Buku Asyiknya Menulis Karya Fita Chakra, Panduan Orangtua Mengajar Anak Menulis

Halo Kawan,

Apa kabar? Lama tidak apdet tulisan di Ruang Aksara, ya. Ada beberapa pekerjaan yang tenggat waktunya ketat jadi baru bisa bernafas lega sekarang. Hehe.   

Alhamdulillah, tahun ajaran baru ini aku kembali mengajar kelas Penulis Cilik secara tatap muka untuk sebuah SD Islam di Ungaran. Setelah dua tahun hanya mengajar daring, kembali mengajar tatap muka rasanya menyenangkan sekali.

Buku Asyiknya Menulis Karya Fita Chakra, Panduan Orangtua Mengajar Anak Menulis
Buku Asyiknya Menulis (Sumber Foto: BIP)

Saat mengajar, tentu saja aku memiliki kurikulum atau silabus untuk ekstrakurikuler menulis ini ya. Nah, salah satu acuanku adalah buku Fita Chakra yang berjudul Asyiknya Menulis. Buku dengan tagline Panduan Menulis untuk Anak Usia SD bagi Orangtua dan Guru di sampulnya. Sampul bukunya sederhana namun menarik. Ada gambar tangan yang sedang menulis dengan pensil. Bagian dalam bukunya pun layoutnya simpel, rapi dan menarik.

Sebelumnya, kenalan dulu yuk dengan Fita Chakra. Fita Chakrawati  S.Sos, MM adalah penulis buku anak kelahiran Semarang 08 April. Ia memiliki tiga putri dan berdomisili di Depok. Fita Chakra, begitulah nama penanya sudah menulis sekitar 60an buku anak dan buku parenting sejak 2007.

Kesibukan Fita selain menulis dan mengurus rumah tangga, juga menggawangi Sahabat Kata, wadah uuntuk kegiatan belajar menulis bagi anak-anak dan orangtua di Depok. Selain itu, Fita juga mengajar ekskul menulis di sebuah sekolah dasar di Depok. Kalian bisa menghubungi Fita di IG @sahabatkataid. Fita juga aktif sebagai pengurus Forum Penulis Bacaan Anak.

Judul buku yang ditulis Fita diantaranya adalah Princess Kocak (DAR!Mizan, 2013), Diari Parenting (BIP, 2013), Happy Mom (GPU, 2011), Panduan Super Lengkap Hamil Sehat  (Penebar Plus, 2010), Dongeng Anak Muslim Tentang Alam Semesta (GPU, 2019) dan terbaru Asyiknya Menulis (BIP, 2020).

Perempuan lulusan Magister Manajemen UGM ini sering menulis buku tema anak dan parenting. Ia suka sekali menulis cerita anak. Sedangkan untuk  tema parenting, awalnya ia hanya menulis buku berdasarkan pengalaman mengasuh ketiga anaknya yang kini beranjak remaja.

“Anak saya suka menulis cerita. Tapi nggak tahu bagaimana harus mengarahkannya.”

Fita sering ditanya bagaimana kiat-kiatnya mengajar anak gemar menulis dan membaca. Ia pun sering menuliskan tipsnya lewat artikel di blog. Suatu hari, Fita kepikiran bagaimana agar orang-orang bisa dengan mudah menemukan tips mengajar Fita? Daripada harus dijelaskan bolak-balik ya, kan? hehe.

Akhirnya, Fita menulis sebuah buku berjudul Asyiknya Menulis. Buku ini menjawab kebingungan para orangtua dan guru dalam mendampingi anak belajar menulis. Ya, mengajarkan anak belajar menulis memang sebuah tantangan tersendiri bagi orangtua dan guru.

Selain mereka tidak tahu seluk-beluk dunia kepenulisan, ada juga yang tidak tahu harus mulai dari mana untuk mengajarkan anak. Padahal, menurut Fita belajar menulis bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui kegiatan sederhana. Menulis juga merupakan salah satu life skill yang bermanfaat bagi anak kelak.

Buku ini bisa jadi panduan para orangtua dan guru dalam mendampingi anak belajar menulis. Isinya berbagai tips kegiatan yang mudah diikuti oleh para orangtua saat membimbing anaknya belajar menulis apapun. Buku sederhana setebal 139 halaman ini berisi enam bab yaitu:

Bab 1. Mengapa Anak Harus Belajar Menulis?

Bab 2. Menulis Kreatif Bagi Anak-Anak

Bab 3. Mengasah Kreativitas dan Menggali Ide

Bab 4. Menulis dari Awal Hingga Akhir

Bab 5. Proses Editing

Bab 6. Mendampingi Penulis Cilik

Jika dilihat dari judul babnya, isi buku ini komplet ya mengupas bagaiman cara mendampingi anak belajar menulis. Di bab 1, Fita menceritakan bagaimana ia bertemu para orangtua yang mengeluh anak-anaknya tidak mengerti saat mengerjakan soal esai dan kesulitan mengerjakan tugas berupa makalah dan menulis esai. Dari situlah, Fita menjelaskan mengapa anak-anak harus punya keahlian untuk menulis. Walaupun cita-citanya bukan jadi penulis.

Jika anak suka menulis, ia takkan kesulitan mengerjakan tugas menulis artikel atau laporan di sekolah. Saat akan berburu beasiswa atau akan mendaftar kampus idamannya saat kuliah ia akan mudah menulis esai atau motivational letter. Nah, ternyata menulis itu penting banget kan untuk akademik anak?

Fita percaya menulis itu bukanlah bakat. Tapi, anak-anak akan bisa menulis jika dilatih terus-menerus. Pada bab ini pula, Fita memaparkan manfaat menulis diantaranya anak mampu mengungkapkan gagasan lewat tulisan,  terampil menyusun kalimat dan memahami teks. Mereka juga bisa berprestasi lewat kegiatan menulis. Keren, kan?

Bab selanjutnya, Fita memaparkan prinsip latihan menulis untuk anak yaitu pengajaran harus sesuai usia anak, menyenangkan, suasananya kondusif dan diberi apresiasi. Agar anak lebih mudah menulis, suasananya tentu saja harus menyenangkan dan tidak ada paksaan atau target ketat dari orangtua. Selain itu, agar anak lebih tertarik menulis maka orangtua harus menyediakan buku-buku bacaan menarik untuk anak. Di bab ini pula, Fita menjelaskan beberapa jenis tulisan anak diantaranya catatan harian dan catatan perjalanan. Ada banyak contoh tulisan lho di bab ini!

Buku Asyiknya Menulis Karya Fita Chakra, Panduan Orangtua Mengajar Anak Menulis

Bab ketiga, Fita mulai memaparkan bagaimana mengajak anak untuk mencari ide tulisan. Di bab ini banyak contoh permainan mencari ide yang bisa orangtua mainkan dengan anak. Salah satunya botol ide. Seru, lho!

Bab berikutnya, Fita menjelaskan beberapa aspek yang harus ada di dalam tulisan seperti karakter dan tema tulisan serta konflik. Pada bab ini pula kita bisa mendapatkan berbagai contoh pengajaran yang mudah diikuti orangtua dan anak. Benar sekali ya kata Fita, buku ini benar-benar berisi materi dan pengalaman Fita saat membimbing anak-anak muridnya belajar menulis. Sebuah buku yang berharga untuk para orangtua dan guru ya.

Bab selanjutnya, adalah bagaimana caranya agar orangtua bisa membimbing anak untuk mengedit tulisannya diantaranya dengan membaca ulang tulisan yang sudah dibuat. Bab terakhir yaitu bab 6 berisi bagaimana cara orangtua memotivasi anak untuk semangat berkarya. Ada beberapa tips menarik yang bisa kalian intip di sini. Sebagai bonus, Fita juga melampirkan beberapa profil penulis cilik untuk menyemangati para orangtua dan anaknya.

Ah, sebuah buku tentang membimbing anak menulis yang lengkap dan mudah dipahami serta diikuti oleh orangtua. Jadi, tak ada lagi kebingungan tentang bagaimana mengarahkan anak untuk belajar menulis ya. Yuk, beli buku Asyiknya Menulis karya Fita Chakra. Harga buku 89 ribu rupiah. Murah sekali untuk buku yang sarat ilmu dan pengalaman tentang membimbing anak menulis.


Judul Buku: Asyiknya Menulis

Dimensi: 13 x 19 cm

Format: Softcover

Jumlah Hal: 139 Halaman

Penerbit: BIP 

Penulis: Fita Chakra

Tahun Terbit: 2020

Harga: Rp89.000,-

 

 

 

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Sudah lama sekali tidak baca buku tentang menulis, bukunya menarik sekali, saya salfok dengan cover nya

    BalasHapus
  2. Juaraaa, Teh Dedew mah... buku Asyiknya Menulis ini bisa banget jadi rujukan anak-anak remaja skrg yang bisa nulis omelan panjang-panjang, sekalian aja deh diarahkan ke tulisan yang lebih terarah dan berbobot.

    BalasHapus
  3. Waahh bukunya menarik sekali untuk di baca. Sepertinya ini bukan buat anak2 saja tapi buat pemula seperti saya belajar menulis.

    Makasih riviewnya mau coba cati di toko buku aah.

    BalasHapus
  4. Wah, Mbak Fita Cakra mah jagonya yaaa. Buku ini penting buat panduan emak2 yang pengin anaknya suka nulis. Karena emang walau kita blogger/penulis, ngajak anak nulis itu juga enggak serta merta pasti mau dan ketika anak mau pun juga gak mudah. Wkwkwk

    BalasHapus
  5. Wah menarik bukunya
    Pas buat mengajari anak anak belajar menulis ya mbak
    Harganya juga terjangkau

    BalasHapus
  6. Semua ortu wajib bgt baca Buku iniii.

    Kayak aku sbg bloger, pastinya pingin anakku demen nulis

    Lah kok sampe sekarang blm muncul minat bakatnyaaaa😶😶😶

    BalasHapus
  7. Masya Allah. Tidak menduga sama sekali kalo Mbak Fita Chakra sekeren dan sehebat itu. Beruntung bisa mengenal Mbak Fita walau baru sebatas online.

    BalasHapus
  8. Mbak Dew, aku pengen punya bukunya buat hadiah ponakanku yang hobi nulis. Dia punya minat besar dalam menulis, pernah juara bikin cerpen tingkat Depok, dan kurasa buku ini cocok sekali buatnya.

    BalasHapus
  9. Seru ya mbak bisa mengajar tatap muka lagi setelah sekian lama. Wah ini bukunya Fita ya ternyata, cocok buat anak-anak yang mau belajar menulis

    BalasHapus
  10. Wahiyaa..
    Aku jadi ingat salah satu karya kak Fita Chakra yang aku kagumi tapi waktu itu jadi kontroversial.

    Dan selalu suka dengan karya beliau yang mengajarkan langkah-langkahnya dengan runut sehingga bisa dijadikan panduan bagi para orangtua untuk melangkah, mengarahkan ananda untuk menekuni dunia kepenulisan.

    BalasHapus
  11. Perlu dibeli nih bukunya buat anak-anak belajar nulis ya. Seneng deh mba Fita masih aktif menulis dan menerbitkan buku.

    BalasHapus
  12. seneng bayangin anak bisa menulis, saya juga sedang mengajarkan anak saya menulis, next blognya dia yang ngisi ahaha. pantes buat dipinang bukunya mbak Fita nih, bagus

    BalasHapus
  13. Bukunya kereeen nih. Jadi penasaran sama isinya.
    Setuju banget sih anak harus dikenalin sama serunya menulis. Setidaknya meski nggak jadi penulis, tapi bisa buat belajar hal baru.
    Aku dulu jaman SD suka menghayal bisa punya karya di Bobo. Tapi males belajar nulis sampai sekarang, huhu.

    BalasHapus
  14. Wah... Keren banget bukunya, ini wajib di baca oleh orang tua dalam membimbing anak untuk menulis sejak dini. Dari review di atas saya bisa berkesimpulan sepertinya buku ini juga cocok untuk guru maknya guru TK atau SD. Ini bisa membantu anak-anak untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan mereka baik dirumah maupun disekolah.

    BalasHapus
  15. eh, ada buku kayak gini juga ya? baru tahu. ini penting banget sih. karena rada susah membiasakan anak-anak mau menulis. jaman sekarang emreka lebih nyaman main hp

    BalasHapus
  16. bener banget, menulis memang butuh dilatih sejak kecil biar nantinya terbiasa untuk mengerjakan tugas sekolah dan skripsi

    BalasHapus
  17. Bukunya menarik ya, bisa dipakai untuk mengajar mandiri di rumah. Materi dalam buku juga padat dan berisi.

    BalasHapus
  18. Wah bisa jadi buku panduan orang tua untuk anak yang gemar menulis. Terima kasih rekomendasinya, Mbak

    Masih meraba anak saya usia dini ini, lebih minat dimana. Hehe

    BalasHapus
  19. Teteh aku punya buku ini bagus banget asli, jadi belajar menulis dengan baik udah lama nggak ngefiksi pula bisa jadi pa duan

    BalasHapus
  20. Kayanya aku mesti punya buku asyiknya menulis karya fita chakra ini deh, soalnya anak peremupuan ku suka nulisss.. mumpung keliatan bakatnya ya kan, mesti dibimbing sejak kecil.. hihi

    BalasHapus
  21. Kalo orangtuya baca buku ini, bisa membimbing anak-anaknya buat jadi penulis ya mba. Nyoba ngajariin si Rara buat nulis, ah

    BalasHapus