5 Tips Agar Malas Ngeblog

Halo Kawan,

5 Tips Agar Malas Ngeblog-Bagaimana kabarmu apakah masih semangat berkarya? Semoga masih semangat menulis ya. Saat ini, sedang ada lomba blog internal di komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel.

5 Tips Agar Malas Ngeblog
5 Tips Malas Ngeblog (Foto: Pixabay.com)

Temanya malas ngeblog. Tema ini diangkat karena para Mimin GR prihatin para blogger perempuan Semarang banyak yang lupa password alias lama tidak update blog. 

Padahal, kita tahu ngeblog atau menulis banyak manfaatnya. Menulis bisa menjadi healing atau penyembuhan bagi kita yang sedih atau galau. Menulis bisa mengeluarkan isi kepala yang penuh. Membuat kita lebih lega. 

Tapi ya itu tadi, alasan kesibukan nan padat membuat kita makin jauh dari kegiatan menulis dan ngeblog. Belum lagi rasa malas untuk memulai menulis jika sudah kelamaan absen.

Nah, sekarang aku mau berbagi tips biar kamu makin malas ngeblog nih dan blogmu makin lumutan, hehe. Apa saja tipsnya?

1. Jangan buka blog

Yup, jangan buka blogmu. Biarkan blogmu lumutan dan berdebu. Lebih bagus lagi kalau kamu lupa password. Alasan yang bagus untuk tidak ngeblog. Semakin lama kamu tidak nengok blog atau nulis blog maka akan semakin malas buat ngeblog dan nulis.

2. Jangan update status

Update status apalagi yang panjang di media sosial bisa bikin kamu tergoda untuk melanjutkan tulisan dan memajangnya di blog. Jangan.

3. Jangan intip medsos blogger lain

Duh. Mengintip status atau postingan blogger lain yang rajin apdet blog atau dapat rezeki dari blog bisa bikin kamu tergerak ingin ngeblog. Hindari.

4. Abaikan percakapan di grup komunitas 

Percakapan di grup tentang job dan blog ramai? Hindari. Langsung hapus chat atau mute biar kamu tidak tergerak untuk ngeblog lagi. Atau, tinggalkan grup chat yang sudah tidak sesuai dengan passionmu lagi.

5. Lakukan kegiatan lain untuk melepas galau

Galau Berkepanjangan? Jalan-jalan, nonton drakor atau tidur. Jangan sampai duduk depan laptop dan curhat di blog. Jangan. Hal ini akan merusak niatmu untuk malas ngeblog.

Nah, itu dia tips untuk kamu biar makin malas ngeblog. Semoga blogmu makin berdebu, ya!

Lama tidak menulis atau ngeblog

Menurut Nia, jika terbiasa menulis lalu tidak lagi menulis biasanya ada kondisi tidak sehat dalam dirinya yang perlu diperiksa lebih jauh karena ada kesulitan memenuhi kebutuhan emosionalnya.

Mengapa kita malas ngeblog dan menulis? Hanya kita sendiri yang tahu jawabannya. Cari tahu dulu. 

Apa motivasi awal ngeblog? 

Ingat motivasi awal kamu terjun jadi blogger. Apakah sudah tercapai? Mungkinkan kamu kehilangan motivasi karena tujuan awal ngeblogmu sudah diraih? Misalnya karena sudah mendapat pengakuan sebagai blogger keren dari pembaca, sudah dapat penghasilan dari blog. 

Atau mungkin kamu sedang jenuh dengan aktivitas ngeblog job review yang banyak persyaratannya? Kenapa tidak menulis blog secara organik? Curcol tentang keseharianmu?

Atau mungkin ada hal lain yang lebih menarik minatmu sehingga tak lagi tertarik untuk ngeblog. Mungkin lebih suka cuap-cuap di podcast, atau membuat video di YouTube sebagai media kreativitas yang baru?

Sedang tertarik kegiatan lain selain ngeblog, sah-sah saja. Dilanda kejenuhan ngeblog terus hiatus kayak Idol Koreyah pun wajar. Tapi, berusahalah untuk kembali menulis karena kegiatan ini banyak sekali manfaatnya, Kawan. 

Baca Juga: 5 Drama Korea Tentang Penulis

Kita tetap bisa ngeblog walaupun jadi podcaster, atau YouTuber, atau sibuk ngajar di sekolah, misalnya. Malah blogmu makin berwarna dengan tulisan tentang kegiatan barumu, atau aktivitas kesukaanmu tiap hari. Jangan berhenti menulis. Luangkan waktu ngeblog rutin seminggu sekali, misalnya.

Seperti yang Nia Nurdiansyah tuliskan di artikelnya: yuk kembali perbaiki niat kita dalam ngeblog. Coba gali lagi, perbaiki lagi niat kita. Misalnya kali ini kita meniatkan ngeblog sebagai ibadah. Berbagi kebaikan lewat tulisan kita. Seperti yang diingatkan oleh Ustaz Muslim saat acara halal bihalal Gandjel Rel:

"Saat sedang tidak semangat menulis, ingat bahwa menulis bisa menjadi salah satu amal soleh. Selama menulisnya yang bermanfaat, menginspirasi, mengingatkan pada kebaikan dan kesabaran, kita sudah melakukan amal kebaikan lho,"

Nyess deh dengar kata-kata Pak Ustaz.  

Periksa kembali niat kita menulis. Niatkan segala tulisan kita untuk beribadah kepada Allah. Mari kembali ngeblog dengan hati riang gembira dan nggak ngganjel lagi.

Bagaimana denganku?

Menulis dan ngeblog sudah jadi pekerjaan bagiku. Pekerjaan yang menyenangkan. Tak hanya dapat penghasilan tapi juga memberikan sejuta peluang untukku. Mulai dari jaringan pertemanan, wawasan baru, pengalaman baru dan banyak hal menyenangkan lainnya. Karena itulah selama napas masih dikandung badan, Insya Allah akan terus menulis.

Apakah akan terus malas ngeblog?

Ya, setiap orang bisa berubah. Minat pun bisa bergeser. Blogger pun bisa dilanda kejenuhan. Tapi, apakah kita akan selamanya meninggalkan aktivitas ngeblog?

5 Tips Agar Malas Ngeblog
Blogger Gandjel Rel (Foto: Marita)

Lalu, apa gunanya bergabung di grup blogger kalau tidak ngeblog, atau minimal nulis di medsos ya deh. Walaupun isinya curcol tapi kan lumayan organik ya. Hehe.

Grup blogger dibentuk tujuannya untuk saling menyemangati untuk ngeblog. Bukan untuk tujuan lain misalnya untuk nanya beli piring cantik dan murah di mana di Semarang. Atau tanya promo belanja apa di minimarket.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kebiasaan Menimbun Buku

Ya,  kalau kamu  bertanya tentang hal apapun di grup blogger Gandjel Rel seputar Kota Semarang biasanya ada jawabannya. Grup ini memang mantul kalau memberi informasi. Makanya banyak yang menjadikan grup sebagai sumber informasi dan rujukan.

Tapi, sekali lagi grup Blogger Semarang Gandjel Rel adalah grup blogger. Kumpulan para blogger, penulis dan para perempuan yang punya passion terhadap tulisan. Jadi, mari kita kembali ke fitrah sebagai blogger dan penulis di grup blogger Gandjel Rel. Mari ngeblog ben rak ngganjel, GRes!


Posting Komentar

0 Komentar