Review Komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Karya Aan Wulandari

Halo Kawan,

Bagi para orang tua yang suka membelikan buku anak Islami untuk buah hatinya tentu tidak asing lagi dengan nama Aan Wulandari, penulis cerita anak produktif yang berdomisili di Semarang bersama suami dan ketiga buah hatinya. Penulis asal Magelang ini sudah menulis puluhan buku anak yang juga laris manis di pasaran. Ia adalah sosok yang menginspirasiku agar tetap produktif untuk menulis. 

Aan Wulandari yang hobi fotografi ini sudah belajar menulis sejak tahun 2004. Hobi membaca membuatnya menjadi penulis buku anak yang imajinatif. Aan sudah menulis sekitar 100 judul buku yang kebanyakan berupa buku anak Islami. Salah satu bukunya, komik Sunah Itu Mudah bahkan diterbitkan dalam bahasa Jepang di Jepang, lho! Keren, ya.

Komik Surga Neraka karya Aan Wulandari

Beberapa waktu lalu, aku ikut kumpul-kumpul bulanan Komunitas Blogger Semarang Gandjel Rel dan IIDN Semarang di rumah Aan di Tembalang, Semarang Atas. Aku mendapat oleh-oleh buku komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka?karyanya. Asyik! 

Nah, saat itu sebagai tuan rumah,  Aan Wulandari yang pernah aktif menjadi editor buku seri KKPK ini berbagi inspirasi tentang profesinya sebagai penulis buku anak. Aku sudah mengenalnya cukup lama dan hingga kini ia masih tetap produktif disela kesibukannya mengurus keluarga. Menurut Aan, proses menulis buku tidaklah terlalu lama. Yang lama justru proses mencari ide dan membuat model buku yang bagaimana.

Masa Pandemi Yang Berat untuk Semua

Saat pandemi Covid19 yang berlangsung dua tahun lamanya adalah salah satu saat yang cukup berat bagi para penulis termasuk dirinya. Saat pandemi, banyak penerbit kolaps. Naskah buku yang siap cetak banyak yang ditunda bahkan dibatalkan penerbitannya. 

Termasuk komik Surga Neraka pun dipending hingga dua tahun. Kalaupun ada yang terbit, biasanya dalam bentuk buku elektronik dan tidak dicetak. Ya, saat itu PPKM dan banyak percetakan tidak boleh beroperasi.

Review Komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Karya Aan Wulandari
Kumpul dan sharing di rumah Aan Wulandari

Yang mengagumkan, saat pandemi penerbit-penerbit kecil malah bertahan karena pemasaran mereka kuat secara daring. Karena saat itu anak-anak sekolah daring di rumah, maka yang laku di pasaran saat pandemi adalah buku Iqra karena para orang tua mengajar anaknya sendiri. Buku-buku aktivitas pun laris manis.

Tema buku anak yang laku sepanjang masa di Indonesia adalah buku religi, karakter serta adab. Contohnya saja buku kisah Nabi dan Rasul serta sahabat nabi. Komik Sunah itu Mudah karyanya termasuk laris.

Review Komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Karya Aan Wulandari
Blogger Gandjel Rel dan IIDN Semarang

Buku-buku dengan tema ini selalu terbit dengan berbagai kemasan. Walaupun topiknya sama, penulis buku anak harus kreatif mengemas bukunya agar lebih menarik dan disukai anak-anak. Penulis buku anak harus berani berinovasi. Misalnya, buku tema tauhid dan fiqih untuk anak sudah banyak karena itu perlu diferensiasi. 

Cari keunikan yang membedakan buku kita dengan buku-buku lain yang sudah terbit. Ingat, bukunya pun jangan terlalu menggurui karena tidak akan seru untuk dibaca anak-anak. Membosankan.

Bagaimana Mencari Ide Tulisan?

Menurut Aan, Kita bisa mendapat ide naskah buku dari bercengkrama dengan anak serta berdiskusi tentang banyak hal. Aan biasanya mendapat ide buku dari berbagai kajian yang diikutinya misalnya saja tentang tauhid. Nah, topik ini ia olah lagi idenya disertai riset dari buku-buku dan internet. 

Baca Juga: Komik Imaduddin Zaki

Hasil berdiskusi dan ngobrol dengan anak misalnya kita ngobrol tentang materi pelajaran sekolah anak. Misalnya metamorfosis. Kita bisa mencari fakta-fakta unik seputar metamorfosis dari buku dan internet lalu diolah menjadi cerita yang menghibur. Tema sains seperti alam semesta dan bumi termasuk yang laku di pasaran.  

Penulis Buku Anak Butuh Riset

Tahapan menulis Aan setelah mendapatkan ide yang menarik adalah memulai riset dengan buku-buku rujukan. Apalagi, ia menulis buku-buku anak Islami yang tentu saja rujukannya harus sahih dan terpercaya jadi ia mengoleksi buku-buku rujukan  seperti Kisah Para Nabi karya Imam Ibnu Katsir, misalnya.

Review Komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Karya Aan Wulandari

Ia juga membandingkan ide sejenis, lalu menentukan gaya penulisan yang cocok untuk naskah kita dan tentu saja sebagai penulis harus banyak membaca.

Saat menawarkan ide naskah pada editor sebaiknya sudah dalam bentuk outline dan ada contoh satu cerita yang sudah jadi. Jadi, jangan hanya berupa proposal saja. Tuliskan kelebihan naskah kita dibandingkan buku-buku yang sudah terbit sebelumnya.  Setelah pandemi, Aan kian produktif menulis buku anak nih. Kalian bagaimana?

Ulasan Komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka yang Seru dari Aan Wulandari

Alhamdulillah, setelah pandemi penerbitan buku pun kembali menggeliat. Komik surga dan neraka yang ditunda selama dua tahun akhirnya terbit. Banyak penerbit yang meminta naskah buku anak padanya sama seperti sebelum pandemi melanda. Nah, berikutnya aku akan membahas buku Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Yang diterbitkan oleh Al-Kautsar Kids Jakarta. Buku-buku Aan banyak diterbitkan di Al Kautsar salah satunya 99 Nama Indah Allah yang berkali-kali cetak ulang.

Review Komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Karya Aan Wulandari
Bagian dalam komik 

Komik setebal 140 halaman ini terdiri dari 16 cerita tentang indahnya surga dan menakutkannya neraka. Ilustrasinya digambar dengan apik oleh Wawan Kungkang.

Tapi, tidak seperti komik neraka yang angkatan jadul baca saat SD dan bikin trauma, komik karya Aan dikemas dengan seru dan menarik anak untuk membacanya. Tokoh komiknya ada dua kakak-beradik Arsyad dan Amirah yang ceria. Ada juga tokoh Ustadz Alka yang humoris.

Komik ini seperti yang disebutkan dalam kata pengantar dari penulis, untuk memperkenalkan konsep surga dan neraka dari sumber yang sahih pada anak. Jadi, anak-anak dan orang tua akan semakin bersemangat untuk masuk surga dan berusaha menjauhi neraka setelah membaca buku ini. komik ini dibagi dua bagian tentang surga dan neraka.

Kampung Akhirat

Cerita pertama berjudul Kampung Akhirat, diceritakan bagaimana Amirah sedih karena kakeknya sakit. Ia takut kakeknya meninggal dunia. Tapi, Asryadmeledeknya. Ustadz Alka lalu menceritakan tentang kampung akhirat sebagai tempat peristirahatan terakhir. Bahwa setiap makhluk hidup akan mati dan tak perlu khawatir asal amalannya bagus akan ke surga. Amirah lalu terhibur mendengar cerita Ustadz dan senang saat teman-teman mendoakan kesembuhan kakeknya. 


Review Komik Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Karya Aan Wulandari

Buah-Buahan di Surga

Ada juga cerita berjudul Buah-Buahan di Surga. Saat wisata ke Firdaus Park, Ustadz Alka menceritakan tentang buah-buahan di surga yang bebas dipilih sesukanya dan mudah dipetik. Anak-anak jadi berimajinasi betapa menyenangkannya surga itu.

Kampung Penderitaan

Nah, cerita di bagian neraka berjudul Kampung Penderitaan. Suatu hari, Arsyad ikut Ayahnya ke daerah kekeringan. Arsyad tersiksa karena udaranya panas dan susah sekali mendapatkan air minum. Ayah lalu bercerita, bahwa di neraka keadaannya jauh lebih mengerikan daripada daerah itu. Arsyad yang biasanya suka bercanda jadi termenung.

Kisah surga dan neraka dalam buku ini diceritakan dengan berbagai perumpamaan sehingga mudah dimengerti pembaca usia TK dan SD. Juga tak membuat pembaca ketakutan melihat gambar seramnya neraka.

Pada cerita Makanan dan Minuman di Neraka, penulis memberi contoh Arsyad tak sengaja minum air panas lalu Ibu menceritakan bagaimana penghuni neraka hanya minum air super panas dan makanan berduri. Anak-anak lebih mengerti bagaimana indahnya surga dan ngerinya neraka.

Selain itu, buku ini dilengkap berbagai hadist dan potongan ayat yang sesuai dengan kisah yang diceritakan penulis. Lengkap, bukan? Komik seharga Rp63.000 dan full colour ini bisa kalian beli di toko buku daring ataupun luring di Indonesia.  Selamat membaca ya!

Judul Buku: Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka?

Format: Softcover

Jumlah Hal: 140 Halaman

Penerbit: Al Kautsar Kids

Penulis: Aan Wulandari

Komikus: Wawan Kungkang

Tahun Terbit: April 2022

Harga: Rp63.000,-

 

 

Posting Komentar

42 Komentar

  1. Mbak Aan memang super produktif, yaa plus humble juga. Makasih Teh Dew, untuk reportase dan review komiknya. Jadi pengen baca, deh.

    BalasHapus
  2. Wah..memang buku anak yg bagus ya ini.. Terimakasih info review-nya mba..dan terima kasih juga bocoran tips dari penulis handal ini..

    BalasHapus
  3. Bener sih. Buku yang akan selalu laris mah buku-buku kisah para nabi dan rasul. Dan tentang riset. Saat kita mau nulis buku apa saja selalu butuh riset. Bahkan buku anak juga.

    BalasHapus
  4. Aku tuh selalu salut sama penulis2 buku anak. Ga gampang bikin buku anak apalagi yg bertema agama pasti butub riset mendalam. Btw aku jd penasaran deh mbak pengn beliin buat Krumala. Ndilalah beberapa hari lalu sempet nanya seputar surga juga

    BalasHapus
  5. Jadi penasaran pengen baca bukunya karena aku juga masih suka baca buku anak-anak. Memang ya kalau buku anak dikemas dengan cerita yang lucu dan menghibur itu menarik ya, Mbak. Jadi pengen beli buku ini untuk keponakanku yang masih usia empat tahun dan sering tanya tentang surga dan neraka.

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran pengen baca bukunya karena aku juga masih suka baca buku anak-anak. Memang ya kalau buku anak dikemas dengan cerita yang lucu dan menghibur itu menarik ya, Mbak. Jadi pengen beli buku ini untuk keponakanku yang masih usia empat tahun dan sering banget tanya tentang surga dan neraka.

    BalasHapus
  7. waa makasih mba dew ulasannya, jadi tahu gambaran komik ini. ini masuknya komik dakwah yaa? suka sama komik yang kayak gini yang mana bakalan ngga nyadar kalau lagi ditransferin ilmu fiqh secara fun

    BalasHapus
  8. Komiknya mba Aan Masya Allah keren banget sih, gak kayak komik jadul yang aku baca dahulu. Cocok ya dijadikan kado ulang tahun, bisa untuk belajar dengan cara menyenangkan kalo baca komik ini

    BalasHapus
  9. Naaah iyaaaa, buku surga dan neraka zaman kita dulu, sereeem bangeeet mba, aku sampe trauma baca πŸ€£πŸ˜…. Kayaknya orang zaman dulu memang lebih suka ngajarin anak2 pakai segala sesuatu yg serem Yaa.

    Pengeeen ih beli buku ini, buat bacaan anakku. Kami masih suka saling bacain buku pas malam. Dan aku memang lagi cari buku2 berbasis agama tapi yg ga menggurui, jadi anak2 ga bosen bacanya. Thank you referensinya mba 😘.

    BalasHapus
  10. anakku suka baca komik. Nah biasanya pelajaran agama ku berikan dalam bentuk komik seperti ini. Full color dengan ilustrasi menarik dan konsepnya tidak menakut-nakuti seperti buku neraka zamanku SD, bagus nih komiknya untuk anak usia SD ke atas.

    BalasHapus
  11. Aku baru paham sekarang kak Dew, mengapa penerbit masih ada yang bertahan mencetak buku fisik daripada smenyediakan buku digital. Salah satu pangsa pasarnya adalah anak-anak yang masih wajib banget megang buku fisik ya..

    Suka dengan konsep Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? yang dibahas dengan bahasa khas anak-anak. Agar anak-anak lebih termotivasi untuk berbuat baik dimanapun kapanpun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anakku butuh refrensi komik islami begini..
      Karena sedang ikutan ekskul bikin komik di sekolahnya. Kalau gambar, kakak alhamdulillah...tapi dengan merangkai sebuah cerita ini ternyata gak mudah.

      Baca komik lebih banyak agar bisa lebih banyak dapat ide.

      Hapus
  12. Bukunya bagus. Memang ya penulis buku anak itu gak bisa sembarangan. Salut banget sama Mba Aan yang sudah menerbitkan 100 buku anak. Saya coba cari buku-bukunya deh buat si kecil.

    BalasHapus
  13. Komik salah satu media yang mengasyikkan untuk mengajarkan kepada anak - anak soal agama, banyak sekali komik yang seperti ini salah satunya KKPK, anak - anak suka sekali koleksi komik ini. Sekarang ini banyak sekali sarana yang tidak membosankan untuk mengajarkan anak - anak soal agama, untuk bekal mereka nanti.

    BalasHapus
  14. Anak-anak memang perlu diilustrasikan mengenai surga dan neraka ini dengan cara yang mudah dipahami...buku nya bagus...recommended untuk ayah bunda

    BalasHapus
  15. Dengan bercerita semenarik mungkin anak jadi tidak merasa digurui, tidak lekas bosan ya. Yang penting intinya ilmu pemahaman sampai di si anak
    Keren nih Mbak Aan semoga ilmunya berkah. Saya jadi paham bagaimana liku menuliskan cerita anak. Susah juga ternyata buat saya. Hehehe

    BalasHapus
  16. ini ceritanya bagus ya mak, aku lihat sekilas isinya pun bagus banget itu ya bikin anak-anak tertarik bacanya. Anak-anakan demen banget sama warna-warni gitu bikin dia minat bacanya.

    BalasHapus
  17. wah seru deh komik Apa Itu Surga, Apa Itu Neraka ini. Buat diberikan bacaan kepada para keponakan aku, memberikan masukan atau nasehat tapi melalui bacaan komik yang seru kayak gini, jadi lebih masuk deh ke mereka

    BalasHapus
  18. Riset!

    Iyes. Setuju sama Mba pengarang Aan Wulandari!
    Riset sangat membantu untuk keotentikn cerita, apalagi mau berbagi informasi seperti surga dan neraka ya.
    Sungguh bukan hal main-main!

    BalasHapus
  19. Anakku kan lagi suka baca komik ya Mbak Jadi kayaknya aku mau cari deh buku ini biar dia belajar lebih banyak. Syukurlah masih ada yang jual ya Mbak Dew 😍

    BalasHapus
  20. Kalo inget buku tentang surga dan neraka jaman dulu kok serem2 ya 🀣 nggak sekiyowo ini haha
    Bagus nih bukunya buat ngajarin anak2 lebih mendekatkan diri sama Pencipta tanpa embel2 menakut2i. Ini yg bikin keren sih karena ga gampang risetnya πŸ‘πŸΌ

    BalasHapus
  21. Wow bukunya Aan Wulandari ada yang diterbitkan dalam Bahasa Jepang juga.
    Menulis buku anak pun butuh riset juga ya, dan karena berbasis Islami, mesti banyak lagi yang mesti dijadikan bahan rujukan sebelum mulai menulis.

    Buku apa itu surga? apa itu neraka? menarik juga nih buat mengajarkan tentang surga dan neraka pada anak-anak dengan cara menyenangkan dan tidak menakutkan saat menceritakan tentang neraka

    BalasHapus
  22. komik seperti ini sangat membantu orangtua untuk menyampaikan perihal surga dan negara kepada anak ya

    BalasHapus
  23. Terkadang memang suka sulit menjawab pertanyaan seperti ini. Agar terkesan menyenangkan bagi anak. Karena kalau dulu kesannya serem. Jadi suka takut kalau udah diceritakan ttg surga dan neraka. Bagus juga nih bukunya karena bis amembantu pertanyaan anak

    BalasHapus
  24. Mbaaaa ini menariikk bgt
    Disajikan dalam bentuk komik. Anak2 dan org gede pun sukaaaa

    Aku dulu juga belajar agama pakai komiknya vbi djenggoten πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
  25. Riset adalah kunci ya mbak
    Komik ini bagus ya, bisa menjelaskan bab surga dan neraka dengan cara yang menarik dan mudah dimengerti oleh anak-anak

    BalasHapus
  26. Makasih maak dew ulasannya, bukunya bagus bagus jadi mupeng pengen beliin buat anak2.

    Semoga mb Aan semangat selalu menghadirkan karya karya yang berkualitas

    BalasHapus
  27. Kalo penerbit kecil gitu biasanya juga melakukan kerjasama dengan penulis yang mempromosikan bukunya di media sosial ya mbak, jadi tetap bertahan saat pandemi. Buku Apa Itu Surga? Apa Itu Neraka? Ngajarin anak mengenal Surga dan Neraka dengan lebih mudah didukung animasi yang berwarna

    BalasHapus
  28. Komiknya menarik. Aku tuh kurang pandai bercerita soal surga neraka sama Bocah. Kalau baca ini, bakal tertolong kali ya. Kan disesuaikan dengan bahasa Anak

    BalasHapus
  29. Menarik banget ada komik anak seperti ini ya Mba, Γ nak bisa lebih paham memahami apa itu surga dan neraka. Kadang kalau dijelasin tanpa ada media kaya buku, mereka agak sulit membayangkannya

    BalasHapus
  30. Keren ya pandemi bisa produktif. Bagus jg hasilnya.. Cara asik mengenalkan materi surga neraka pada anak salah satunya dengan komik

    BalasHapus
  31. Inget banget kalo zaman dahulu disuguhi buku surga neraka yang mengerikan. Alhasil, satu kali baca terus buku itu saya museumkan, Mba. Hahaha. Alhamdulillah, Mba Aan sukses menyajikan buku mengerikan ini dengan cara menyenangkan. Semoga makin laris manis dan meraup pahala berlimpah bagi tim terlibat.

    BalasHapus
  32. Rekomended nih bukunya. Bagus banget buat hadiah untuk anak-anak.

    Setuju banget, riset menjadi hal yang wajib dalam menulis sebuah buku. Kereenn bukunya, saya suka

    BalasHapus
  33. bagus nih komiknya, harus banget dibaca sama anak - anak nih. INformasi surga neraka yang dikemas dengan oke banget nih

    BalasHapus
  34. Saya selalu salut sama penulis buku/cerita anak-anak, itu jauh lebih susah dibandingkan bikin novel. Bagaimana memasukkan unsur nasihat, motivasi dalam tulisan yang sederhana dsengan diksi yg tidak membingungkan buat anak-anak. Titip salam kenal buat Mbak Aan Wulandari yah

    BalasHapus
  35. Mbak bedanya picture book dan komik tu kyk gmn ya?
    Tadinya kupikir Mbak Aan ini menggambar sendiri juga, ternyata bisa ya bikin komik tapi dibantuin ilustrator gitu?
    Sepertinya aku mau beliin deh buat anak2ku supaya bisa paham tentang syrga dan neraka dengan cara yang lebih baik.
    Kalau zaman dulu emang ada tu komik surga neraka yang orgnya ditusuk2 di neraka, hiiihh msh inget banget mpe sekarang hehe TFS info bukunya.

    BalasHapus
  36. Nah buku yang begini nih yang disuka anak-anakku. Gak banyak tulisannya, dan banyak gambarnya. Dalam bentuk komik pula. Isinya bermanfaat juga. Jadi kepengen punya deh buat bocil.

    BalasHapus
  37. Nah buku yang begini nih yang disuka anak-anakku. Gak banyak tulisannya, dan banyak gambarnya. Dalam bentuk komik pula. Isinya bermanfaat juga. Jadi kepengen punya deh buat bocil.

    BalasHapus
  38. penyampaian ringan dan bentuknya komik kemungkinan besar bakal lebih disukai dan lebih mudah diterima, anak-anak jadi lebih fun bacanya. menurutku ini kemajuan banget dibanding zaman aku kecil ada komik yang bahas kengerian neraka, penyampaiannya kurang "friendly" wkwkw. cukup traumatis sih memang abis baca itu πŸ˜… harganya pun affordable yah untuk investasi pengetahuan anak jangka panjang

    BalasHapus
  39. Komik yang bagus nih. Gambarnya juga jelas banget ya. Mudah dibaca anak SD. Materinya sangat diperlukan anak-anak sekarang.

    BalasHapus
  40. Masya Allah, keren banget sudah menulis lebih dari 100 buku, sekeluarga keren semua ya, Mbak. Sungguh inspiratif dan saling support. Anak anak kita butuh buku2 bacaan yang inspiratif dan juga mengajarkan hal-hal keagamaan dengan daya pikir yang mudah diterima oleh anak. Sukses selalu..

    BalasHapus