Belajar Seru di Blogger Pitching Letter Writing Class bersama TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata

Halo Kawan Aksara,

Beberapa waktu lalu, aku mendaftar sebagai member Intellifluence di webnya. Intellifluence adalah sebuah situs dari Amerika Serikat yang menghubungkan antara content creator dan berbagai brand untuk bekerja sama. 

Skalanya internasional jadi kita bisa melamar di proyek dari berbagai negara. Sebenarnya, sudah lama aku tahu tentang web ini dan mengiri ketika tahu teman-teman mendapatkan honor dollar USD lumayan  besar untuk berkolaborasi di web ini.

Belajar Seru di Blogger Pitching Letter Writing Class bersama TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata

Sayangnya, aku tak percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggrisku yang pas-pasan. Jadi, aku tak berani keluar zona amanku dan melamar proyek di sana. Sayang ya, karena tidak bisa bahasa Inggris aku jadi tidak bisa menikmati manisnya honor di sana.

Nah, suatu hari aku mendaftarkan diri di web ini dan mendapatkan penawaran proyek menulis. Duh, pusing tujuh keliling karena kita harus menulis surat penawaran atau pitching kepada brand agar mereka tertarik berkolaborasi dengan kita sebagai blogger.

Beneran, panas dingin deh menulis surat penawaran itu. Berkali-kali mengintip kamus online untuk menemukan kata yang tepat. Terus, nekad cobain Google Translate, eh malah makin kacau.

Butuh waktu hampir sejam untuk membuat beberapa baris surat penawaran ke brand. Kalau begini, menyesal kan tidak belajar bahasa Inggris lebih serius sejak dini. Ya, akhirnya aku dapat sih beberapa job dari Intellifluence tapi kalau ingat suratku yang acakadut jadi malu sendiri, haha. Pihak brandnya pusing nggak ya baca proposalku? Oh, tidaak!

Belajar Seru di Blogger Pitching Letter Writing Class bersama TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata

Tapi, tak ada kata terlambat untuk belajar, ya. Beberapa minggu lalu, founder BloggerCrony Mbak Wardah Fajri mengumumkan ada kelas penulisan proposal penawaran. Pucuk dicinta ulam tiba! Akhirnya, ada kelas yang bisa memenuhi kebutuhanku untuk belajar menulis proposal penawaran yang benar!

Tapi, ternyata event #BloggerHangout81 ini diadakan tanggal 18 Mei 2024 secara luring di Jakarta. Piluuu! Aku tidak bisa ikutan, dong! Untunglah, banyak permintaan dari anggota BloggerCrony untuk kelas hybrid dan BloggerCrony yang sayang sekali pada anggotanya langsung mengusahakan kelas daring juga. 

Alhamdulillah, akhirnya keinginan kami terwujud! Kelas ini bakal berlangsung hybrid, horee! Terima kasih  kepada Mbak Wawa dan Pengurus BloggerCrony, daebak!

Oh iya, para peserta kelas ini juga ternyata mendapatkan fasilitas untuk mengikuti TOEFL Prediction Test gratis secara online! Kami juga akan mendapatkan sertifikat dengan hasil skor tes resmi dari TBI. Wow, terharu nggak sih!

Soalnya aku tuh terakhir ikut tes ini belasan tahun lalu saat masih bekerja di perusahaan konstruksi Jepang. Saat itu, skorku cukup tinggi hingga mendapat insentif berupa uang dari kantor. Nah, kalau sekarang bagaimana hasilnya ya? Aku gugup banget saat mengerjakan tes ini secara online selama dua jam! Ada tes reading comprehension, listening dan grammar. Ah, semoga saja skor tesku memuaskan ya.

Serunya Belajar Nulis Proposal Penawaran Berbahasa Inggris Bersama TBI Depok

Nah, Sabtu tanggal 18 Mei 2024 aku mengikuti Blogger Pitching Letter Writing Class yang diadakan BloggerCrony berkolaborasi dengan The British Institute (TBI) Depok, Cibubur, dan Kota Wisata.

Acara ini bertempat di Carro Square Pondok Indah di Jakarta Selatan. Aku yang tinggal di Ungaran bisa mengikuti kelas ini secara daring ini melalui Zoom. Jadi, aku dan sembilan blogger dari berbagai kota bisa mengikuti kelas yang bergizi ini.

Kelas ini diampu oleh Mr. Sugeng Riyadi, pengajar senior TBI yang membawakan materi dengan menarik dan seru. Kami diajak mengenal karakter blog kami lebih dalam, lalu berdiskusi bersama kelompok kecil untuk membahas tentang blog.

Kami lalu diajak membandingkan dua jenis proposal penawaran yang ia berikan sebagai contoh. Satu proposal terlalu singkat dan to the point. Sedangkan satu proposal lagi terasa lebih percaya diri dan santun dalam menyampaikan penawaran. 

Dalam proposal penawaran, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahulu siapa kita, apa blog kita. Kita bisa jelaskan tentang blog kita lebih detail misalnya apa nichenya, siapa target pembaca, berapa jumlah pengunjung bulanan dan sebagainya. Setelah berkenalan, barulah kita menuliskan tujuan kita mengirimkan proposal ini misalnya mengajak brand untuk berkolaborasi. Jangan lupa, berikan kata penutup dan salam. Bagaimana, mudah bukan? Hehe.  

Setelah memberikan beberapa contoh proposal, kami diajak praktek membuat proposal penawaran kerja sama dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Rasanya senang banget akhirnya bisa menulis proposal penawaran yang bermutu. Horee!

Belajar Seru di Blogger Pitching Letter Writing Class bersama TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata

Oh iya, setelah belajar selama 2.5 jam yang menyenangkan kami mendapatkan kejutan dari TBI yaitu setiap peserta kelas hari itu baik yang datang langsung atau secara daring akan mendapatkan kelas gratis online Conversation Class for Business selama sebulan, horee!

Alhamdulillah, dapat kesempatan belajar lagi, ya Allah! Terima kasih ya, Mr. Sugeng Riyadi dan Kru TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata.

 Berbagai Kelas Menarik di TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata

TBI sudah berdiri sejak tahun 1984 dan kualitasnya tak usah diragukan lagi. TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata memiliki beberapa kelas sesuai tingkat usia, kemampuan, dan kebutuhan para murid. Diantaranya adalah:

1.      1. Very Young Learner (Children age 4-6).

2.      2. Children Class (Primary School Students grad 1-4).

3.      3. Pre Teenager Class (Primary School Students grade 5-6).

4.      4. Teenager Class (Junior High School Students).

5.      5. Global English (High School Students & Adults).

Selain program reguler, juga tersedia beberapa program khusus seperti:

1.      1. Exam Preparation Class (TOEFL ITP, TOEFL IBT) untuk para siswa yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri atau mencari beasiswa.

2.      2. Business Communication, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuannya berbahasa Inggris untuk bisnis.

3.      3. Conversation Class, untuk siswa yang ingin meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris.

TB 

Belajar Seru di Blogger Pitching Letter Writing Class bersama TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata

TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata juga memiliki program rutin setiap tahun seperti Holiday English Programme dan English Competition.  

Mengapa Memilih TBI untuk Belajar?

Sekarang banyak lembaga bahasa Inggris bertebaran. Termasuk tempat les bahasa Inggris di Cibubur dan Kota Wisata. So, tentu saja kita harus pandai memilih tempat kursus yang terpercaya dan berkualitas bagus. 

Sebelum menentukan pilihan belajar di mana, tentu saja kita harus mempertimbangkan sistem pembelajarannya, bagaimana kualitas pengajarnya, apakah lokasi tempat kursusnya dekat atau tidak dari rumah kita agar belajar kita lebih maksimal, dan tentu saja apakah kelas yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan kita? 

Belajar Seru di Blogger Pitching Letter Writing Class bersama TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata

TBI Depok Kursus Bahasa Inggris terbaik karena memiliki sistem pembelajaran yang merujuk pada CEFR atau Common European Framework of Reference for Language yaitu standar internasional untuk menggambarkan kemampuan bahasa dalam membaca, menulis, dan berbicara.

TBI Depok, Cibubur dan Kota Wisata terletak di lokasi strategis dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota. TBI ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kalian yang berdomisili di sekitar tiga wilayah tersebut. 

Kalian bisa mendaftar kelas di salah satu cabang TBI terdekat dari rumahmu. Kamu bisa belajar English with The Best. Untuk info lebih lanjut kunjungi Instagram TBI Depok, ya. 

TBI Depok: Jalan Margonda Raya No. 56 Ruko ITC Depok No.7-8, Pancoran Mas Depok. 

Telp: 0857 1573 3386.

TBI Cibubur: Jalan Raya Alternatif Cibubur KM 1 No. 9 B-C, CImanggis, Depok. 

Telp: 0813 8330 7474.

TBI Kota Wisata: Jalan Raya Alternatif Cibubur KM 6 Ruko Boston Square RK 1 No 7-9, Kota Wisata.

 Telp: 0857 7213 8651.


 

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Seruuuu bangettt mba Dedew.
    memang TBI tuh ciamiikk bgt
    para pengajarnya super kredibel dan mumpuni

    BalasHapus
  2. Ya Allah, aku ketinggalan infonya mbaaak.. Padahal Cibubur mah deket banget dari rumahku. Huhuhu pengen ikutan jugaaa :(

    BalasHapus
  3. Wahh kemarin belum dapat lagi jobnya, mungkin karena surat penawaranku terlalu singkat. Makasih banyak ya Mbak Dedew, ternyata selain kudu bener grammarnya juga surat penawaran kudu detail dan menggambarkan pembaca blog seperti apa (yg jadi marketnya).

    BalasHapus
  4. Wah, seru banget nih kayaknya acaranya! Blogger Pitching Letter Writing Class yang diadakan TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata ini pasti bermanfaat banget buat para blogger yang ingin meningkatkan skill menulis pitching letter mereka.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya mba, momen nya pas banget. Saat dibutuhkan kesempatan belajar dari BloggerCrony bareng TBI pun diadakan dan hybrid pula 😍 Salut banget deh, bisa bahas materi yang super daging, bisa menambah kesempatan dan peluang buat dapetin banyak klien dari berbagai negara kalau sudah berlatih dengan expert kayak gini. Semoga aja next aku bisa ikutan kelasnya yaah, aamiin. Semangat belajar terus

    BalasHapus
  6. Sepertinya The British Institute (TBI) marketing salesnya caem banget deh, tahu pasar yang membutuhkan program2nya dan sangat menarik bisa kolaborasi dengan penulis yang dimana saat ini sangat membutuhkan skill bahasa Inggris yang baik.

    BalasHapus
  7. TBI kurikulumnya udah bagus, terakhir kali les di TBI waktu kuliah
    entah kenapa waktu kuliah dulu, aku seneng kalau ikutan les hahaha, kayaknya les bahasa inggris sampe di 2 tempat
    seru banget ini mbak ada kursus singkat memmbuat proposal penawaran dalam bahasa Inggris, kadang meskipun kita udah googling tapi saking banyaknya referensi jadi bingung sendiri

    BalasHapus