Ulasan Buku Cerita Bergambar Seri Becoming A Changemaker Yang Inspiratif

Halo Kawan,

Akhir tahun lalu, aku membaca postingan Cici Dian Kristiani yang terpilih sebagai salah satu penulis buku biografi para peraih Ashoka Young Changemaker di Instagram. Menurut Cici, buku-buku ini dituliskan dalam bentuk Narrative Non Fiction Picture Book.

Ulasan Buku Cerita Bergambar Seri Becoming A Changemaker Yang Inspiratif

Saat ia disuruh memilih siapa yang akan ditulisnya, penulis asal Semarang yang kini tinggal di Sidoarjo ini memilih Nabila Ishma. Nabila adalah gadis muda yang cerdas dan peka terhadap lingkungan. Ia memilih Nabila karena sudah lama penasaran dengan sepak terjang gadis itu. Dan saat mewawancarai Nabila, ia kagum akan kecerdasannya.

“Saat mewawancarainya, saya tertawa, terdiam, terharu dan semua rasa campur aduk,” tulis Cici di Instagramnya.

Suatu hari, aku mendapatkan kiriman paket buku ini dan surprais ketika membuka isinya wow, banyak sekali bukunya! Terima kasih ya Ashoka! Tak disangka, tahun 2023 akhirnya aku bisa membaca buku berjudul Teman untuk Semua, picture book yang bercerita tentang perjalanan Nabila. Aku tersentuh dengan kepedulian Nabila di usianya yang masih sangat belia.

Baca Juga: Buku Apa Itu Surga?

Teman untuk Semua berawal saat Nabila masih jadi anak SMP dan menjadi anggota OSIS. Ia mendapat tugas mengawasi anak-anak yang tidak disiplin dan melaporkannya ke guru untuk dihukum. Tapi, ia merasa hal itu tidak efektif. Karena anak-anak yang bolos, malas, akan tetap seperti itu walaupun dihukum.

Seri Becoming a Changemaker

Nah, ia pun mencoba melakukan pendekatan pada teman-teman yang bermasalah dan nakal di sekolah. Ia memakai konsep CDEF: Cari, Dekati, Empati dan Forum. Ia jadi paham bahwa mereka itu tidak nakal tapi butuh teman untuk bercerita.

Nabila menjadi teman untuk semuanya. Ia bahkan didukung ibunya untuk membuat Komunitas Ramah Anak. Sayangnya, perjalanannya tidak mulus. Pihak sekolah menolak pendekatan yang Nabila dan lakukan dan menganggap komunitasnya tidak resmi. Akhirnya, gadis itu membubarkan komunitasnya. Tapi, ia tak berhenti begitu saja terus membersamai teman-temannya yang kurang beruntung. Wow, keren ya Nabila! 

Ulasan Buku Cerita Bergambar Seri Becoming A Changemaker Yang Inspiratif

Ya, buku Teman untuk Semua adalah salah satu buku cerita bergambar dari seri Becoming A Changemaker. Buku-buku ini  terdiri dari 12 seri yang setiap bukunya adalah biografi kisah inspiratif para anak muda peraih Penghargaan Ashoka Young Changemaker dari berbagai angkatan.

Ashoka Young Changemaker adalah penghargaan dari LSM Ashoka yang membangun Gerakan Everyone a Changemaker yaitu sebuah gerakan yang menyadari kekuatan individu, anak muda, orang dewasa, lansia, kaum difabel di manapun berada, untuk membuat perubahan. Ashoka didirikan oleh Bill Drayton seorang social entrepreneur.

Menurut kata pengantarnya, cerita ini adalah kisah nyata dari pembaharu Indonesia yang mempersembahkan hidupnya untuk memberi dampak positif pada orang banyak. Ya, buku-buku ini bisa meningkatkan kepedulian pembaca yaitu anak-anak kita untuk lebih peduli pada sesamanya ya. Keberanian dan kepedulian mereka jadi contoh yang baik untuk anak-anak.

Buku-buku ini adalah hasil kerjasama Ashoka bersama tiga penerbit di Indonesia dan dirancang dengan serius oleh Room To Read/ Provisi dan Ashoka. Ketiga penerbitnya adalah Noura Kids, Bhuana Ilmu Populer, dan Bestari. Semua buku ini sudah diluncurkan di Jakarta pada 22 November 2022. 

Baca Juga: Komik Jangan Berantem!

Di dalam setiap buku yang ilustrasinya full colour, ada profil singkat para tokoh yang diceritakan dalam buku itu jadi anak-anak akan lebih mengenal sosok mereka. Di halaman belakang, ada foto dan profil singkat penulis dan illustrator yang mewujudkan buku itu. Apik.

Seperti proyek Room To Read yang pernah kuikuti beberapa tahun silam, buku-buku ini ditulis oleh penulis cerita anak dan ilustrator yang terpilih. Karya-karya mereka tak perlu diragukan lagi.

Ceritanya yang menarik, ilustrasinya pun berkualitas tinggi. Aku seperti melihat ilustrasi buku-buku anak dari luar negeri yang suka kubacakan untuk anak-anak. Ilustrasinya indah dan memikat pembaca anak-anak. Aku paling suka ilustrasi buku Sang Penerang Desa karya Sofie Dewayani dan illustrator Vania Rizky, cantik banget. Begitu pula goresan kreatif Feelish, dalam buku Penenun Mimpi yang ciamik dan unik.

Seri Becoming a Changemaker

Kalian bisa mendapatkan buku-buku inspiratif ini di toko buku luring di kotamu atau memesan secara daring di marketplace atau toko buku online, ya. Kalian juga bisa membacanya di literacycloud.org. 
Ada 12 judul buku yang bisa kamu bacakan untuk anak atau adik di rumah. Judulnya diantaranya: Pahlawan Sampah Elektronik (Benny Rhamdani dan Kautsar Riina), Penenun Mimpi (Imelda Naomi dan Feelish), Luftan dan Monster (Imelda naomi dan Aira Rumi), Butet dan Orang Rimba (Benny Rhamdani dan Odilia Stevannie), Perempuan Kuat itu Ibuku (Dian Kristiani dan Matahari Indonesia), Petualangan Berbagi Impian (Tyas Widjati dan Hanny Juwita) serta Pesan Ajaib (Sofie Dewayani dan Dewi Tri Kusumah). Ke-12 buku ini menceritakan sepak terjang para tokoh di berbagai bidang diantaranya teknologi, pendidikan dan lingkungan hidup.

Bulan lalu, aku sudah membawa buku-buku ini ke pertemuan kelas penulis cilik di sekolah tempatku mengajar kelas menulis. Tak disangka, mereka senang sekali melihat buku-buku ini. Ya, soalnya ilustrasinya menarik dan ceritanya pun apik. Mereka membaca buku-buku itu bergantian.  

Seri Becoming a Changemaker

Aku lalu membacakan buku berjudul Sang Pemimpi Besar yang berkisah tentang Hidayat Palaloi yang menggerakkan masyarakat untuk menanam kembali pohon bakau yang rusak di Pantai Tongke-Tongke. Anak-anak antusias mendengarkan cerita tentang Hidayat yang tergerak menanam pohon bakau setelah daerahnya rusak karena ombak besar.

Senangnya, anak-anak jadi bertambah wawasan tentang hutan bakau. Apalagi, baru beberapa minggu sebelumnya mereka pergi ke hutan bakau di Semarang. Nah, selain Hidayat dan Nabila ada 10 anak muda lain yang tak kalau inspiratif kisahnya.

Kita bahas beberapa bukunya ya…

1.      Kesatria Sungai karya Tyas Widjati dan Ilustrator Heru Setiawan

Berkisah tentang Prigi, seorang kesatria sungai yang gigih melindungi Sungai Brantas dari pencemaran dan limbah pabrik. Banyak rintangan yang Prigi dan kawan-kawan sesame kestaria sungai alami, tapi mereka tak menyerah. Tak diduga, akhirnya perjuangan mereka membuahkan hasil. Pejabat terkait akhirnya mengajaknya berkolaborasi melindungi sungai bersama-sama. 


Seri Becoming a Changemaker

2.      Sang Penerang Desa karya Sofie Dewayani dan Ilustrator Vannia Rizky

Buku ini berkisah tentang Puni, anak desa yang ingin sekali desanya sejahtera seperti kota besar. Ia ingin warga desa berdaya, menolong diri sendiri. Ketika dewasa, ia menjadi ilmuwan dan membuat alat mengubah arus deras sungai menjadi tenaga listrik bernama mikrohidro. Dengan alat itu, orang desa memiliki listrik. Berkat Puni, ada 60 desa yang diterangi listrik dan akan bertambah lagi. Aku suka sekali baca cerita ini karena ilustrasinya cantik banget ya ampuuun! 


Seri Becoming a Changemaker

3.      Gelembung Ajaib Yuyun karya Maya Lestari, Ilustrasi Darkest Fleur dan Evieriel Primadani

Bercerita tentang Yuyun, yang sedih melihat hutan bakau di Bali penuh sampah. Ia berusaha mendekati manajer hotel untuk bekerja sama dengan masyarakat mengelola sampahnya tapi mereka menolak. Yuyun memperlihatkan gunungan sampah di hutan bakau pada mereka dan semuanya malu. Akhirnya, pihak hotel bersedia bekerja sama dengan masyarakat mengelola sampah hingga hutan bakau pun bersih kembali dan nyaman dikunjungi.

Seri Becoming a Changemaker

Nah itu dia, ulasan buku-buku seri Becoming A Changemaker yang inspiratif untuk pembaca anak-anak juga pembaca segala usia dan latar belakang. Semoga ulasan ini bermanfaat ya!

 

Posting Komentar

0 Komentar