Review Buku Komedi Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan Karya Iwok Abqary

Halo Kawan Aksara,

Sudah baca buku apa saja di awal tahun 2024? Alhamdulillah, ada beberapa buku yang sudah kutamatkan bulan Januari ini. Nah, kali ini, aku ingin berbagi ulasan buku komedi berjudul Si Jago: Pahlawan Pembela Penampilan karya Kang Iwok Abqary. 

Kalian pasti tak asing lagi dengan penulis Ridwan Abqary yang sering disapa Kang Iwok ini. Ia sudah menulis puluhan buku anak dan remaja. Juga telah memenangkan berbagai lomba menulis buku anak tingkat nasional. Kang Iwok adalah bapak dua putri dan pengasuh banyak kucing yang tinggal di rumahnya. 

Review Buku Komedi Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan Karya Iwok Abqary

Ada yang kangen dengan novel komedi Kang Iwok nggak? Buku Si Jago ini adalah novel kedelapan Kang Iok yang diterbitkan GPU. Sebelumnya ada novel Pengabdi Cilok bersama Irvan Aqila tahun 2018, Duo Tulalit Jalan-Jalan Nyasar dan lainnya.

Baca Juga: Ulasan Buku From Pesantren With Laugh

Tak disangka, akhir tahun 2023 Kang Iwok yang selalu mengaku tak lucu ini kembali menelurkan buku barunya. Horee! Siapa yang excited? Buku ini menceritakan tentang Jojo Dimyati yang sering disapa Jodi, pemuda Betawi lulusan SMK yang mendapat warisan dari almarhum ayahnya berupa setrika jadul yang masih pakai arang. Jodi bingung kenapa ayahnya mewariskan setrika bukannya sepeda motor untuk ngojek. Untuk apa setrika jadul? Warga kampungnya tak pernah menyetrika baju. Nggak mungkin kan setrika itu dipakai macul di sawah?

Akhirnya, Jodi mendirikan usaha cuci dan setrika bernama Si Jago dibantu sahabatnya yag keling Beno. Tadinya, usahanya bernama Iron Man tapi agak rancu ya, masa mau menyetrika harus pakai kostum besi bak Iron Man? Hehe. Jadilah, namanya jadi Si Jago, dengan tagline Pahlawan Pembela Penampilan. Keren, kan?

Sayangnya, usahanya tak berjalan mulus. Tak ada pelanggan satu pun. Padahal, ia sudah promosi membagikan flyer di kampungnya. Jodi putus asa. Ia memutuskan berhenti dari bisnisnya. Tapi, ia bingung apa yang harus ia lakukan? Menganggur itu tak enak. Jodi pun memutuskan melamar pekerjaan ke berbagai kantor dan hotel. Sayangnya, ia ditolak di mana-mana. Nasib Jodi malang benar ya?

Sepulang melamar pekerjaan, Jodi mendengar Beno sahabatnya hadir dan berpidato di arisan PKK di rumah ibu RT. Lho, lho kok Beno mempromosikan bisnis Si Jago depan ibu-ibu kampung? Lah, Beno ngapain sih pakai promosi segala, kan bisnisnya sudah resmi tutup? Cowok itu pun gundah-gulana menentukan langkah selanjutnya. Lanjut bisnis atau mencari pekerjaan door to door

Baca Juga: Tips Menang Lomba GLN Kang Iwok

Review Buku Komedi Si Jago Pahlawan Pembela Penampilan Karya Iwok Abqary

Kehebohan terjadi ketika Jodi dan Beno mendapat pelanggan misterius. Pelanggan itu ingin bajunya dicuci dan diberi pewangi bunga kamboja. Cuciannya pun harus diantar di area pemakaman. Hiiy. Siapa ya pelanggan setia Jodi, kuntilanak bukan ya? 

Buat kalian yang penasaran, tentu saja harus segera membaca buku setebal 151 halaman yang diterbitkan Penerbit Gramedia Pustaka Utama ini. Sampul depannya menarik banget nih suasana chaos kegiatan usaha laundri Jodi dan Beno yang realis digambar oleh Mas Wedha.

Oh iya, Novel remaja ini harganya Rp69.000 bisa kamu dapatkan di toko buku Gramedia atau toko buku online lainnya. Buku ini ditulis dengan lincah dan ringan oleh Kang Iwok. Ceritanya mengasyikkan untuk diikuti, banyak adegan kocak dan celetukan lucu dari Beno dan tokoh lainnya yang mengundang senyum dan tawa.

Coba saja baca percakapan absurd ini:

“Ceu Ida umurnya berapa?”

‘Tiga puluh sembilan!” Gue denger suara Ceu Ida ngejawab pertanyaan Beno.

“Tiga puluh sembilan? Waah!” Suara Beno terkesiap kaget. “Lihat, dengan usia semuda itu, Ceu Ida sudah terlihat seperti usia lima puluh  tahun!”

Gue yakin, Ceu Ida pasti bete.

“Itu karena penampilannya tidak dijaga. Salah satunya adalah dengan tidak memperhatikan pakaian yang dikenakannya. Sudah bau, kusut pula,”

Ceu Ida pasti lagi nyari-nyari pentungan sekarang.

Hahaha.

Tak hanya menghibur, buku ini juga menyemangati para pembaca muda untuk terus semangat berkarya dan selalu kreatif biar sukses. Jadi, kalian jangan mau kalah dengan Jodi dan Beno, ya! Harus produktif dan kreatif!

Bagaimana, makin penasaran? Yuk, baca bukunya ya biar buku Kang Iwok makin laris di pasaran dan jadi best seller, lumayan duitnya bisa buat beli dry food dan pasir kucing untuk kucing-kucing kesayangan Kang Iwok yang seabrek di Tasikmalaya. Hehe. Ditunggu buku selanjutnya ya Kang Iwok!

Judul: Si Jago, Pahlawan Pembela Penampilan

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit: 2023

Cetakan: Pertama

Penulis: Iwok Abqary

Ilustrator: Mas Wedha

Halaman: 151vHalaman

Harga Rp69.000,-

 

 

 

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Mau ah novelnya buat anakku. Kocak banget meski baru baca review-nya. Makasih ya Mbak Dew.

    BalasHapus
  2. Wah ini nih, bacaan ringan yang nyaman dibaca sepulang kerja. Capek baca yang berat-berat, apalagi segala urusan pilpres yang penuh drama. Ini bakal jadi solusi yang pas banget, jadi daku otw beli onlen, ehehehe

    Dari potongan ceritanya, kayaknya gaya bahasanya ringan dan anak muda banget ya. Karakter beno ngingetin sama iklan Axis jadul, yang orangnya selalu blak-blakan, hahaha. Dan aku juga suka banget sama slogannya, "Pahlawan Pembela Penampilan", ini juga asliii gaya beeeud. Wadidaw, hahaha

    BalasHapus
  3. Pas ditanya udah baca berapa buku di 2024? Hmmp, baru 1 buku yang kelar dibaca, buku tentang pembagian waris. Buku yang didapatkan dari sebuah event.

    Nah, suka banget nih dengan buku bergendre komedi, dari judulnya aja udah bikin tertarik sekaligus penasaran. Semoga buku Jago, Pahlawan Pembela Penampilan jadi Best seller karena rekam jejak penulisnya pun oke banget dan aku pun tertarik buat checkout, Thank you info nya sangat the best.

    BalasHapus
  4. Nasib si Jodi ini bagai dari kisah nyata ya? Kalau karya Kang Iwok dijamin bagus laaah, udh senior.

    Bukunya buat anak under 17 udh bisa dibaca kah?0

    BalasHapus
  5. buku yang menarik untuk dibaca diakhir minggu, siapkan diri untuk ketawa ketawa lepas sampe senyum senyum sendiri. Mau cari di gramedia online deh. siapa tahu nemu

    BalasHapus
  6. wedewww baca reviewnya aja eikeh udah ngikik, apalagi pas baca novelnya langsung

    auto ngikik guling2 dahhh.

    baguuuss beudsss ini buat anak remajakuuuu

    BalasHapus
  7. Kebayang ceritanya pasti serius ala anak muda tapi ada unsur kocaknya juga...
    Jargonnya bagus juga itu: "Pahlawan Pembela Penampilan".
    Kalau di rumah, bakal aku sematkan ke ART aku, hehehe... kerjaannya the best!!

    BalasHapus
  8. Membaca reviewnya, penulis buku itu memberikan sentuhan apapun sebuah warisan akan menjadi " sesuatu" jika bisa dimanfaatkan dengan baik. Menarik.

    BalasHapus
  9. Penasaran deh sama bukunya Kang Iwok Abqary. Otw cari ah di Gramedia, bukan buat anakku sih, tapi buat aku sendiri. Kan, orang tua juga butuh bacaan hiburan kan yah.

    BalasHapus
  10. kocak banget namanya Pahlawan Pembela Penampilan. Walau berlebihan tapi ada benernya juga sih. Karena kesan pertama yang baik itu mau gak mau harus diakui ya dari penampilan. Kalau lusuh kan kesannya gimanaa gitu...

    BalasHapus
  11. Aku kalau jadi ceu Ida bakal kubawakan sapu buat usir si Beno. Cewek tuh paling kesel kalau dikatakan tua, udah ibu-ibu aja bawaannya pengen dipanggil mbak, hehe. Btw bukunya pasti kocak, penasaran pengen baca.

    BalasHapus
  12. Novelnya kelihatannya kocak ya kalau baca reviewnya di sini dan memang ini bisa jadi bacaan yang renyah juga jenaka untuk menghibur kita jadi harusnya pada beli buat dibaca ya

    BalasHapus
  13. Ya Allaah.. ngakak pissan bacanya yaa..
    Tapi aku rasa, Beno ini punya bakat yaa.. bakat marketing.
    Sepertinya, dia juga ga sadar tuh sedang promosi Si Jago di pidatonya. Berarti dari hati kecilnya, ia sangat berharap dengan usahanya ini agar maju dan sukses.

    Cakep amaatt buku Kang Iwok "Si Jago: Pahlawan Pembela Penampilan"
    Aku mau ikutan bacaaa..

    BalasHapus
  14. Banyak membaca buku betul sekali akan membuat kita semakin kreatif dan banyak buku-buku yang memberikan kita motivasi untuk terus berjuang dan berkarya termasuk buku Si Jago ini, penasaran banget pengen baca bukunya jadinya, ternyata Kang Iwok banyak kucingnya, pengen liatin kucingnya

    BalasHapus
  15. Wah bukunya Kang Iwok nih. Pastinya seru. Udah lama deh aku gak baca tulisan Kang Iwok. Iya nih, aku jadi kepengen punya juga. Buat bacaan anak-anak bocil di rumah. Udah lama gak baca novel begini. Atau buat bahan aku cerita ke mereka. Anak-anakku paling suka kalo aku cerita. Semoga bisa segera ke Gramed. Nyari buku ini sekalian jalan-jalan. :D

    BalasHapus