Jadikan Perpustakaan Tempat Menyenangkan untuk Semua Orang


“Main ke perpustakaan yuk!”

“Hah, ngapain? Malas ah. Membosankan!”

“Wah, ketinggalan kamu!”

Kalian masih menganggap perpustakaan itu tempat yang membosankan dan hanya untuk kutu buku? Wah, kamu ketinggalan zaman. Saat ini, perpustakaan bukan lagi sebuah tempat berisi buku-buku lusuh berdebu dengan meja dan kursi ditata seadanya dan seringkali nampak angker.

Jadikan Perpustakaan Tempat yang Menyenangkan untuk Semua

Ya, perpustakaan kini telah bertransformasi menjadi sebuah tempat melakukanberbagai kegiatan yang menambah wawasan dan pengalaman. Perpustakaan kini menjadi ruang publik dengan fungsi yang luas dan tak terbatas.

Perpustakaan makin berbenah diri. Banyak perpustakaan yang merombak desain interiornya agar lebih nyaman. Perpustakaan kini tampil dengan penataan ruangan lebih menarik, estetik dan tentu saja nyaman untuk pemustaka.

Tak heran, kini banyak perpustakaan yang dijadikan lokasi pemotretan estetik. Suatu kemajuan besar ya bagi perpustakaan tidak lagi dianggap tempat yang kuno, gelap dan membosankan.

Menjadikan Perpustakaan Sebagai Ruang Publik yang Menyenangkan

Peran perpustakaan pum kini lebih luas lagi. Perpustakaan diharapkan berbasis inklusi sosial yang berarti perpustakaan wajib melayani pemustaka tanpa memandang perbedaan baik dari segi fisik, sosial, ekonomi, pendidikan bahkan kondisi mental pemustaka. Hal ini membuat perpustakaan menjadi tempat yang terbuka untuk siapa saja.

Jadikan Perpustakaan Tempat yang Menyenangkan untuk Semua

Ya, perpustakaan zaman sekarang bukan lagi tempat orang-orang membaca di sebuah ruangan yang dingin dan sunyi. Jika ada suara sedikit, pustawakan akan menegur dengan wajah judes. Perpustakaan telah bertransformasi menjadi tempat bermain dan belajar yang menyenangkan.

Baca Juga: Baca Online di Aplikasi Ipusnas

Berbagai kegiatan menarik bisa kita temukan di perpustakaan. Ada beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan pihak perpustakaan dengan berkolaborasi dengan komunitas dan lembaga yang berada di lingkungan perpustakaan.

Perpustakaan bisa menyelenggarakan bazar buku murah dan mengundang para insan perbukuan untuk membagikan pengalamannya. Misalnya, bedah buku bertema keuangan keluarga dengan mengundang penulis buku, atau praktisi perencanaan keuangan. Pemustaka akan mendapatkan wawasan baru seputar topik yang dibahas yaitu mengatur keuangan keluarga.

Perpustakaan bisa menyelenggarakan berbagai kelas yang menarik untuk pemustaka remaja menambah kemampuannya. Misalnya kelas public speaking dan kelas MC untuk pelajar SMA, kelas menulis artikel, kelas membuat tas rajut, hingga kelas menjadi konten kreator untuk remaja.

Jadikan Perpustakaan Tempat yang Menyenangkan untuk Semua

Pihak perpustakaan bisa rutin mengadakan sesi mendongeng dan read aloud untuk pengunjung anak-anak usia dini setiap bulan.  Perpustakaan bisa berkolaborasi dengan komunitas pendongeng dan berbagai PAUD dan TK untuk kegiatan ini. Kegiatan ini bisa meningkatkan kecintaan anak pada buku sekaligus menghibur mereka.

Bagaimana dengan para lansia? Perpustakaan bisa mengadakan kegiatan senam bersama lansia. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan cek kolesterol dan tensi gratis. Perpustakaan bisa merekomendasikan buku-buku yang cocok untuk para lansia misalnya buku Meditasi Lansia, Lansia Zaman Now, dan Status Gizi Lansia.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Buku Bajakan

Dengan berbagai kegiatan menarik yang diadakan perpustakan berkolaborasi dengan komunitas dan lembaga yang ada, maka peran perpustakaan menjadi lebih luas dan bisa memenuhi kebutuhan para pemustaka zaman sekarang baik kebutuhan informasi, edukasi dan juga hiburan. Perpustakaan akan menjadi ruang publik dan tempat berkegiatan yang menyenangkan bagi pemustaka segala usia dan latar belakang. 

Sumber Foto: Pixabay.com

Posting Komentar

33 Komentar

  1. Perpustakaan memang udah banyak b'transformasi jadi tempat yg makin ciamik, instagramable dst
    Sayangnyaaaa klo di Sby minggu tutup.

    padahal banyak komunitas yg hanya bs bikin activity d hari ahad ajaaa

    BalasHapus
  2. Issssh zaman sekolah dr SD Ampe SMU, tempat nongkrong ku perpus Mbaaa 😂. Pertama Krn aku memang suka baca, kedua Krn dingiiiin 😄. Jadi betah. Pokoknya teman2 pasti tahu hrs cari aku kemana kalo istirahat. Pasti ngadem di perpus 🤭

    Tp perpus skr yg udh semakin bagus, malah jrg aku datangin. Mungkin Krn aku sendiri ada perpustakaan pribadi di rumah. Trus ada banyak ebook sih 😄

    BalasHapus
  3. Setujuu, harusnya perpustakaan tuh bisa jadi tempat yang beradaptasi juga seiring perkembangan zaman. Jadi anak-anak muda tuh punya kecintaan dan minat yang tinggi terhadap membaca, dan kelak tingkat minat baca di Indonesia pun meningkat.

    Tapi Pe er utamanya tuh satu : Bikin perpus buka sampe hari sabtu dan minggu.
    Asli deh, perpus-perpus bagus tuh seringnya cuma buka office hour doang.

    BalasHapus
  4. Perpustakaan favorit saya masih yang berada di Cikini. Selain dekat dari rumah, buka setiap hari (tutupnya hanya saat tanggal merah - libur nasional) dan koleksi bukunya banyak. Plus tempatnya juga nyaman untuk WFC. Ada kedai kopi pula... :)

    BalasHapus
  5. dulu waktu masih kuliah, aku sama sohib sering banget nongkrong ke Perpus, entah perpus kampus atau perpus daerah. Paling betah memang di perpus daerah karena koleksinya lebih umum, ada majalah dan novel juga. Proses peminjamannya juga mudah

    BalasHapus
  6. Nah iya mba, Perpustakaan mesti di jadikan tempat nyaman dan rekomen buat di kunjungi sering-sering. Syukurnya Perpusatkaan Bogor dan Jakarta sudah sangat aktif bikin kegiatan, jadi semakin menarik minat kalangan masyarakat buat berkunjung terutama orang tua dan anak. Sayab pun sering ke perpus karena memang perpus sekarang oke fasilitasnya. Semoga saja merata di seluruh wilayah ya😇🙏

    BalasHapus
  7. bener banget kak perpusatakaan sekarang keren-keren desain nya juga cantik,,terakhir aku mencoba datang ke perpus bank bi wahh cakep banget tempatnya..lumayan ramai juga banyak mahasiswa yg ngerjain tugas disana..bukunya juga lumayan lengkap dri buku ekonomi sampai novel

    BalasHapus
  8. Sekarang sudah banyak perpustakaan ditata dengan menarik ya Mbak. Tidak seperti zaman dulu, perpustakaan kesannya monoton dan bikin mengantuk :D
    Desain perpustakaan sekarang, bikin orang pengen balik lagi dan lagi ke perpustakaan.

    BalasHapus
  9. Perpustakaan memang menjadi salah satu tempat yang menyenangkan buatku, bisa membaca apa saja. Gak melulu hal serius, sekedar hal ringan pun ada. Sayang nya kegiatan ini gak ku teruskan setelah pindah kota dikarenakan akses nya lumayan jauh

    BalasHapus
  10. kalo perpustakaan di Indonesia banyak yang seperti ini pastinya para pengunjung akan betah untuk membaca buku di sana ya

    BalasHapus
  11. Ya Allah udah lamaaa banget aku gak ke perpustakaan. Kangen vibes baca sendirian di perpustakaan kayak jaman kuliah.

    BalasHapus
  12. Buat aku yang introvert, berlama-lama di perpustakaan itu, semacam healing. Bisa seharian menghabiskan waktu di perpustakaan. Dan sekarang, mulai muncul perpustakaan-perpustakaan dengan konsep yang lebih estetik, kan lumayan sekalian ngonten, ya :))

    BalasHapus
  13. Perpus di daerahku lumayanlah. Serig ada kegiatan komunitas gitu. Terus bagian bawah ada tempat buat main anak meski kecil. Jadi kalau bawa bocah, mereka bisa main, ngenal buku juga

    BalasHapus
  14. Perpus di daerahku lumayanlah. Serig ada kegiatan komunitas gitu. Terus bagian bawah ada tempat buat main anak meski kecil. Jadi kalau bawa bocah, mereka bisa main, ngenal buku juga

    BalasHapus
  15. Kalau perpustakaan dijadikan tempat yang menyenangkan untuk semua orang bakal seru pasti.
    Dulu waktu aku tinggal di Amerika dalam seminggu bisa 2-3 kali ajak anak-anakku ke perpustakaan karena tiap hari ada acara mulai untuk usia balita, remaja, dewasa, hingga lansia. Jadi perpusnya tuh rame ajaaa...seneng banget
    Semoga di Indonesia semua perpus bisa melakukan hal yang sama, dan orang juga tertarik mengunjunginya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran sama perpusnya negara maju.
      Pasti nyaman dan bikin betah dengan koleksinya yaa.. Apalagi pencariannya gak sulit karena didukung oleh alat-alat canggih.

      Hapus
  16. Saya termasuk orang yang betah berlama-lama di perpustakaan karena salahs atu tempat yang menyenangkan dna tenang untuk mencari inspirasi, suka banget banyak ide kalau udah ke perpustakaan

    BalasHapus
  17. Aku uda lama banget gak ke perpustakaan.
    Kangeeeenn.. Bener-bener dikelilingin sama rak buku yang tinggi tinggi dan aku bisa baca buku terbaru apapuuunn genrenya, ini tempat paling aman dan nyaman seduniaaa..

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah, aku sekeluarga suka dengan perpustakaan. Di mana pun itu. Malah kalo datang ke mana, yang dicari adalah perpustakaan. Sebab selain bisa baca buku, juga bisa ngadem dengan suasananya yang tenang dan adem. Semoga di banyak tempat akan semakin banyak perpustakaan ya. Biar semua orang suka perpustakaan.

    BalasHapus
  19. Betul banget perpustakaan sekarang juga harus menyesuaikan dengan perkembangan, selain menyediakan buku-buku digital, akses wifi, sumber2 jurnal imliah yg bs diakses secara online, perpustakaan jg harus sering mengadakan acara dan jd tempat event seru untuk menarik minat pengunjung

    BalasHapus
  20. dari kecil, molly selalu suka dibawa ayah main ke perpustakaan. sampe sekarang pun suka banget juga ke sana

    BalasHapus
  21. Mauuu banget ajakin anak dan ponakan ke Perpus

    Apalagi Perpus di Sby makin tsakeeeppp🤣

    BalasHapus
  22. Seneng deh banyak perpustakaan yang sekarang dikelola secara bagus, bahkan bisa memfasilitasi kalau misalnya ada komunitas pembaca/pencinta buku mau ngadain acara

    BalasHapus
  23. Wah, itu di perpustakaan mana tuuh warna warni banget, cocok banget untuk ngebiasain anak-anak suka ke perpustakaan nih.

    Bener sih, sekarang perpustakaan udah jadi pusat lumayan kegiatan ya, jadi gak cuma bisa membaca dan meminjam buku aja, tapi tempat berkumpul dan berkegiatan semua kalangan. Paling seneng sih kalau ada yang read aloud itu, beneran jadi bikin anak suka sama buku soalnya.

    BalasHapus
  24. Perpustakaan memang sekarang cantik - keren - wangi - dingin - cozy place to read dengan banyak bantal bantal bahkan sofa raksasa!

    Aku jadi pengen ke perpusnas sama anak anak nih!

    BalasHapus
  25. Perpustakaan udah jadi lokasi asik sih di jaman sekarang. Malah suka ada spot² menyenangkan buat pepotoan, jadinya bikin betah dan destinasi wisata edukasi

    BalasHapus
  26. aku ni lagi seneng ke perpusda sebrang kebun raya. tempatnya enakeun dan magerebel banget deh. dari rumah bisa nek krl trus jalan kaki. pulang pake biskita juga gampang. terbaik lah pokokya :D

    BalasHapus
  27. Perpustakaannya cakep banget itu dan nyaman ya mbak, tapi memang yang namanya perpustakaan itu selain bukunya yang harus lengkap, tempat membacanya pun harus yang nyaman.

    BalasHapus
  28. Sekarang banyak perpustakaan bagus mbak
    Nggak hanya menyediakan buku bagus untuk anak anak
    Tetapi juga ada playground dan banyak permainan edukatif
    Makanya anak anak betah klo diajak ke perpustakaan

    BalasHapus
  29. Saya sama sekali belum pernah lagi ke Perpustakaan
    Anakku masih balita
    Takut mengganggu pengunjung lain
    Semoga next ada yang lebih ramah balita di Surabaya

    BalasHapus
  30. Sebenernya tempat favorit aku nih mbak cuma kebanyakan perpus di Indonesia masih belum sekece perpus luar ya. Mungkin kalo dibikin kegiatan2 seru atau pojok baca yg cozy bisa bikin penasaran pengunjung ya

    BalasHapus
  31. Perpustakaan zaman now udah banyak yang nyaman untuk semua orang menurut saya desin konsepnya udah kayak kafe dan ruangannya juga santai dan cozy

    BalasHapus
  32. aku dari sd hobi ke perpustakaan, tempat ternyaman buat aku dikelilingi banyak buku rasanya semua buku ingin aku baca, walau dulu perpustakaan smp and smu banyak debunya kesannya kurang terawat still i love it

    BalasHapus