Kegiatan Baca Buku Bareng Yang Seru di Media Sosial

Halo Kawan,

Masih semangat puasanya kan? Pastinya ya!

Salah satu kegiatan asyik untuk mengisi waktu saat berpuasa  adalah membaca buku. Dengan membaca buku, kamu bisa terhibur, juga menambah wawasan dan pengetahuanmu tentang suatu hal. Untuk mengisi waktu saat ramadan, kamu bisa membaca buku-buku Islami misalnya buku Sekolah Ramadan dari Dr. Aid Abdullah Al Qarni atau buku Aminah The Greatest Love karya Abdul Salam Al Asyri.

Kegiatan Baca Buku Bareng Yang Seru
Kegiatan Baca Buku Bareng Yang Seru di Media Sosial

Akhir-akhir ini, apalagi setelah pandemi, kegiatan berkumpul secara luring makin marak. Tak hanya berbagai konser dari artis mancanegara dan artis lokal. Kegiatan klub buku dan penerbit pun makin marak diadakan secara tatap muka. 

Baca Juga: Tips Kenali Buku Bajakan

Duh, Jadi kangen pada klub bukuku yang dulu sempat terbentuk di Semarang. Kami bertemu di kafe atau rumah anggota lalu berdiskusi tentang buku yang telah kami sepakati sebelumnya. Sayangnya, karena kesibukan para anggota klub buku ini pun bubar jalan. Hiks.

Nah, setelah pandemi dan kita boleh berkumpul kembali, kini marak acara baca buku bareng. Salah satunya adalah kegiatan Temu Buku yaitu acara tukar buku dan baca bareng dari Komunitas Buku Berjalan.

Kegiatan Baca Buku Bareng Yang Seru
SIlent Reading bareng 17's Library (Foto: Twitter 17's Library)

Bulan Februari lalu, mereka mengadakan acara Temu Buku di Taman Indonesia Kaya di Semarang. Kegiatannya unik karena semua peserta baca buku bareng di lokasi acara. Buku yang dibaca pun bebas buku apa saja. Acara Baca Bareng ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tukar buku. Buku yang kita miliki bisa ditukarkan dengan buku yang dibawa peserta lain. Seru ya?

Tak hanya kegiatan tatap muka, kegiatan baca buku bareng secara daring atau online pun kian marak diadakan. Bahkan, di Twitter banyak komunitas atau klub buku yang mengadakan acara baca bareng ini.

Diantaranya adalah klub-klub buku yang anggotanya adalah Kpoper dari beberapa fandom. Para Kpoper yang suka membaca ini lalu membentuk klub buku yang salah satu kegiatannya adalah baca bareng secara daring. Unik ya?

Sebut saja klub buku 17’s Library yang anggotanya adalah Carats, sebutan untuk fans dari boy group asal Korsel, Seventeen. Klub ini berdiri 1 Januari 2022 oleh seorang carats bernama Liz. 

Awalnya, ia melihat postingan salah satu carats yang berisi daftar judul buku bacaan rekomendasi para member Seventeen. Ia jadi berpikir kenapa tidak membentuk klub buku saja sekalian untuk membantu para carats yang ingin membaca buku-buku rekomendasi para idolnya secara legal. Berawal dari niat mulia itu, kegiatan klub ini pun makin berkembang, ya. Salah satu kegiatan mereka selama bulan ramadan tahun ini adalah event #ReadingTogether di Google Meet. 

Baca Juga:  Belajar Membuat Tokoh Fiksi

Kegiatannya unik, silent reading membaca buku apapun yang kamu sukai di Google Meet setiap hari selama Ramadan selama 1 jam pada pukul 06.00-07.00 WIB. Menurut Kakak Mimin 17s Library, kegiatan ini sama saja dengan kegiatan membaca bareng di perpustakaan hanya saja ini dilakukan secara online. Tiap peserta boleh on atau off camera, dan buku yang dibaca pun bebas. Biasanya di akhir kegiatan, ada diskusi ringan, cerita buku apa yang kita baca saat kegiatan berlangsung. Ya, siapa tahu teman lain bisa teracuni bacaan kita? Hehe.

Ih, kenapa mesti baca bareng online habis-habisin kuota?

Kegiatan Baca Buku Bareng Yang Seru
Baca buku sejarah bareng (Foto: Twitter BBSB)

Ya, kalau sendirian biasanya kita malas membaca buku. Ada saja alasan untuk tidak baca buku: sibuklah, ngantuk,  dan alasan lainnya.

Nah, Kalau bacanya bareng-bareng seperti ini rasanya lebih semangat untuk menyisihkan waktu. Walaupun saat kegiatan berlangsung kita tidak berinteraksi dengan yang lain ya. Suasananya pun mendukung, admin event akan memutar musik instrumentalia untuk mengiringi acara baca kita.

Pagi ini, Aku mengikuti kegiatan Reading Together bersama 17s Library. Hari ini, pesertanya tujuh orang. Aku ikutan bergabung dengan membaca buku berjudul Natural Dyes: Ensiklopedia Zat Warna Alami dari Tumbuhan untuk Industri Batik. Aku baca buku ini buat bahan menulis naskah cerita anak. Doakan aku, ya!

Selain itu, ada juga klub buku Read With Teume yaitu klub buku yang  anggotanya adalah Teume, fans grup Treasure dari YG Entertainment. Tapi, buat kamu yang bukan Teume juga bisa ikutan kok.

Kegiatan mereka untuk bulan Maret ini juga tak kalah unik yaitu Reading Challenge Membaca buku-buku dari Asia, tempat Treasure akan konser kali ini. Hihi. Para peserta diwajibkan baca buku yang penulisnya berasal dari Indonesia, Singapura, Cina, Taiwan dan lainnya. Seru ya!

Aku juga menemukan klub buku Teman Baca IDN di Twitter. Kegiatan mereka diantaranya 30 menit #Ngabuburead setiap sore selama ramadan. Ada juga Reading Challenge bulan Maret membaca buku bertema fantasi dan petualangan karya penulis Indonesia.

Terus, ada juga kegiatan Klub Baca Buku Sejarah Bareng, biasanya diadakan di Space Twitter. Aku tahu tentang kegiatan ini dari akun Twitter Kak Dela Syahma, seorang historical fiction reader yang rajin membagikan informasi tentang buku-buku di timeline Twitter. 


Kegiatan Baca Buku Bareng Yang Seru di medsos
Baca buku apa hari ini? (Foto: Pixabay.com)

Ternyata, anggota klub ini cukup banyak lho. Kegiatan baca buku bareng di klub ini lebih spesifik ke buku-buku sejarah. Unik kan. Bagi sebagian orang, baca buku sejarah itu membosankan dan bikin ngantuk. Tapi, hal itu tidak menyurutkan semangat mereka.

Para anggotanya juga sering membahas buku sejarah yang sedang dibaca di Twitter dengan tagar #BacaBukuSejarahBareng. Coba deh intip ulasan mereka yang  menarik. Kegiatan BBSB bulan ini adalah berkolaborasi dengan Penerbit KPG, yaitu membaca buku-buku karya Iksaka Banu. 

Salah satunya adalah buku berjudul Rasina yang banyak dibahas oleh anggota BBSB. Menarik banget kan? Kalau kamu penasaran coba cek tagarnya kamu akan menemukan banyak ulasan buku Iksaka Banu. Siapa tahu, kamu tertarik membaca bukunya juga.

Selain itu, BBSB juga mengadakan event Silent Reading Room Membaca Rasina yang diadakan 23 Maret oleh host Kak Dela dan diikuti 42 orang. Buku Rasina ternyata menarik minat para pembaca buku bertema sejarah. Kegiatan ini juga bisa jadi promosi yang bagus untuk para penulis Indonesia agar buku-bukunya lebih dikenal pembaca.

Nah, itu dia sekilas cerita tentang kegiatan baca bareng yang sedang hits di media sosial. Kamu berminat ingin gabung atau bahkan sudah gabung dengan salah satu kub buku di kotamu? Ceritakan di kolom komentar ya! Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berpuasa!

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Klo silent reading tuh detail kegiatannya gimana, Dew?

    BalasHapus
  2. sebagai orang yang suka baca, tetapi belakangan jarang baca, rasanya bersalah banget. memang momen seperti ini memaksa saya buat baca lagi, hehe. terima kasih informasi kerennya, mba

    BalasHapus
  3. Serunya bergabung dengan klub buku online. Saya cuman minat aja tapi belum eksekusi sama sekali

    BalasHapus
  4. Wah menarik mbDew.

    Yang sore ngabuburead pengen ikutan, tapi apa daya setelah jam 3 sore waktunya di dapur sampai buka puasa 😥

    Tapi yang lainnya menarik, aku mau coba ikutan 🥰

    BalasHapus
  5. Eh, baru tahu ada yg begini. Seru banget kayaknya jd pengen ikutan 😍 emg bener sih sesuatu yg dilakukan bersama emg lbh bikin semnagat hehe

    BalasHapus
  6. Wah seru ya, secara gak langsung idol mereka memberikan dampak positif , jd sesama fans bisa berbagi buku apa saja yg dibaca oleh idol mereka, fandom idol ku ada yg punya komunitas baca kek gini juga gak ya? Hehehe. Ini juga seru nih yg baca buku sejarah bisa mengingat kan kita dgn sejarah2 masa lalu, wah asik nih😍

    BalasHapus
  7. kegiatannya unik Mbaa, biasanya dalam waktu 1 jam itu dapet berapa halaman yang dibaca? iya sih biasanya kalau baca buku sendiri banyak distraksinya, seringnya sih ngantuk hehehe

    BalasHapus
  8. Haaahhh, aku baru denger silent reading online niii. Kek di perpus tapi via online yaa. Penen ikutan deh, biar makin semangat baca bukunya. Seru lho kalo oncam hihii.

    BalasHapus
  9. Kegiatan yang sangat positif, disaat sekarang banyak orang beralih baca di hp. Karena menurut ku baca buku akan lebih dimengerti. Salam literasi

    BalasHapus
  10. Oalah awalnya aku kira baca buku semacam reas aloud gtu. Ternyata silent reader tapi bacanya bareng2. Asyik juga kayaknya buat orang ambivert sepertiku

    BalasHapus