5 Tips Menang Lomba Blog dari Handiko Jawara Lomba dari Semarang

Halo Kawan, 

Ruang Aksara is back! Setelah beberapa bulan hiatus mengadakan kelas menulis online sejak sebelum Lebaran. Ya, karena ada beberapa proyek Ruang Aksara seperti lomba blog ASUS dan Pre Order buku-buku baruku yang membutuhkan konsentrasi untuk mengerjakannya, jadilah kami libur dulu ya. 


5 Tips Menang Lomba Blog Handiko Jawara Lomba dari Semarang
5 Tips Menang Lomba Blog Handiko Jawara Lomba dari Semarang

Insya Allah, bakal ada kelas menulis cerita anak bersama Dewi Rieka di bulan Agustus. Kamu tertarik ikutan? Yuk, daftar saja dari sekarang. 

Alhamdulillah, perhelatan lomba blog ASUS yang dipercayakan padaku dan Ruang Aksara berjalan lancar. Kita sudah dapat 10 pemenang yang meraih masing-masing 1 laptop keren dari ASUS. 


Baca Juga: 5 Tips Menang Lomba Blog


Sudah tahu kan siapa pemenang pertamanya? Tak lain dan tak bukan, blogger muda berbakat Handiko Rahman Pebrianto dari Semarang. Cowok yang akrab disapa Diko ini adalah lulusan Diploma jurusan Teknik Informatika.


Kalian yang suka ikutan lomba blog atau jadi pengamat pasti familiar dengan cowok satu ini. Diko memang kreatif. Tulisannya terpilih dari 243 peserta lomba kali ini. Kalian sudah baca artikelnya? Bagaimana menurut kalian? 


5 Tips Menang Lomba Blog Handiko Jawara Lomba dari Semarang


Tulisan Diko memang ciamik ya. Ia menulis dengan detail dan mendalam. Penceritaannya pun mengalir sehingga enak dibaca. Ditambah lagi ilustrasi dan infografis yang membuat tampilan blognya stand out. Tak heran kalau sejak 2013, ia sering sekali mendapatkan juara lomba blog. 


Coba intip saja halaman achievement di blog Handiko. kalian akan takjub melihat deretan pencapaiannya. Untuk tahun 2020-2021 saja berikut pencapaian Diko:


Tahun 2020 ia meraih juara 1 Blog Contest Kost RedDoorz bersama RedDoorz Indonesia, Juara 1 OYO Hotels Blog Competition bersama OYO Indonesia serta Juara 1 Kontes Blog #BridgingTheDistance bersama Flower Advisor Indonesia. 


Sedangkan tahun 2021, ia meraih juara 1 Lomba Blog ASUS Vivobook 15 A516 #BiggerDreamWiderScreen dan Juara 2 Lomba Blog ICreateid Season 2 Meja Makan Minimalis. Keren banget kan! 


Nah, beberapa waktu lalu aku sempat menghubungi Diko untuk mengulik apa sih rahasia Diko menang lomba blog? Apa tips menang lomba blog ala Diko? Nah ini beberapa tips menang lomba blog Handiko:


1. Teliti Baca S&K Lomba


Yup, hal ini krusial alias penting banget untuk kamu pemburu lomba. Baca syarat dan ketentuan lomba dengan baik. 


Mulai dari jenis lomba (SEO, semi SEO atau yang non SEO), minimal tulisan berapa kata, terus syarat-syarat lainnya. Jangan lupa juga perhatikan deadline atau tenggat waktu lomba. 


Sayang kan, sudah bikin artikel bagus, tapi ada beberapa S&K yang tidak dipenuhi. Jadi gugur sebelum berperang! 


Tips Diko ini sederhana tapi penting banget. Saat aku membantu ASUS jadi penyelenggara lomba, ada beberapa artikel peserta yang tidak bisa diikutkan penjurian karena terlambat submit artikel, atau tidak mengikuti akun panitia seperti persyaratan yang tertulis. Sayang banget! 


2. Pahami Tema Lomba Blog


Tentukan dulu cerita dan konsep tulisanmu mau dibuat seperti apa? Kalau Diko, biasanya membuat kerangka tulisan di kertas dulu. Corat-coret konsepnya hingga matang, baru eksekusi deh di depan laptop. 


3. Cari Sesuatu yang Unik


Namanya saja lomba blog, semuanya dengan tema sama. Pasti bakal ada peserta yang tulisannya mirip-mirip. Jadi, ambillah sudut pandang tulisan (POV) yang beda dan unik. Cari topik yang nggak terpikir oleh peserta lain biar tulisanmu stand out. 


4. Maksimal 


Selain membuat tulisan yang menarik dan enak dibaca, sebisa mungkin buatlah sesuatu yang bisa jadi poin plus. Bisa membuat infografis, foto-foto yang menarik, video dan lain sebagainya. 


Menurut Diko yang punya cita-cita melanjutkan kuliah di jurusan DKV ini, Pembaca dan juri nggak cuma lihat dari segi bagusnya, tapi juga sisi "niat" dari si penulis itu. 


Hm, Aku jadi ingat obrolan di suatu acara dengan Diko dan teman-teman. Diko cerita kalau ia habis lembur nyaris tidak tidur karena mengerjakan artikel untuk lomba blog hingga berhari-hari. Wow, totalitas banget kan! 


5. Nikmati Proses


Menurut Diko, tak usah terlalu fokus ke hadiahnya, tapi nikmati proses membuat artikel untuk lomba. Jika pun nanti hasilnya kalah, tak mengapa untuk Diko. 


Yang penting, ia puas bisa membuat karya yang keren secara maksimal. 


5 Tips Menang Lomba Blog dari Handiko Jawara Lomba dari Semarang

Selain itu, jika ikut lomba blog biasanya pageview blog Diko akan naik. Mengikuti lomba blog juga bisa untuk branding blognya agar semakin dikenal. Jadi, ia ikut lomba tak sekadar untuk berburu hadiah dan kemenangan.

Nah, itu dia 5 tips menang lomba blog dari jawara lomba Handiko. Bagaimana menurut kalian? Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Jangan putus asa dan ikut terus lomba blog! 


Sumber Foto: Handiko




Komentar

  1. Saya baca tulisan Diko yang menang lomba, wuih, memang beneran maksimal ya ... begitu lihat langsung saya menyerah hehe. Keren Diko.

    Alhamdulillah sukses ya lombanya, Mbak Dew.

    BalasHapus
  2. Handiko memang luarrr biasaaa
    Ide2nya selalu segaaarr, eksekusinya juga enaakkk bgt buat dibaca, visual super duper menarik... ada Infografis dan animasi yg keren
    Pokoke no wonder lah, doi langganan juara

    BalasHapus
  3. Sering banget lihat mas handiko menang lomba, karyanya juga totalitas, dan memang unik dari peserta lain. Bisa jadi motivasi untuk ikutan lomba nih

    BalasHapus
  4. memang hrus totalitas yaa. Keren sekali Diko ini, kasih muda sudah banyak prestasinya. Semoga lancar ya nanti kuliah DKVnya.. sukses untuk Diko

    BalasHapus
  5. Selama ngeblog, rasanya bisa dihitung pake jari udah berapa kali aku coba ikutan lomba blog hahah. Belum mulai nulis tapi kadang udah minder duluan.

    Tips-tips ini bisa diterapin nih kalo kedepannya mau ikut lomba ngeblog. :D

    BalasHapus
  6. Setuju sekali sama mas Diko, wah panutan banget sih dia mah. Tips-tips yang ada di artikel ini kudu di terapkan nih kalau mengikuti lomba blog (dan juga disertai doa), etapi nulis untuk sendiri juga boleh maksimal sih.

    BalasHapus
  7. Keren sih nih blogger.. sering nemu di leaderboard lomba blog ... Keren asli.. tipsnya aku coba dan worth-it kok

    BalasHapus
  8. Memang luar biasa nih Diko...prestasinya keren tapi tetap humble ya...terutama di bagian totalitas biar karya maksimal dan bukan fokus ke hadiah. Keren!

    BalasHapus
  9. Tipsnya bener banget nih, Mba. Tapi saya punya 1 lagi yaitu mempelajari jurinya. Karena kemenangan sebuah lomba itu tergantung siapa juri ang menilai. Menurut kita bagus, tapi kalau menurut juri tidak ya ga bakal menang.

    BalasHapus
  10. Karakter tulisannya emang asik sih ya... termasuk infografis dan elemn pendukung lainnya juga selalu keren...

    BalasHapus
  11. Mas Handiko ini memang kereeeen super ciamik dan ga ada duanya hehehe :) Selain memang berbakat, dia juga terus mengasah kemampuan menulisnya ya. Ga heran kalau seriiiing banget menjuarai lomba blog. Oke deh siaaaap, pantengin tips dari Diko biar aku bisa juara lomba juga aamiin :)

    BalasHapus
  12. Diko selalu keren lah kalau urusan lomba. sering banget menang yaa walau kayaknya sekarang gak gitu sering ikutan lomba yaa.. tp tipsnya oke banget

    BalasHapus
  13. Saya baru beberapa kali ikut tapi gak pernah menang dong. Dan malah jadi tambah gak pede, hehe.. Harusnya malah harus tambah semangat belajar supaya seperti Diko nih

    BalasHapus
  14. Diko memang keren. Punya keahlian design yang mumpuni, tulisan yang menarik, dan dia juga punya semangat tinggi dalam berlomba. Yang aku salut, dia tipe orang yang pantang menyerah. Ikut dari lomba ke lomba, dan memang kalau berlomba tuh all out.
    Selamat Diko akhirnya duduk di peringkat pertama lomba ASUS.

    BalasHapus
  15. Pas tahu kak Diko ini menang lomba, saya langsung main ke blognya. Dan... tada... ngga salah kalau beliau ini menang, infografisnya menarik banget dan istimewa karena bukan template. salut. saya belajar banyak dari blog beliau.

    BalasHapus
  16. Salut banget emang sama Handiko, teeerrrrniat
    dan yang jelas kalo lomba itu kudu punya sense of melihat sesuatu dengan cermat dan dari sudut yang berbeda

    BalasHapus
  17. Mencari sesuatu yang unik ini sebetulnya poin yang paling sulit, Karena saya yakin, banyak yang sudah melakukan poin-poin lainnya. Tetapi, masih banyak yang belum unik. Rata-rata isinya sama. Memang harus dilatih untuk bisa menghasilkan tulisan yang unik

    BalasHapus
  18. Diko terkenal banget di kancah lomba blog. Memang terlihat setiap artikel lombanya niat banget ditulis dan dilengkapi dengan infografis kece! Salut dengan totalitasnya.

    BalasHapus
  19. Tulisan Mas Diko memang juaraa! Suka terkagum-kagum dengan idenya yang out of the box. Infografisnya juga keren! Wajar aja kalau suka menang dalam lomba. Totalitas banget dalam pengerjaannya ya ...

    BalasHapus
  20. Kalau baca tulisan Diko, orang-orang kayanya pada minder, hahaha. Emang sih, kerja keras maksimal akan dapat hasil yang oke. Kalau ikut lomba tapi ngerjain pas DL, ini ya jangan ngarep menang

    BalasHapus
  21. klo mau menang lomba memang harus optimal persiapannya ya mbak
    seperti mas diko, aku baca tulisannya
    dan emang beneran bagus

    BalasHapus
  22. Siapa yang meragukan tulisan DIko? Kayaknya emang nggak ada. Dia mampu memadukan tulisan yang apik serta desain terbaik. Tuulisannya selalu penuh makna. Makasih sudah berbagi tipsnya mba

    BalasHapus
  23. Mas Diko emang bagus mbak dari sisi penceritaan dapet, poin of viewnya juga, dan infografisnya keren banget. udah kayak baca kisah inspiratif aja itu. btw penutup tips dari mas diko itucetar banget yaa. nikmati prosesnya. itu poinnya yaa. hasil tak kan mengkhianati usaha.

    BalasHapus
  24. Ah Diko, idolaku deh dia. Kalo udah ngontes, pastii all out ya. Dari cerita, story telling, sampe ke grafisnya. Susah deh buat dikejar. Kalo doi udah ikut lomba, pada jiper deh semua blogger. :D

    BalasHapus
  25. Mantap banget tips menang lomba dari Hadniko yang sering juara nih. Nah cari sesuatu yang unik ini harus mikir keras aku hihihi, tapi belajar trus lah ya

    BalasHapus
  26. Aku juga fans Diko niih...tulisannya paling ramah dan asik buat pembaca. Mungkin karena ia memposisikan dirinya apa adanya dan selayaknya ngobrol dengan pembaca yaa...
    Anak muda, energetic banget.

    Salut sama Diko.
    Selamat yaa...semua pemenang ASUS yang meng-KECE paraaah...

    BalasHapus
  27. Poin 5 keren bangettt.. ikut lomba bukan sekadar ingin menang, tapi membuat karya yang maksimal.. wihh harus terus belajar nih aku dari anak muda yang satu ini. Hehehe.
    Salut banget emang Diko ini, kerennn sering menang tiap ikut lomba :)

    BalasHapus
  28. diko selalu menang ya..emang keren sih maksimal banget, kalo diko udah ikutan lomba yang lain pada was-was..heheh

    BalasHapus
  29. Diko selalu keren kalau ikut lomba. Enggak cuma tampilan grafisnya, tulisannya pun selalu renyah dan unik. Gak kaget kalau dia menang. Emang pantas. Dan ini PR banget buatku untuk kembali mengasah keterampilan.

    BalasHapus
  30. Udah lama banget nggak ikut lomba blog karena suka minder kalau udah liat blogpost temen2 blogger yang udah submit duluan pasti bagus2 banget hasilnya. Tapi belakangan ini ngerasa pengen mulai ikutan lagi karena udah banyak bocoran dari para pemenang dan jadi penasaran buat coba lagi :D

    BalasHapus
  31. Wah bangga banget nih anak Semarang keren keren termasuk Diko. Pdahal belum pernah ke blognya juga kayaknya. Tapi memang yang mendukung artikel bagus itu juga infografis atau video yg bagus ya mba. Bisa jadi nilai plus saat mengikuti lomba

    BalasHapus
  32. WAH terima kasih buat tips and triknya ya kak, sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  33. "Teliti Baca S&K Lomba" ini sih yang penting di perhatikan untuk menang suatu lomba atau kompetisi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

GPC Talk: Tips & Trik Menang Lomba GLN Kemdikbud dari Iwok Abqary

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah