7 Tips Jadi Content Creator Remaja Kreatif

Halo Kawan Aksara,

Masa-masa sekolah SMP dan SMA adalah masa yang paling tepat untuk menggali potensi yang kamu miliki. 

Saat memasuki usia remaja, kamu belajar mengenali diri sendiri dan mulai tergerak untuk mencari tahu bakat dan minat kita dalam suatu bidang. Siapa tahu, hobi atau kegiatan yang kamu jalani sekarang bisa menjadi pintu kesuksesanmu di masa depan? Tahu nggak, kalau ada banyak siswa yang berhasil masuk kampus idaman mereka lewat jalur prestasi dan karya. 

Baca Juga: Tips Sukses Penulis Pemula

7 Tips Jadi Content Creator Remaja Kreatif
Remaja Produktif Berkarya Jadi Content Creator

Sebut saja Kak Alief yang mendapat beasiswa penuh alias kuliah gratis sampai tamat di kampus ternama di Jakarta karena ia adalah Youtuber tekno produktif dan sering menjuarai lomba video pendek. 

Ada juga Kak Handayat yang masuk kampus idamannya di Semarang karena kerap menjuarai lomba menulis dan blog tingkat nasional. Jangan lupa, ada Kak Thia yang kerap mendapat penghargaan di bidang menulis dan pergi ke berbagai negara berkat kepiawaiannya menulis. 

Ya, menjadi content creator di media sosial adalah salah satu cara untuk berkarya. Bagaimana caranya? Tenang, jangan bingung ya. Aku bagikan 7 Tips Jadi Content Creator Remaja Kreatif, semoga bermanfaat ya!

Pertama, tentukan media sosial apa yang cocok untuk kamu berbagi. Kamu bisa memilih menjadi content creator di Instagram atau TikTok, atau media seperti Youtube dan blog. 

Pilih platform yang kamu rasa cocok dan nyaman untuk mengunggah karyamu. Ingat, bagikan hanya hal-hal yang bermanfaat ya untuk pemirsamu. Hindari konten yang mengandung SARA, pornografi, kekerasan dan hal buruk lainnya. Untuk apa viral karena hal yang buruk? 

Kedua, tentukan niche-mu. Ingin berbagi tentang apa? 

Misalnya kamu suka membaca, bagikan berbagai hal tentang buku dan bacaanmu. Kamu bisa mengulas buku yang kamu baca di Instagram. Suka mengutak-atik gawai dan mencoba berbagai fiturnya? Kamu bisa memilih niche tekno untuk akunmu. Unggah saja review tentang ponselmu atau temanmu. Ulas apa kelebihan dan kekurangannya. 

7 Tips Jadi Content Creator Remaja Kreatif
Bagikan konten dance covermu di media sosial

Hm, kamu suka memotret? Bagikan hal-hal seputar fotografi di akunmu. Misalnya nih, tips memotret agar kita terlihat lebih tinggi haha. Pasti banyak lho peminatnya.  Kamu suka dance? Kamu bisa membuat akun dance cover dan menarikan berbaga lagu yang populer saat ini. 

Ketiga, persiapkan alat perangmu. Tak perlu gawai yang mahal untuk membuat konten. Manfaatkan saja yang kamu miliki sekarang. Misalnya nih,ponselmu bisa digunakan untuk memotret dan mengambil video. Untuk mengedit, bisa gunakan aplikasi editing di ponsel seperti Capcut. Untuk bikin ilustrasi artikel bisa buat di Canva. Seiring waktu, kamu bisa melengkapi peralatanmu. Misalnya, membeli gimbal biar saat shoot tidak goyang-goyang hasilnya. 

Keempat, mulailah berkarya! Buat video pendek atau foto-foto tentang hal yang kamu ingin bagikan ke pemirsa. Jangan kecil hati, kalau video atau foto yang kamu posting kurang estetik atau kurang menarik. Seiring waktu, kamu bisa memperbaiki kualitas karyamu. Kamu bisa mengikuti content creator yang niche-nya sama denganmu dan pelajari cara ia membuat konten dan karyanya. Nggak pa  pa karyamu masih biasa-biasa saja. Yang penting, kamu sudah berani memulai. 

Baca Juga: Tips Menang Lomba Blog Handiko

Kelima, pelajari seluk-beluk media sosial yang kamu pakai. Jadi, tak sekadar posting kamu harus tahu bagaimana mengoptimasi media sosialmu. Biar penontonmu makin banyak. Kamu bisa mengikuti akun-akun para pakar media sosial ya.

Misalnya di Instagram, ada Victoria Wong yang sering berbagi tentang fitur optimasi Instagram. Dengan memahami fitur Instagram, kamu bisa cari tahu kapan dan jam berapa postinganmu paling banyak dilirik, siapa saja pemirsamu. Bagaimana cara menambah follower, topik apa yang disukai pemirsa. Seru kan?

Keenam, konsisten! Jangan gampang menyerah walaupun sedikit sekali yang melihat kontenmu atau mengikuti akunmu. Namanya saja belajar, semua butuh proses. Bikin mi instan saja butuh proses. Jadi, nikmati prosesnya. 

7 Tips Jadi Content Creator Remaja Kreatif
Berjejaring

Ketujuh, Berjejaring! Kamu bisa mengikuti komunitas yang berkaitan dengan minatmu untuk menambah wawasan dan informasi, serta berjejaring dengan teman-teman baru. Kalau bersama-sama biasanya makin semangat tuh. Terus, Kamu juga bisa mengikuti lomba-lomba video pendek yang banyak diadakan berbagai lembaga dan instansi untuk menguji kemampuanmu. Nah itu dia 7 Tips Jadi Content Creator Remaja Kreatif. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai berkarya sekarang juga! 

Sumber Foto: Pixabay.com

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wajib dibaca ini, untuk adik adik sekolah, karena sekarang cita cita tidak hanya menjadi dokter, insinyur,dll. Tapi di era digital justru peluang untuk menjadi content creator lebih menjanjikan dan menyenangkan... Bermanfaat sekali artikelnya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Banyak peluang di era digital, ya, Mba. Alhamdulillah banget bisa kuliah di kampus impian dari hobi.

    BalasHapus