Komik Jangan Berantem! Karya Aletta Jazzy Vlea Yang Kocak dan Unik

Halo Kawan,

Kali ini aku ingin mengulas buku komik dari Aletta Jazzy Vlea, komikus dan ilustrator muda berbakat dari Yogya. Aletta Jazzy Vlea yang akrab disapa Vlea, lahir di Yogyakarta 19 April dan kini berusia 15 tahun. Vlea yang kini duduk di kelas tiga SMP sangat menyukai seni dan membuat kerajinan terutama aksesoris. Vlea adalah putri pertama dari pasangan Imam Risdiyanto dan Tria Ayu.

Vlea beberapa kali memenangkan lomba menulis dan komik tingkat nasional lho diantaranya menjadi juara dua Lomba Cerita Anak Museum Biologi Yogyakarta 2020, Juara 1 Lomba Komik Bersuar Cerdas Berkarakter Kemdibud RI Kategori SMP yang diadakan Kemdikbud tahun 2020. Ia juga menjadi finalis Feskabi 2021 yang diadakan Bank Indonesia. Vle juga menggambar sampul untuk buku 10 Cerita dari 5 Penjuru Yogya karya Tria Ayu K yang diterbitkan Kemdikbud.


Buku Jangan Berantem by Aletta Jazzy Vlea

Buku Jangan Berantem! Adalah buku komik perdana Vlea. Tebal buku ini 124 halaman dan diterbitkan oleh Pustaka Kautsar pada Maret 2021. Buku ini berisi kisah seorang anak perempuan bernama Aviana yang kerap disapa Ava. Kehidupan sehari-hari Ava yang kocak dan periang bersama keluarga dan teman-temannya di sekolah terekam di buku ini.

Baca Juga: Kelas Skrip Komik Teh Tethy

Oh iya, menurut Vlea, tokoh Ava dan adiknya, Darrel terinspirasi dari pengalaman sehari-hari ia dan adiknya, El. Cerita-cerita El, serta orangtuanya kerap menjadi sumber inspirasi Vlea untuk menulis cerita komiknya. Vlea memberi contoh kalau cerita berjudul Tangan itu terinspirasi pengalaman El ketika mendengar ceramah tentang tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah, hehe. Kocak.

Buku ini berisi 19 cerita komik kehidupan Ava, lho. Judulnya antara lain: Tangan, Sombong Duluan, Teh Anget, Darrel Hilang! Mie Instan, Kejutan! dan banyak lagi judul cerita lainnya.

Salah satu ceritanya yang kocak banget berjudul Tangan. Adik Ava, Darrel mendengar ceramah ustaz tentang keutamaan tangan di atas daripada tangan di bawah. Langsung deh, Darrel mengangkat tangannya. Kebayang kan pegalnya mengangkat tangan terus-terusan? Haha.

Buku Jangan Berantem by Aletta Jazzy Vlea

Dalam cerita Kucing, diceritakan Ava dan adik-adiknya kesal karena kucing mereka rusuh. Ava pun memutar lagu pengantar tidur kucing dari Youtube. Apakah ide Ava berhasil menidurkan kucing ngereog ini? Baca sendiri dong. Seluruh cerita dalam komik ini berwarna, lho. Terus, Gambar Vlea lucu, dan mudah dipahami. Cerita-ceritanya pun seru dan lucu, bikin senyum dan ketawa-ketawa sendiri. Penasaran, kan? hihi.

Oh iya, Kalian penasaran bagaimana Vlea bisa menjadi komikus dan membuat komik Jangan Berantem! Nah, kalian bisa membaca tulisan Mama Vlea, Tria Ayu yang juga seorang penulis buku anak di bagian paling belakang, Cerita Di Balik Karya.

Buku Jangan Berantem by Aletta Jazzy Vlea

Menurut Mama Vlea, minat menggambar Vlea sudah tampak sejak usia dua tahun. Ia suka sekali menggambar dengan kapur. Saat dibelikan spidol dan kertas, kegemaran Vlea menggambar dan bercerita dengan gambarnya, bertambah. Ia bahkan bisa menghabiskan 1.5 rim kertas dalam sebulan.

Ia juga belajar menggambar secara autodidak melalui Youtube. Ciri khas Vlea, gambarnya tidak wah, namun lucu dan bercerita.

Menurut Mama Vlea, Tria Ayu, proses pembuatan komik ini tidak mudah lho. Semua berawal ketika Mama Vlea mendapatkan info tentang audisi komik anak di Penerbit Al Kautsar saat Vlea masih kelas 6 SD. Vlea tertarik dan mencoba memasukkan satu cerita. Ternyata, Mbak Woro editor Al Kautsar tertarik dan menawari Vlea membuat satu buku!

Penerbit Kautsar meminta 20-25 cerita komik setebal kurang lebih 120 an halaman. Proses menggambar dan mewarnai komiknya dilakukan Vlea secara manual. Proses kerja Vlea cukup unik, ia tidak membuat naskah terlebih dahulu. Vlea langsung menggambar dan membuat teksnya bersamaan.  Proses pengerjaannya cukup lama karena dilakukan disela kesibukan Vlea menjadi anak SMP di masa pandemi. Proses pembuatan komik ini sempat terhenti dan hanya mendapatkan 60 halaman setelah 10 bulan. 


Buku Jangan Berantem by Aletta Jazzy Vlea

Baca Juga: Komik Imaduddin Zanki

Mbak Woro kemudian menghubungi kembali meminta komik diselesaikan karena akan terbit akhir tahun 2020. Vlea pun mengebut menggambar sisanya yang kurang 60 halaman dalam waktu 1.5 bulan saja. Ia mengerjakan komiknya setiap hari. Mamanya menjadi asisten yang bertugas menggaris panel, menebalkan outline dan teks.

Kalau Vlea kehabisan ide cerita, Mamanya menceritakan pengalaman lucu keluarga mereka lalu Vlea mengolahnya menjadi cerita komiknya. Setelah itu, Ada proses revisi dari penerbit untuk cerita, gambar dan teksnya. Setelah semuanya ACC, baru kemudian Vlea mulai mewarnai komiknya.

Alhamdulillah, Vlea berhasil menyelesaikan 60 halaman dalam 1.5 bulan sesuai target. Jadilah buku komik Jangan Berantem! ini terbit dan bisa kalian beli dan baca ya. Harapan Vlea, semoga kalian bisa menikmati dan terhibur baca komiknya ini ya! Yuk, buruan beli! Selamat ya Vlea, semoga Vlea makin produktif dan semangat berkarya, menelurkan buku-buku berikutnya, ya! 

Judul Buku: Komik Ava, Jangan Berantem!

Format: Softcover

Jumlah Hal: 124 Halaman

Penerbit: Al-Kautsar Kids

Penulis: Aletta Jazzy Vlea

Tahun Terbit: 2021

Harga: Rp58.000,-

 

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

36 Komentar

  1. Beneran itu ada lagu pengantar tidur untuk kucing? Saya jadi penasaran hehehe...
    Mau search di yutub ah. Kali aja bener ada hehehe

    Keren ya remaja berprestasi banget ini. Ada turunan dan bakat dari ibunya kali ya

    BalasHapus
  2. Keren banget nih udah bisa bikin komik. Gambar dan warnanya lucu, ya. Ceritanya juga pasti seru.

    BalasHapus
  3. Wah Vlea masih usia 15 tahun udah bisa punya buku sendiri, buku komik pula. Terus dia nulisnya tanpa bikin script dulu, langsung menggambar dan dilengkapi dialognya. Keren banget!

    BalasHapus
  4. Wah keren sekali Vlea
    Bisa menulis komik dgn cerita yang menarik seperti ini
    Sukses terus ya Vlea

    BalasHapus
  5. Keren dan kreatif banget nih Vlea, pastinya gak mudah yah berkomitmen untuk menggambar komik, tapi akhirnya bisa terselesaikan juga. Lebih keren lagi mamanya Vlea yang setia menyemangati dan memberikan inspirasi nih

    BalasHapus
  6. Aku langsung salfok sama gambar dalamnya, cute banget dan warnanya pun pas sekali untuk menggambarkan cerita komik ini. Ceritanya pun ringan ya mak, jadi memang sesuai dengan usianya juga.

    BalasHapus
  7. Ya ampun keren banget sih Vlea ini. Aku jadi punya referensi kado buat anak temen, awalnya bingung mau nyari apa komik yang relate tapi juga bermanfaat. Makasih ya reviewnya hehe

    BalasHapus
  8. Dalam waktu 1,5 bulan bisa mengerjakan 60 halaman komik sekaligus animasinya? Keren banget ya anak usia SMP bisa menaklukan tantangan menyelesaikan dalam waktu sependek itu. Keren Masya Allah, Vlea.. semoga sukses dengan semua impianmu

    BalasHapus
  9. Masya Allah, keren sekali Vlea. Beber ya, inspirasi itu datangnya dari mana saja, salah satunya dari lingkup keluarga.

    BalasHapus
  10. Luar biasa ya karya remaja seperti Vlea ini. Didukung support penuh ibunya yang ternyata penulis cerita anak juga ya. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya nih..

    BalasHapus
  11. luarbiasa bakat dari Vlea yang bisa menulis komik ringan dan menarik seperti ini.. pastinya menyenangkan untuk dibacakan pada anak

    BalasHapus
  12. Aku pikir novel ternyata komik! Original banget lagi gambarnya. Seruuuu dan cerita ceritanya related dengan kehidupan sehari hari. Aku malah mikirnya. wah pasti bangga kali jadi orang tuanya..hehehe..

    BalasHapus
  13. Cantik sekali ilustrasi dari komik Aletta Jazzy Vlea.
    Anak sekarang masih rajin banget menuangkan ide melalui komik, ini langka dan semoga semangat literasi tetap terus berkorbar di hati anak-anak.

    BalasHapus
  14. MasyaAllah keren ya, usia SMP sudah bisa menerbitkan komik. Orangtuanya juga luar biasa dalam mensupport bakat anak. Yang wow itu 1,5 rim dalam sebulan..

    BalasHapus
  15. Wow..keren sekali Vlea ini..remaja produktif! Trims ulasannya ya, jadi penasaran ingin baca juga komik bagus ini..

    BalasHapus
  16. Masya Allah selamat Vlea, komiknya kereen banget gambarnya. Semoga makin produktif ya Vlea

    BalasHapus
  17. Keren banget Vlea usia 15 tahun udah menerbutkan komik jangan berentem. Keren nih kimikus muda berbakat

    BalasHapus
  18. Mamanya Vlea penulis buku,anaknya jago bikin komik dengan cerita yang menarik, duh anak SMP yang kreatif, sukses terus yaaa .

    BalasHapus
  19. Masya Allah, remaja berprestasi. Turut bangga dengan prestasi dan bakat yang dimiliki Vlea. Semoga semakin sukses.
    Kalau mau beli buku komiknya dimana ya mbak?

    BalasHapus
  20. Masya Allah keren banget komiknya, Vlea. Jadi pingin beli deh untuk anak-anak. Edukasinya oke. Sukses terus ya Vlea untuk karya-karyanya

    BalasHapus
  21. Wah bagus keren mba.. btw ini komiknya cocok dibaca dari anak usia berapa ya?

    BalasHapus
  22. 19 Cerita itu banyak juga ya, masih usia 15 tahun udah bisa nerbitin buku cerita. Dan prosesnya juga cepat, bikin komik sekaligus ceritanya. Keren banget Vlea, semoga makin produktif berkarya yaa

    BalasHapus
  23. Masyallah komiknya keren, bukunya menarik untuk di baca anak-anak , sukses selalu mba

    BalasHapus
  24. aaa ma syaa ALlah kereeen, kecil kecil punya karya ini, keren vlea.. sukses aaaah keren keren keren, gambarnya gemes banget khas anak-anak, kayaknya mau cari bukunya juga deh mbak

    BalasHapus
  25. Jadi bukan hanya manusia saja ya yang bisa diperdengar lagu pengantar tidur. Bahkan kuing pun bisa. Hahahaha, penasaran saya ama lagunya,

    BalasHapus
  26. Mbaak aku salfok sama ilustrasinya, simpel, bagus. Khas anak remaja ya mbak, kok aku pengen punya ya hahaha

    BalasHapus
  27. Keren nih Vlea... selamat yaaa udah terbit komik hasil karyamu, Vlea. Mantap ya, bikin gambar sekaligus dengan kisahnya. Mama dan anak sama hebatnya nih.

    BalasHapus
  28. Masyaa Allah hebat Vlea. Pas baca judul kayak kenal nama ini. Eh ternyata anaknya Mbak Ayu.

    Pas lihat gambar komiknya, aku suka banget. Aku lebih suka gambar yang kayak gini kalau buat komik. Semoga best seller bunya dan sering cetak ulang.

    BalasHapus
  29. Vlea masih SMP tapi Masya Allah ... Keren banget sudah bikin komik sendiri dengan cerita yang bagus-bagus, apalagi terinspirasi dari kehidupan dengan keluarga pasti menarik untuk dibaca. Sukses selalu ya..

    BalasHapus
  30. MasyaAllah tabarakAllah keren sekali Vlea. Ini komiknya juga edukatif banget menurutku

    BalasHapus
  31. Judulnya lucu banget...pasti isinya kocak niih...sudah lama ga baca komik

    BalasHapus
  32. Ya Allah anak pertamaku juga hobi gambar seperti Vlea ini semoga bisa seperti Vlea nih dan aku bisa ngarahin mba :)

    BalasHapus
  33. Wah MasyaAllah keren banget sudah berhasil terbitkan buku komik. Semanganya nggak main-main. Merasa tertohok deh. Hehe

    BalasHapus
  34. wah, keren banget nih. ini yang bikin masih SMP?? luar biasaaa! gambar dan ceritanya jugaterlihat menarik. jadi makin termotivasi melahirkan buku solo yang tertunda terus hihi

    BalasHapus
  35. Ilustrasinya gemesh banget Maaakkk. Cocok banget nih buat kado keponakan di ultah dia berikutnya :D

    BalasHapus
  36. Masya Allah, salut banget sama anak-anak kreatif dan cerdas begini. Bahkan ide ceritanya pun simpel dari kehidupan sehari2 yaa

    BalasHapus