Keceriaan Anggota Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Halo Kawan Aksara,

Siapa yang baru tahu tanggal 14 September adalah Hari Kunjung Perpustakaan? Sama, hehe. Ternyata, Hari Kunjung Perpustakaan Nasional ini sudah diperingati sejak 14 September 1995. Hari ini dicanangkan oleh Preside Soeharto saat itu untuk memberikan kontribusi positif untuk kegiatan intelektual di Indonesia. Tujuan diadakannya hari ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Juga ajang promosi perpustakaan.

Keceriaan Anak-Anak Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Diharapkan masyarakat lebih senang berkunjung ke perpustakaan dan membaca banyak buku untuk menambah ilmu pengetahuan. Selain itu, untuk menghargai peran perpustakaan yang penting salam pendidikan dan peningkatan literasi masyarakat Indonesia. Pemerintah berharap dengan ada hari kunjungan ini meningkatkan literasi masyarakat agar bangsa kita lebih maju lagi. 

Baca Juga: Bedah Buku Titipan dari Kelingan 


Kelas penulis cilik SD hj isriati moenadi Ungaran ke Perpusda Kabupaten Semarang

Setiap tanggal 14 September, biasanya perpustakaan mengadakan berbagai acara menarik dan mengundang berbagai sekolah dan komunitas untuk berkunjung ke perpustakaan.


Nah, tepat pada hari Kamis 14 September 2023, aku mengawal para anggota Kelas Penulis Cilik, ekstrakurikuler menulis dari SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran berkunjung ke Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. Ya, selain mengajar di Ruang Aksara aku juga mengajar kelas menulis di SD. Hj. Isriati Moenadi. 

Lokasi perpustakaannya di Jalan Pemuda No. 7 Ungaran, Kabupaten Semarang. Tepat berhadapan dengan Alun-Alun Lama Ungaran. Acara ini adalah bagian dari kegiatan Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi yang tujuannya agar anak-anak mengenal perpustakaan dan makin suka membaca dan menulis, ya!

Keceriaan Anak-Anak Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Anak-anak antusias karena akan berkunjung ke perpustakaan hari itu. Ada yang sudah pernah ke perpustakaan bersama orang tua, ada yang belum pernah. Di perpustakaan, sudah ramai pengunjung perpustakaan dari berbagai taman kanak-kanak di Kabupaten Semarang. Hari itu, selain ada kegiatan mengunjungi perpustakaan, juga ada pameran buku dan acara mendongeng!

Anak-anak lalu diajak ke lantai dua perpustakaan. Mereka diajak mengunjungi ruang baca untuk anak. Ruangannya cukup luas, dengan alas karpet yang nyaman. Ada banyak rak buku dan meja-meja pendek. Yang seru, banyak buku-buku menarik untuk anak! Asyik!

Keceriaan Anak-Anak Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Anak-anak Kelas Penulis Cilik berbinar-binar matanya. Tanpa aba-aba, mereka berlari ke rak buku dan mencari buku bacaan yang menarik untuk dibaca. Tak lama, mereka pun asyik membaca buku pilihan masing-masing. Kami ditemani seorang pustakawan yang mengajak anak-anak untuk menjadi anggota perpustakaan. 

Baca Juga: Jadi Pembicara Nggak harus Lucu

“Lain kali, ajak orang tua kalian dan bawa pas foto ya untuk mendaftar jadi anggota perpustakaan. Kalian bisa meminjam buku-buku cerita gratis lho!” ujar bu pustakawan yang ramah. Anak-anak berbinar. Asyik ya, bisa meminjam buku apa saja secara gratis! Koleksi buku-buku di ruang baca anak juga cukup beragam. Mulai dari buku ensiklopedi, non fiksi hingga komik dan novel tersedia di sana. Menyenangkan!

Keceriaan Anak-Anak Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Keceriaan Anak-Anak Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Selain itu, ada beberapa komputer di perpusda yang bisa kalian pakai untuk berselancar internet secara gratis. Ada juga fasilitas musala dan toilet untuk pengunjung. Oh iya, ada kelas-kelas keterampilan gratis lho yang bisa diikuti di Perpusda seperti kelas menulis untuk anak dan kelas bahasa inggris. Kalian bisa daftar di sana, ya.

Tak lama kemudian, anak-anak diajak menuju ruang baca umum di lantai dua yang akan menjadi tempat acara mendongeng. Anak-anak SD. Hi. Isriati Moenadi duduk paling depan bersama anak-anak TK yang antusias. Pendongengnya adalah Kak Eka S. Ariyani dari Kampung Dongeng Indonesia di Semarang. Kak Eka yang ramah ini aktif mengisi berbagai acara mendongeng di berbagai sekolah dan komunitas di Semarang dan sekitarnya.

Oh iya, selain pendongeng, ia juga seorang MC dan event planner yang aktif membuat acara-acara edukatif dan menghibur untuk anak usia dini di Semarang. Kalau kalian ada acara ulang tahun dan lainnya bisa mengundang Kak Eka ya biar acaranya makin meriah! Oh iya, jika ingin menghubungi Kak Eka untuk mendongeng di acara kalian di Kota Semarang dan sekitarnya, bisa menghubungi Kak Eka di WA dan Instagram Kak Eka, ya!

Keceriaan Anak-Anak Kelas Penulis Cilik SD. Hj. Isriati Moenadi Ungaran Merayakan Hari Kunjung Perpustakaan 2023

Walaupun sudah cukup lama kenal dengan Kak Eka, pernah mengisi acara kelas menulis Kampung Dongeng Indonesia, bahkan Kak pun sudah bergabung di Klub Ruang Aksara, ini kali pertama aku berjumpa dengannya secara langsung. Alhamdulillah, senang banget!

Setelah anak-anak berkumpul dan duduk dengan tertib, Kak Eka pun memulai dongengnya. Judulnya Nenek Mencari Cucu. Tokohnya ada Nenek, Jojo, Lili dan Pak Ahmad. Dongeng ini dibawakan Kak Eka secara atraktif. Kak Eka bisa berubah-ubah suaranya dan gestur tubuhnya, jadi makin menarik perhatian anak-anak ya! Saat jadi Nenek, badannya membungkuk, suaranya bergetar dengan gigi terlihat ompong, hihi.

Begitu pula saat membawakan tokoh-tokoh lainnya, gestur dan suaranya berubah sesuai karakter tokoh. Tak heran, anak-anak makin antusias mendengarkan dongengnya! Anak-anak dari Penulis Cilik menjadi kawanan bebek atau ayam ya waktu itu? Haha. Seru ya, anak-anak! Dongengnya mengajarkan tentang kejujuran ini menjadi penutup acara Hari Kunjung Perpustakaan hari itu. Anak-anak Kelas Penulis Cilik nampak enggan beranjak dari sana. 

“Bu, pulangnya nanti saja jam 1! Mau baca buku lagi!”

"Bu, saya baru membaca tujuh buku! Kurang banyak!"

“Eits, nanti dicari Bu guru lho! Haha, ayo kita pulang, anak-anak!”

Terima kasih banyak untuk Kak Eka, para orang tua murid, pihak SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran yaitu Bu Yosita, Pak Parwoto dan Pak Danang, serta pihak Perpusda Kabupaten Semarang hingga kegiatan hari itu berjalan lancar. Terima kasih ya anak-anak atas antusiasmenya, semoga kalian makin semangat membaca buku dan menulis! Salam Literasi!

 

 

Posting Komentar

0 Komentar