Jelang Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Halo Kawan,

Sudah setahun masa pandemi kita jalani di Indonesia. Sudah setahun juga anak-anak bersekolah di rumah dan tidak bertemu teman-temannya. Sedih memang, tapi tidak boleh mengutuki keadaan. Tak hanya game, film dan internet, buku-buku cerita yang seru bisa menjadi teman anak kita untuk mengisi waktu luang di rumah. Inilah tantangan bagi para pegiat literasi untuk terus produktif dan menghasilkan karya yang lebih bagus lagi. Siap menerima tantangan?


Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021
Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Menjadi penulis katanya jalan yang sunyi. Agar lebih semangat berkarya, maka sebagai penulis buku anak akhirnya aku bergabung di FPBA (Forum Penulis Bacaan Anak) sekitar tahun 2012. Kemajuanku sebagai penulis rasanya semakin pesat setelah bergabung dengan grup ini.

Aku mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan di FPBA, aku bisa belajar menulis cerita anak lebih baik lagi dari para mentor seperti Kang Benny Rhamdani dan Kang Ali Muahir yang berpengalaman dan sabar, hingga mendapat kesempatan menulis buku juga dari FPBA. 

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Bersama-sama anggota lain yang juga pemula, kami belajar menulis bareng hingga satu-persatu menerbitkan buku anak. Bahkan, ada yang sudah menelurkan puluhan hingga ratusan buku anak. Itulah pentingnya bergabung dengan komunitas penulis. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buku Cerita Bergambar

Tak terkira bahagianya hatiku ketika tahu Forum Penulis Bacaan Anak kembali unjuk gigi di tahun 2021. Untuk menyemangati para pegiat literasi agar semangat berkarya maka diadakanlah acara seru Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021.


Acara Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021 ini sudah diluncurkan via webinar di Zoom pada Sabtu 06 Maret 2021 lalu. Acara ini bertujuan menambah pengetahuan pegiat literasi tentang lika-liku bahan literasi anak, mendapatkan informasi, juga sebagai ajang silaturahim antara pegiat literasi seluruh Indonesia. Yang bersemangat, mana suaranya?

Yup, festival ini diadakan oleh Forum Penulis Bacaan Anak secara daring akan mengumpulkan ratusan penulis bacaan anak, ilustrator, editor, penerbit hingga penikmat bacaan anak dari seluruh Indonesia! Wow, wow, sudah siap untuk hadir kan, Kawan?

Kapan acaranya? Catat waktunya ya, Festival ini akan diadakan mulai tanggal 13-28 Maret 2021 setiap hari Sabtu dan Minggu di Zoom.  Agenda acaranya, banyaaak! Mulai dari talkshow, webinar, book talk, ketemu penerbit hingga mendongeng! Asyiiik!

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Tahu tidak, ada 11 penerbit yang berpartisipasi, ada 23 pengisi acara mulai dari penulis, ilustrator, komikus, pendongeng, penerbit hingga ahli perbukuan. Bakal ada 9 acara seru tentang literasi bacaan anak dan menariknya lagi acara ini 100% gratis! Wow, siap-siap yaaa...

Penasaran, siapa saja pengisi acaranya?

Tungguin info lebih lanjut tentang Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021 ya di Ruang Aksara! Jangan lupa harus ikutan!

Tak kenal maka tak sayang, biar akrab kita harus kenal lebih dekat dengan Forum Penulis Bacaan Anak, penyelenggara Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021. Berdiri pada tanggal 02 Mei 2010 berarti komunitas ini sudah berdiri hampir 11 tahun ya. Berawal dari miling list di Yahoo Group lalu pindah berbasis Facebook. 

Beranggotakan penulis, ilustrator, penerbit, partisipan, wartawan, media, dan pemerhati bacaan anak yang ingin mengetahui bacaan untuk anak yang sehat. Jumlah anggotanya di Facebook sekarang sudah 20.000 lebih lho.

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021
Peluncuran Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Visi FPBA adalah Terciptanya bacaan yang sehat, kreatif, dan sesuai dengan anak-anak Indonesia. Sedangkan misinya diantaranya adalah Menciptakan sumberdaya di bidang tulis-menulis, khususnya bacaan anak. Serta bidang lain yang erat kaitannya dengan bacaan anak-anak, seperti ilustrator, desainer, dan layouter. 

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021

Misi lainnya adalah menjalin kerjasama yang erat antara anggota Forum PBA dengan media massa dan pelaku bisnis penerbitan di Indonesia maupun di negara lain (khususnya negara di wilayah asia)

Baca Juga: Jangan Jadi Toxic Parents

Setelah lama tidak mengadakan acara, Alhamdulillah di tahun 2021 ini Forum Penulis Bacaan Anak kembali bergerak dengan semangat baru, mengajak para pegiat literasi di Indonesia untuk terus berkarya. Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021 adalah gebrakan pertama FPBA tahun ini. Jangan sampai ketinggalan pendaftarannya ya. Setiap acara hanya untuk 500 peserta saja.

Kuharap, setelah festival ini berakhir akan dilanjutkan dengan kegiatan FPBA yang lebih seru lagi seperti pelatihan menulis cerita anak, kelas menyunting cerita, hingga proyek antologi cerita anak Forum Penulis Bacaan Anak. So, dont miss it! Bergabunglah bersama kami di Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021!

 



Komentar

  1. Waah liat materinya keren-keren ya. Bagus nih buat yang berniat menerbitkan buku. Tinggal duduk manis didepan laptop, dengerin dan praktekin ilmunya. Pandemi nggak menyurutkan niat belajar, ya mbak Dew

    BalasHapus
  2. Semoga lancar dan diberkahi Allah nih acara kerennya. Amiiiin

    BalasHapus
  3. wah acaranya padat, dg materi bagus2 yg dibawakan pemateri keren2 ya.. boleh untuk umum kan ya?

    BalasHapus
  4. Wuih seru banget ya mbak. Acaranya padat gizi banget. Pematerinya juga kece2. Semoga lancar semua acaranya nanti ya

    BalasHapus
  5. Mupeng banget... Sayangnya aku sdh ada agenda.
    Waktu itu ikut acaranya aja daging banget.. yang ini bakal lebih seru keknya ��

    BalasHapus
  6. Pengin ikutan nih talkshownya. Ingin menyegarkan kembali ide-ide untuk menulis bacaan anak. Paling sulit lho menurutku menulis untuk anak nih, harus bisa menyelami cara berpikir anak ketika hendak membuat cerita.

    BalasHapus
  7. Menarik nih acaranya mbak, apalagi buat aku yg masih belepotan kalo nulis cerita anak. Seru nih pasti acaranya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

GPC Talk: Tips & Trik Menang Lomba GLN Kemdikbud dari Iwok Abqary

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah