget Mb Dedew, kapan-kapan maya mau ikutan ya. Semoga bukunya best seller ya

    BalasHapus
  25. Teteh nulis cerita otodidak aja bagus ya komedinya, aku kok suseh banget Teh nulis cerita gokil gitu. Selera humorku susah wkwk terdidik hidup serius dan keras kali ya. Semoga dengan membaca buku ini jadi punya inspirasi cerita kmedi nih.

    BalasHapus
  26. wah buat yang butuh asupan bacaan lucu, rekomended nih. oke deh, masuk list. eh 14 feb itu besok kan ya? uwaaaa wait me!

    BalasHapus
  27. Masih jadi misteri juga kenapa anak selalu bilangnya pas malam untuk tugas esok harinya. Hahaha.. Duh penasaran pengen baca nih

    BalasHapus
  28. Wih, selamat euy buat IIDN yg sudah menerbitkan buku baru. Keren!
    Btw, itu yg cerita daster kesayangan, apakah gara2 nyonya rumah dasternya kucel jadi pas ada tamu terus dikira pembantu?

    BalasHapus
  29. Segera memasukkan buku ini ke dream list koleksi buku.
    Secara thriller-nya banyak banget yang relate ke story harian emak versus anak-anak.
    Really can't wait ... ^^

    BalasHapus
  30. Aku jadi kepo nih sama bukunya. Kayanya bakal bikin pandemi jadi lebih berwarna ya. Wah, masih bisa order bukunya nih. Aku mau beli aah, biar bisa baca tulisan mbak Dedew dan mbak Muna.

    BalasHapus
  31. Ini bikin penasaran karena kalo jurinya Wuri, pasti gokil deh isi bukunya. Ada 15 cerita yang bisa bikin ngakak gini jadi kepo siapa aja penulis nya

    BalasHapus
  32. Jadi penasaran, ini ada diterbitkan versi ebook nya ga mba? aku pengen baca tapi lagi mengurangi beli versi cetak karena apartment ku yang mungil ini uda terlalu penuh buku2 hehehe

    BalasHapus
  33. Nggak rugi deh ikutan kelasnya tempo hari. Selain dapat ilmu nulis cerita lucu dari Mbak Dedew, akhirnya punya buku antologi lagi deh. Alhamdulillah... Terima kasih sharing-sharingnya, Mbak Dew. 😊

    BalasHapus
  34. Menulis cerita lucu, ternyata engga semudah yang dibayangkan. Tapi...setelah ikut kelasnya IIDN dengan mentor emak kos : Dedew, jadi lebih tercerahkan.

    BalasHapus
  35. Gemes sama cerita-cerita yang dispoiler teh Dew ih, semoga ada rejeki ntar bisa beli. Mau belajar juga gimana carana bikin cerita gokil dari sini.

    BalasHapus
  36. baca buku kayak gini bisa banget dilakukan buat self healing... ok deh masuk wishlist hehehe

    BalasHapus
  37. Wah, di tengah pandemi yang lagi pada sumpek bisa banget ya nyobain bacaan satu ini, itung-itung sebagai hiburan

    BalasHapus
  38. Asik banget ternyata yang berkontribusi atas cerita-cerita lucu itu para perempuan IIDN, keren-keren. Aku dulu pernah pengen coba nulis cerita lucu, tapi minder karena takut garing hahaha

    BalasHapus
  39. Menarik banget mbak Dedew bisa bersama-sama menulis cerita lucu bareng teman-teman penulis lainnya.. aku baca sepintas, pastinya cerita-ceritanya lucu-lucu dan mungkin relatable juga ya mbak. Duh siapa sih yang ngga pernah kebingungan cari gedebak pisang ataupun ingin diet dan sehat πŸ˜‚

    BalasHapus
  40. hwaaaa pengen baca bukunyaaa. mayan buat hiburan di kala spanengg πŸ˜‚

    BalasHapus
  41. Aku jadi penasaran pengen baca bukunya... Emang nyari banget yang bisa bikin ketawa 😁😁

    BalasHapus
  42. Bukunya kayaknya seru, pengen baca deh πŸ˜† dulu baca yang 'anak kos dodol' aja bisa ngikik ngikik karena relate bangeeeet... yg ini jg seru keknya versi emak emakπŸ˜‚

    BalasHapus
  43. Wah perlu punya nih bukunya, beneran lagi butuh bacaan yg bikin ketawa dan hati jadi gembira lagi, kapan 2 kalau ada kelas nulis lucu aku juga mau coba ikut ya Mbaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah

Apa Beda Menulis Novel Cetak dan Novel Online? Temukan Ulasannya di Sini!

6 Tips Menulis Cerita Anak Yang Seru