Deus Ex Machina, Jangan Ada Tiba-Tiba dalam Cerita Anak

Halo Kawan,

Beberapa waktu lalu, aku mengikuti kelas online tentang tips menulis cerita anak yang diisi oleh Cici Dian Kristiani, penulis cerita anak produktif asal Semarang. Saat menjelaskan materinya, ia menyinggung tentang Deus Ex Machina.

Ada yang tahu apa itu Deus Ex Machina? Bukan, ini bukan merek pakaian, hehe.


Deus Ex Machina, Jangan Ada Tiba-Tiba dalam Cerita Anak
Deus Ex Machina, Jangan Ada Tiba-Tiba dalam Cerita Anak
 (Foto: Katerina Kucherenko Pixabay.com)

Deus Ex Machina adalah ungkapan bahasa latin yang artinya sebuah perangkat alur dimana sebuah masalah yang tampak tak terpecahkan dalam sebuah cerita secara mendadak dan rancu terpecahkan oleh sebuah kejadian tak terduga, biasanya membuat banyak orang terkejut (Wikipedia). 

Baca Juga: Tips Promosi Buku Agar Laris

Ternyata, istilah ini muncul saat pentas teater di Yunani. Saat tokoh utama dalam keadaan genting, akan dibunuh penjahatnya, disaat semuanya tampaknya tiada harapan, tiba-tiba Dewa menyelamatkannya. Tuhan atau Dewa dalam pentas teater  Yunani akan muncul dari langit-langit panggung! Si tokoh kesayangan penonton pun selamat. Begitu saja!

Deus Ex Machina adalah sebuah solusi dalam cerita, bertujuan menyelesaikan konflik. Salah satu penulis drama tragedi terkenal di Yunani, Euripides yang sering memasukkan unsur Deus Ex Machina ini ke dalam ceritanya dan membuatnya sering dikritik banyak penonton.

Nah, perkembangannya, saat ini Deus Ex Machina banyak muncul sebagai solusi seenaknya saja dari penulis. Bisa muncul di sinetron, novel, cerpen, bahkan cerita anak.

Deus Ex Machina, Jangan Ada Tiba-Tiba dalam Cerita Anak
Jangan ujug-ujug ada peri penyelamat dalam ceritamu (Foto: Pixabay.com)

Kalau bahasa kita mungkin, ujug-ujug atau tiba-tiba, ya. Misalnya nih, Seorang anak dikejar-kejar penjahat, tiba-tiba muncul penyelamatnya. Orang yang jatuh dari jembatan, tiba-tiba ada perahu lewat dan dia selamat. 

Tak ada penyelamat dan perahu sebelumnya disebutkan dalam cerita, tapi tiba-tiba muncul sendiri entah dari mana. Apakah jentikan ibu peri atau dikirimkan oleh malaikat? Entah. Yang pasti, hal itu menjadi penolong tokoh dalam cerita dan cerita pun berakhir bahagia.

Ngg..kalian kesal nggak kalau baca cerita seperti ini?

Aku ingat, beberapa tahun lalu aku mengikuti kelas menulis cerita anak Room to Read di Lembang, Bandung.

Menurut mentorku Bhai Benny Rhamdani, penulis Indonesia hobi memasukkan unsur kebetulan dalam suatu cerita. Ya, agar cerita cepat dapat penyelesaian. Istilahnya ya itu tadi, Deus ex machina.

Contoh konkritnya adalah cerita yang kubuat untuk workshop itu dan dibantai habis-habisan oleh mentor dan peserta lain huhu. Dikisahkan Isman dilarang berenang di Sungai Musi karena kotor sekali. Ibu menyuruhnya berenang di kolam renang. Suatu hari, Isman dan teman-teman berenang di empang, Mendadak tokoh ibu muncul dan memarahi Isman yang sedang berenang. Padahal dikisahkan Isman sedang berada di dekat sekolahnya.

Lho, kok ibunya bisa tahu Isman berenang di empang? Memangnya, Ibu Isman cenayang, ya? Atau punya pintu kemana saja Doraemon?

Kebetulan ini nggak mengasyikkan dibaca. Ceritanya jadi mudah ditebak. Dan penyelesaiannya terlalu mudah. Terlalu sinetron, hehe.

So, hindari menyuguhkan kisah ujug-ujug ala Deus Ex Machina ini pada pembacamu. Kamu harus bekerja keras menyelesaikan ceritamu dan jangan memberikan solusi asal selesai, solusi yang mudah tapi tidak masuk akal, hehe.

Baca Juga: Kelas Cerita Anak Maret 2021


Deus Ex Machina dalam cerita anak
Hindari Deus Ex Machina dalam karyamu (Foto: Pexels, Pixabay.com)

Jalan keluar terhindar dari Deus Ex Machina ini sebenarnya simpel, harus ada penjelasan logis dulu, kenapa si A muncul menyelamatkan sang tokoh. Harus ada penjelasan logis tentang suatu hal muncul di dalam cerita kita. Bukan ujug-ujug..dia nongol! Saha eta, nya? Ora bule pun jadi bertanya-tanya. Hehe.

Jika kamu ingin menambahkan tokoh si penyelamat dalam cerita saat tokoh Aldebaran dikejar penjahat, sebelum peristiwa itu terjadi kamu harus menyisipkan sedikit clue si penyelamat dalam ceritamu.

Siapa sebenarnya dia? Oh, ternyata si penyelamatnya adalah kakak Aldebaran yang curiga kok adiknya nampak ketakutan dan memutuskan untuk mengikutinya.

Nah, clue ini akan mengingatkan pembaca oh iya ini tadi sang kakak kan mencari Aldebaran di kamarnya! Jadi, ada penjelasan logis mengapa sang kakak bisa muncul tiba-tiba di lokasi, lalu melawan penjahat dengan gagah berani dan menyelamatkan adiknya.

Ingat juga, harus ada disisipkan dalam ceritanya lho kalau kakak Aldebaran itu jago taekwondo atau pencak silat. Jadi, nggak ujug-ujug dia datang melawan penjahat dan menang! Hehe.

Jadi, tak ada ujug-ujug dalam ceritamu. Jangan ada tiba-tiba dalam ceritamu. Kisahnya pun akan lebih menarik, kan! Bagaimana, siap menulis cerita yang seru? Ditunggu ya karyamu!

 

Komentar

  1. bener banget, lebih baik menceritakannya sesuai alur supaya anak-anak tidak berimajinasi terlalu tinggi ya.. karena semua ada prosesnya dalam hidup ini

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah ... tambah ilmu lagi. Terima kasih, Mbak Dew

    BalasHapus
  3. Ilmunya keren bangeet, mbaaa. Nambah wawasan. Aku dulu juga gitu. Sering ditegur sama mentor nulis karena "keujug-ujugan" dalam menulis cernak ini, haha. Ya habis kan kadang mikirnya, ya kaya kita kalo ngerasa udah takdir aja gitu, hihihihi

    BalasHapus
  4. Kalau di sinetron2 Deus Ex Machina ini ada mungkin upaya bisa bikin seasson selanjutnya sampai keseratus sekian hahaha
    Hmmm menarik juga mbaak. Ntar kalau mendadak ada gtu anak jd tiba2 bertanya drmn asalnya ya?
    Jd penasaran contoh cerita anak yang bagus kyk apa hehe

    BalasHapus
  5. 🤣 iyaaa banget ya. Tiba2 entah dari mana kekuatan super datang. Apalagi bikin cerita anak, anak2 udah kritis jg.

    Deus ex machina ada di cerita yg bukan untuk anak aja bisa bikin malaaas ya..

    BalasHapus
  6. Haha semoga jadi pengingat agar gak suka bikin ujug2 dlm cerita. Trima kasih sdh berbagi Mbak Dew. Salam hangat.

    BalasHapus
  7. Super duper menariik!
    Wah, insightful sekali nih, materi yg dibawakan mba Dian Krist.
    Kapan2 aku juga mauu ikutan kelas/workshop online yg diampu beliau.
    Bakalan seruuu!

    BalasHapus
  8. Deus Ex Machina, kirain nama mesin apa gitu (machina = mesin, ini sih saya aja yang maksain). Ternyata alur yang mendadak dalam sebuah cerita

    BalasHapus
  9. Ohhh namanya deus ex machina...sering banget ketemu gini di cerita film indonesia atau india gitu. Sebagai penonton jadi suka sebelkarena terlalu banyak kebetulan nggak masuk akal gini. Baru tau ini kalau namanya deus ex machina.. aka ujug-ujug. hehehe

    BalasHapus
  10. Jangan ada ujug2 intinya ya. Noted.

    Etapi kok aku jd inget kartun sopo jarwo. Entah kenapa sosok pak haji selalu ujug2 nongol nasehatin... apakah beliau selalu ada di dekat sopo jarwo? :D

    BalasHapus
  11. istilahnya yaa bikin baca berkali-kali, deus ex machina.
    tapi bener juga karena alur cerita harus make sense
    mukjizat kan ga selalu datang, butuh usaha dulu sampai mentok

    BalasHapus
  12. Oh jadi enggak boleh tiba-tiba si musang diterkam harimau saat hendak menyantap anak ayam yang kehilangan induknya. Selamatlah si anak ayam itu. Musangpun dimakan si Harimau, t a m a at.

    BalasHapus
  13. oh itu ya istilahnya dalam dunia kepenulisan
    emang meskipun cerita fiksi tetap harus make sense ya mbak, nggak tiba tiba gitu

    BalasHapus
  14. Ohalah, itu toh namanya 'Deus ex Machina' alias ujug-ujug. Sebenarnya memang tak boleh ya, tiba-tiba begitu saja. Namun saat ini, banyak sekali cerita yang memakai 'ujug-ujug' dalam sebuah novel, sinetron bahkan cerita anak.

    BalasHapus
  15. Bener emang seharusnya seperti ini nggak boleh ada ujug-ujug, tapi kadang puyeng juga nyari pemecahan masalah wkwkw.. Biasanya penulis pemula kayak saya begini, pengen cepet selesai, tapi logika cerita nggak jalan karena ujug-ujung.

    BalasHapus
  16. Iya juga ya, haha. Selama ini aku kalau bacain dongeng ke Anak pertamaku yang notabene super kritis dengan pertanyaannya, kata "tiba-tiba" seringkali menjebak karena anakku pasti bakal ngasih pertanyaan yang gak ada abisnya. I see Mba, hindari deh ya si "ujug-ujug" itu, well noted, makasih udah sharing ini ya Mba :)

    BalasHapus
  17. Wah iya nih mendadak ada malaikat penolong, sinetron banget ya. Dan namanya lucu emang sih, deus ex machina kayak nama kereta di film film

    BalasHapus
  18. Saya baru tau istilah deus ex machina. Anak-anak juga terkadang kritis. Ketika ada karakter yang datang tiba-tiba, mereka pun suka bertanya kenapa begini kenapa begitu

    BalasHapus
  19. Ooo jadi ceita yang ga tau juntrungannya tiba-tiba ada, itu namanya deus ex machina? susah nyebutnya.. hahahaha.. memang selalu ada tuh di sinetron. Buat kita jadi berisik nebak sendiri jalan ceritanya.. haha.

    BalasHapus
  20. Iya, ngeselin banget misal tiba-tiba aja muncul tokoh tak terduga, yang jadi penyelamat dari semua permasalahan. Fixed langsung bikin kesel ya kalau seperti itu.

    BalasHapus
  21. Nahiya niih...
    Aku baru tahu kalau istilahnya Deus Ex Machina. Kalau pakai Deus Ex Machina ini berarti penulisnya kaya uda kehabisan ide yaah..
    Berasa butuh short cut.
    Justru ini membuat ceritanya menjadi membosankan, menurutku.

    BalasHapus
  22. Oalah padahal aku selalu ngasih cerita gitu ke anakku
    "Tiba-tiba, datanglah pak Ucok yang menyampaikan kalau tadi buku saya tertinggal."

    Misal

    BalasHapus
  23. Wah, jadi tau.. Jadi inget, paling sebel kalo lihat film yang ujug ujug misalnya ketabrak mobil. Antara kaget dan selalu mbatin, ini kok kayak gini?
    Kalo ada clue kan setidaknya kita yang lihat atau baca bukunya bisa lebih sedikit paham

    BalasHapus
  24. Wah aku baru tahu ada istilahnya untuk yang tiba2 gitu. Padahal sering banget ya ada di buku atau film2 hehe. Noted nih buat bahan evaluasiku

    BalasHapus
  25. Makasiii Mbak Dedew.. 😍
    Ilmu banget ini..

    BalasHapus
  26. Makasih banget nih mbak atas insight nya nih, jadi tau istilah - istilah baru nih.

    BalasHapus
  27. jadi mungkin ini yang bikin penuli drakor semaunya sendiri bikin drakor yang suka bikin gemeees dan bete pas nonton wkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

GPC Talk: Tips & Trik Menang Lomba GLN Kemdikbud dari Iwok Abqary

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah

Apa Beda Menulis Novel Cetak dan Novel Online? Temukan Ulasannya di Sini!