Mencari Ide Tulisan dari Drakor Hits

Halo Kawan, 

Nonton drama Korea atau drakor sering dianggap orang kegiatan buang waktu ya. Jadi, tak heran jika ada orang yang menganggap sebelah mata pada penikmat drakor. Uhuk, drama banget sih bahasaku. Nggak pa pa ya lebay dikit, hihi. Maklum, anak drama, haha.


Mencari Ide Tulisan dari Drakor Hits


Padahal, manfaat nonton drama Korea banyak lho. Mulai dari hiburan pelepas penat, dapat pengetahuan baru, serta mendapat hikmah dari ceritanya. Ya, drakor menjadi tontonan yang menyegarkan saat kita semua tinggal di rumah karena pandemi Covid19. Kita jadi terhibur dan tidak bosan di rumah ya.

Ya, Dari drakor kita bisa menambah wawasan tentang suatu topik. Sebut saja, dari drama Romantic Doctor Kim, kita jadi tahu bagaimana suasana ruang IGD serta ruang operasi. Jadi tahu berbagai jenis penyakit langka karena riset penulis drama korea detil sekali. 


Baca Juga: Teknik 5W 1H untuk Tulisanmu


Terus dari drama Korea My Unfamiliar Family mengajak kita untuk berpikir ulang tentang arti keluarga. Kita mendapat hikmah bahwa dalam sebuah keluarga butuh keterbukaan dan tidak saling menyimpan rahasia.


"Kita keluarga tapi tak tahu apapun. Kita tak tahu apa-apa karena kita tak saling cerita."-Kim Eun Hee.


Dalam kan, maknanya?


Kabar gembira buat para penulis dan calon penulis, kita bisa mencari Ide Tulisan dari Drakor! Kalau blogger, setelah nonton drakor biasanya menulis ulasan dramanya, kumpulan quote menarik dari drakor, bahas aktor dan aktrisnya, dan banyak lagi ide seru lainnya. 


Kalau penulis fiksi? Kalian bisa mengangkat tema yang serupa tapi tak sama, misalnya dari nonton My Unfamiliar family bikin cerpen bertema keluarga, kakak adik yang selalu bertengkar. 


Atau kalian bisa mengambil ide dari karakter Kim Eun Hee, misalnya. Kalian bisa menulis cerpen dengan tokoh utama seperti Kim Eun Hee, anak tengah yang ceria, selalu berusaha menyenangkan semua orang, tapi diam-diam iri dan kagum pada kakaknya, minder karena prestasi kakaknya. 


Ya, nonton drama Korea banyak manfaatnya. Asal, kalian menontonnya tahu waktu. Jangan karena nonton drakor maraton, kalian jadi  begadang kan sayang badannya bisa sakit, atau keasyikan nonton hingga tugas kalian terbengkalai, hehe nggak banget! 


Lebih fatal lagi, kalau gara-gara drakor, kalian lupa menulis cerita. Ya, kapan naskahnya jadi kalau alasannya cari ide melulu di drakor? Hihihi. Ya, Jangan sampai alasan cari ide cerita membuat kalian nonton drakor maraton non stop hingga mata sudah mirip Panda tertukar, hihi. Lieur atuh! Jadi, siapa nih yang mau temani aku nonton drakor sambil cari ide? Hihi. 


Komentar

  1. Seru banget ya kalau habis nonton drakor dapat ide-ide segar. Setidaknya ya menulis review nya dulu baru menulis ide baru yang lainnya.

    BalasHapus
  2. aku tu dah coba berkali2 nonton drakor, tapi tetap gak tertarik. kadang merasa aneh bisa beda dari mamak2 lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu merasa aneh, namanya selera tak bisa dipaksakan hehe

      Hapus
  3. Ini menarik.... Nonton film untuk mencari inspirasi, pengalaman, bahkan pengetahuan...

    Syang sekali, orang yg nggak suka drakor.... 😂😂😂

    BalasHapus
  4. Memang ide bisa datang dari mana saja ya Mbak. Nonton drakor, anime, youtube dan sebagainya. Asal kita jeli menangkapnya

    BalasHapus
  5. Saya punya temen yg seneng banget nonton drakor, dia sampe hapal aktor2 drakor yg kalau sekilas bagi saya mirip semua, tapi dia hapal diluar kepala. Sisi positifnya yg saya tangkap dari hobinya nonton drakor adalah dia jadi bisa bahasa korea.

    BalasHapus
  6. Bener banget, setuju kakak. Jalan cerita drakor itu unik2 seperti W, itu paduan dunia nyata dan webtoon ~

    BalasHapus
  7. Betul banget. Kok Drakor sekarang keren-keren ya? Menerdaskan dan meluaskan imaginasi. Kapan ya sinetron di Indonesia bisa kek gitu. Inspiratirf banget tulisannya...

    BalasHapus
  8. Iya. Saya nonton drakor biasanya untuk rujukan juga. Makanya nonton yg dilabel terbaik atau pilihan gitu. Bisa belajar penulisan alur dengan napas panjang

    BalasHapus

  9. well, yes, I often do that too. even not interested in writing a review of the drama. btw have you watched any dramas

    BalasHapus
  10. Iya ya mba, aku skrg juga sering nonton drakor lg, biar ga jenuh di rumah mulu. Bisa buat ide nulis juga, hihi

    BalasHapus
  11. Hayuklah Teh nonton bareng hahaha, ini yang lagi aku tonton seru banget Do do sol sol la la yang bikin baper dan optimis terus dalam menjaalani kehidupan. Benar banget Teh, biasanya aku mengulasnya jadi konten blog hehehe

    BalasHapus
  12. Bener banget mbaa, nonton drakor juga banyak pelajaran dan hikmah yang bisa di ambiil hahaha, selain bisa untuk menghibur dirii, inspirasi juga bisa muncul gitu aja kalau lagi nonton drakor

    BalasHapus
  13. Suka banget, kak Dewi...
    Yang kebayang adalah karena aku anaknya mellow, jadi daripada gak bisa move on sendiri, aku tulis di blog biar gak bisa move on rame-rame, hehhee...ada temennya, seru.

    BalasHapus
  14. Setuju. Semua aktivitas itu memang harus imbang ya. Jangan over!

    Nah back to drakor.
    Aku percaya drakor itu punya genre masing-masing.
    Otomatis pesan yang disampaikan pun pastilah beragam.
    Tinggal pilih mau yang mana!

    Last but not least, mari kita saling menghormati pilihan tontonan!


    BalasHapus
  15. Sebenarnya ide nulis bisa datang dari mana aja ya. Termasuk dsri drakor yang kita tonton.
    Nulis reviewnya aja bisa bermanfaat banget buat yang baca dan pengen nonton.

    BalasHapus
  16. Nonton drakor maupun nonton drama lain bisa mendatangkan ide-ide yang nampol, tapi saya kadang terlalu larut hingga idenya malah melayang. Saya saja kali yang lebay hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Menulis Cerita Anak Yang Seru

10 Tips Sukses Penulis Pemula