7 Manfaat Membaca Buku Cerita Bergambar Untuk Anak

Halo Kawan,

Semoga tetap semangat mengawali minggu ke tiga di bulan Januari, ya. Kali ini, aku ingin berbagi 7 manfaat membaca buku cerita bergambar untuk anak. 


7 Manfaat Membaca Buku Cerita Bergambar Untuk Anak
7 Manfaat Membaca Buku Cerita Bergambar Untuk Anak

Sering mendongeng untuk anak atau adikmu sebelum tidur? Kegiatan membacakan buku cerita bergambar atau membaca nyaring ini serupa tapi tak sama dengan mendongeng.

Kalau mendongeng, kita bisa menceritakan suatu dongeng tanpa buku cerita.


Sedangkan kalau membaca nyaring atau Read Aloud, kita membacakan buku bergambar untuk anak disertai pengucapan dan mimik yang sesuai dengan buku bacaan. 


Sudah tahu kan, membaca nyaring banyak manfaatnya untuk perkembangan anak? Kita bahas satu-persatu, yuk. 


1.Mengenal Buku


Tak kenal maka tak sayang berlaku juga untuk buku. Jika anak tak dikenalkan buku sejak dini, maka sulit bagi orang tua mengajak anak mencintai buku dan suka membaca.


7 Manfaat Membaca Buku Cerita Bergambar Untuk Anak
Kenalkan anak dengan buku sejak bayi 


Untuk itulah, setiap hari kita ajak anak-anak membaca nyaring. Luangkan waktu rutin sekitar 10 menit per hari. Bacakan buku cerita bergambar untuk mereka. Maka, mereka akan mengenal dan mencintai buku.


2. Menumbuhkan Minat Baca


Saat kita membacakan buku untuk anak, mereka akan memperhatikan gambar-gambar di buku, mendengarkan ceritanya dengan penuh minat. 


Ia akan penasaran untuk membuka-buka buku sendiri. Tak lama kemudian, anak akan bisa memilih buku sesuai minatnya misalnya tentang dinosaurus atau mobil. Ia jadi suka membaca buku!


3. Memperkaya Kosakata


Anak yang suka dibacakan buku, akan memiliki kosakata yang lebih banyak karena ia banyak mendengar berbagai cerita dari orang tuanya. 


4. Memperkaya Imajinasi


Kebiasaan suka membaca buku cerita bergambar juga terbukti mampu meningkatkan daya imajinasi anak. Anak terbiasa untuk berpikir out of the box, sehingga mampu memecahkan masalah yang dihadapinya dengan baik. 


5. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu


Ya, ternyata dengan membaca buku cerita, anak akan terpancing keingintahuannya akan berbagai hal.


Misalnya, kita membacakan buku tentang tukik, anak penyu yang menetas dari telur dan mencoba merangkak ke laut. Ia akan bertanya diluar dugaan misalnya kenapa ibu tukik tega meninggalkan anaknya sendiri? 

7 Manfaat Membaca Buku Cerita Bergambar Untuk Anak
Pilih buku cerita sesuai usia dan minat anak


Anak akan tertarik dengan kejadian alam lain di sekitarnya dan kita bisa memuaskan keingintahuannya dengan mengajaknya ke taman, mengamati kupu-kupu dan kumbang, memberi makan kelinci dan mengamati bagian-bagian bunga, misalnya. 


6.Meningkatkan Kemampuan Anak Berkomunikasi


Ya, membaca buku bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak. Perbendaharaan kata lebih banyak, sehingga ia bisa mengungkapkan keinginan dan pendapatnya dengan lebih lancar. 


7. Mempererat Bonding Anak dengan Orang Tua


Manfaat lain, kebiasaan membaca nyaring dan mendongeng dengan buku bergambar akan meningkatkan bonding atau ikatan orang tua dengan anak. 


Jadi, jangan lewatkan kesempatan emas untuk mempererat kasih sayang dengan anak lewat buku cerita. Usahakan bergantian ayah dan ibu ya membacakan buku biar anak dekat dengan kedua orang tuanya. 


Semoga berbagai artikel ini bermanfaat ya, Kawan! Selamat membacakan buku untuk anak, adik dan keponakan, semoga selalu sehat dan bahagia!

Komentar

  1. Terima kasih ilmunya kakak

    BalasHapus
  2. Semua manfaatnya suka banget aku Teh.
    Apalagi menumbuhkan imajinasi ini, semoga generasi sekarang makin melek literasi baca aamiin

    BalasHapus
  3. Cara2 di atas , itu yg dulu digunakan papa sampe kami akhirnya bisa cintaa banget Ama buku ;). Papa selalu rutin beliin buku cerita bergambar, apalagi tiap balik dr business trip ke luar negri. Nah buku2 yg dibawa itu menarik semua buat aku dan adek2 yg msh kecil waktu itu.

    Itu juga yg mau aku lakuin ke anak2ku mba. Beliin mereka buku stiap bulan, bacain cerita , dan si Kaka udh aku ksh tugas utk baca buku novel anak sebulan 1 buku. Supaya dia terbiasa utk rajin membaca :)

    BalasHapus
  4. Membacakan buku untuk anak memang sangat menyenangkan.
    Ibunya juga bisa ikut berimajinasi. Dan memasuki dunia anak ini sangat unik sekali. Membacakan cerita adalah salah satu cara paling mudah memperkuat bonding Ibu-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget, kak..
      Sekarang anak-anakku memasuki usia SD. Yang kecil masih aja suka baca buku bergambar. Tapi aku suka, sekarang gantian, mereka yang dongengin mamahnya.

      Hapus
  5. Saya suka membacakan buku untuk anak-anak. Efeknya bagus banget, selain utamanya bonding, kosakata anak pun bertambah dan mereka tuh jadi suka juga membaca buku.

    BalasHapus
  6. Membaca buku anak yang bergambar itu juga menyenangkan buatku, bisa buat menghilangkan jenuh. Saya perlu banget nih, memulai beli buku anak, buat nanti mengajarkan anak belajar baca.

    BalasHapus
  7. benar sekali mbak, membaca buku bergambar itu sangat menyenangkan, nggak hanya untuk anak anak, saya pun suka baca buku bergambar

    BalasHapus
  8. Jadi inget dulu sebelum gadget masif suka disuruh ponakan bacain cerita di majalah. Ga ada bosen-bosennya dia nyuruh bacain halaman yang sama. Akunya yang lelah dia yang ketawa. Walau bukan mamaknya emang kerasa jadi akrab sama ponakan. Ga berasa dia udah mau remaja aja hihihi duh time flies ya

    BalasHapus
  9. Setuju banget sm post ini. Aku sudah membuktikan 😄 anak yg sangat jarang dibacakan buku, jadi tidak kenal buku dan tidak menghargai buku. Sedih ketika melihat anak2 seperti itu dgn mudahnya merusak buku yg dihadiahkan kepada mereka, karena tidak tahu manfaatnya 😓

    BalasHapus
  10. Mamaku dulu sukanya mendongeng sebelum aku tidur malam. Kalo aku lebih suka membacakan buku kepada anak2 meskipun kadang mendongeng juga saat mau tidur. Membaca buku bersama anak, seru juga dan memang menumbuhkan minat baca anak. Anak2ku waktu kecil tertarik dg buku yg ada gambar2nya warni-warni. Sekarang udah gede, semuanya suka membaca buku :D

    BalasHapus
  11. Iya mbak, anak-anak dari kecil udah sering dibacain buku... Cara meningkatkan bonding paling mudah :)

    BalasHapus
  12. Membaca memang punya manfaat yang luar biasa ya kak, jadi ingat dulu waktu masih kecil orang tua suka beliin majalah bobo yag colorful, untuk anak-anak memang cocok banget dengan cerita bergambar. Nanti kebiasaan membacanya akan kebawa sampai dewasa.

    BalasHapus
  13. Waktu anak-anak masih kecil, suka banget cerita di buku bergambar, untuk buku-buku zaman dulu masih tersimpan dengan rapi.

    BalasHapus
  14. Setuju Mbak Dew, dulu aku sering dibacain majalah Bobo akhirnya jadi suka baca. Sekarang anakku juga kubacain cerita gini, dan belakangan mulai gantian, dia yang baca buku cerita buat aku. Hahaha.

    BalasHapus
  15. Kesukaan Salfa dan Shanum adalah diceritakan buku bergambar meskipun Salfa sudah bisa baca sendiri

    BalasHapus
  16. Kalo buat ngasih dongeng ke keponakan, saya juga prefer buku cerita bergambar Mak. Enak banget buat membantu mereka dalam mengimajinasikan tokoh yang saya ceritakan. Mereka pun juga lebih happy dan aktif dalam berinteraksi dengan saya saat mendongeng :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah

Apa Beda Menulis Novel Cetak dan Novel Online? Temukan Ulasannya di Sini!

6 Tips Menulis Cerita Anak Yang Seru