Hore, Edisi Perdana Majalah Anak PaberMagz Terbit!

Halo Kawan Aksara,

Kali ini, aku ingin berbagi kabar gembira. Ahamdulillah, akhirnya majalah anak PaberMagz terbit juga! Edisi perdana majalah ini mengangkat tema sains. 

Majalah PaberMagz besutan Tim 12, admin Forum Penulis Bacaan Anak atau Paberland ini resmi diluncurkan pada tanggal 30 September di stan Paberland di ajang Internasional Indonesia Book Fair atau  IIBF di Ice BSD Tangerang. 

Hore, Edisi Perdana Majalah Anak PaberMagz Terbit
Hore, Edisi Perdana Majalah Anak PaberMagz Terbit 


Haru dan bahagia karena proyek besar Paberland ini akhirnya terwujud juga. Berawal dari obrolan di grup Tim 12 tentang Paberweb lalu lanjut ke majalah. Web dan majalah anak adalah wadah yang tepat untuk menampung karya para anggota Paberland. 

Tak disangka, ada program Kemdikbud RI yang memberikan dana untuk kegiatan literasi individu dan komunitas di Indonesia. Maka mendaftarlah Forum Penulis Bacaan Anak dengan mengajukan program majalah anak multi platform.  Alhamdulillah, program kita terpilih untuk diwujudkan.

Hore, Edisi Perdana Majalah Anak PaberMagz Terbit
Siaran ngobrolin majalah di Zoo

Lahirlah empat edisi majalah anak PaberMagz dalam bentuk buku elektronik, video dan audio! Semua tulisan dan ilustrasi dalam majalah ini adalah karya anggota Paberland yang tersebar di seluruh Indonesia.  Sungguh karya bersama para anggota Forum Penulis Bacaan Anak yang membanggakan.  Tulisannya cakep-cakep, apalagi ilustrasinya! Terharuu!

Seluruh tim 12 didapuk menjadi tim redaksi majalah ini. Aku bertugas menggawangi rubrik cerita rakyat dan juga menulis resensi buku-buku baru di majalah ini. Menjadi anggota tim redaksi majalah anak menjadi pengalaman baru yang seru dan berharga buatku. Ternyata, menjadi tim redaksi butuh kerja keras dan kreativitas tinggi ya. Terima kasih untuk anggota tim 12 yang sudah memberikan ide-ide kreatif dan bekerja keras untuk majalah ini. 

Baca Juga: Baca Buku Bareng Online 

Hore, Edisi Perdana Majalah Anak PaberMagz Terbit
Bu direktur memamerkan majalah PaberMagz 

Semua cerpen, dongeng, puisi, cerbung dan cerita rakyat diseleksi dengan saksama oleh Tim 12 sebagai redaksi majalah. Untuk rubrik cerita rakyat, tim redaksi memutuskan memilih cerita rakyat yang jarang dikenal masyarakat Indonesia dan sebaiknya dari luar Pulau Jawa untuk memberikan kesempatan dongeng turun-temurun ini dikenal pembaca. 

Hore, Edisi Perdana Majalah Anak PaberMagz Terbit

Jadilah, aku menyeleksi naskah yang masuk dengan saksama. Tak disangka, aku menemukan banyak cerita rakyat yang menarik! Semoga cerita rakyat yang ada di empat edisi majalah ini memuaskan pembaca cilik yaa! 

Hari Sabtu tanggal 30 September aku meluncur ke ICE BSD tempat IIBF 2023 dilaksanakan. Alhamdulillah, bisa datang dari Ungaran untuk menghadiri peluncuran majalah. 

Di stan Paberland sudah hadir Kang Ali Muakhir kepala suku Paberland dari Bandung. Hadir pula anggota Tim 12 lainnya Mbak Wylvera Windayana yang kini tinggal di Balikpapan, ada Mbak Shinta Handini dan Uni Dian Onasis. Tak lama, menyusul Mas Sokat Rachman. Horee!

Kami berenam pun pun mengadakan acara peluncuran sederhana di stan dan disiarkan melalui Zoom agar para anggota Paberland bisa menyaksikan. Oh iya, siapa saja kontributor edisi perdana saat itu masih dirahasiakan oleh redaksi lho. Para kontributor tahu tulisannya terpilih pada saat peluncuran hari itu. Kejutan! Hehe.

Senangnya, majalah edisi perdana ini mendapatkan sambutan positif dari pembaca. Bahkan, banyak yang menanyakan edisi cetaknya. Insya Allah, edisi cetaknya akan menyusul dan bisa dibeli pembaca cilik ya! Tak sabar, ingin memamerkan majalah ini pada murid-muridku di Kelas Penulis Cilik. 

Penasaran kan ingin baca karya dari Teh Ary Nilandari, Bhai Benny Rhamdani,  Tyas Widjati dan banyak penulis keren lainnya  di edisi kali ini? Buruan yaa buka webnya, dan baca majalahnya bareng anak, adik, tetangga, murid-murid yaa! Ditunggu komentarnya! 

Posting Komentar

1 Komentar