Nita Candra, Ilustrator Otodidak Terbitkan Buku di Luar Negeri

Halo Kawan,

Kalian suka menggambar? Tertarik menjadi seorang ilustrator yang profesional?

Kali ini, profil Kenal Lebih Dekat di Ruang Aksara adalah Nita Candra. Nita yang berprofesi sebagai penulis buku, editor, penerjemah dan ilustrator kini tinggal di Yogyakarta bersama keluarga kecilnya.

Nita Candra, Ilustrator Otodidak Yang Menerbitkan Buku di Luar Negeri
Salah satu buku karya penulis dari Yunani

Karir Nita Candra diawali dengan menjadi penulis buku dan cerita anak di berbagai media massa. Sudah banyak buku anaknya yang diterbitkan penerbit ternama Indonesia. Diantaranya buku anak Misi Penyelamatan Kat (Tiga Ananda 2012), 10 Kisah Sahabat yang Dijamin Masuk Surga (Tiga Ananda, 2014),  serta buku 10 Cara Seru Meriahkan Kelasmu (Tiga Ananda, 2016). 

Ia juga memenangkan Lomba Gerakan Literasi Nasional yang diadakan oleh Kemdikbud tahun 2019. Bayangkan, buku yang menang di ajang tahunan bergengsi Kemdikbud ini ditulis dan diilustrasikan sendiri olehnya. Keren! 

Kawan-kawan pernah baca buku Nita?

Nita Candra, Ilustrator Otodidak Terbitkan Buku di Luar Negeri
Sketsa Nita Candra pada tahun 2015 diunggah di blog

Baca Juga: Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia

Nita yang hobi menggambar ini senang sekali mengulik gambar-gambar ilustrator dari luar negeri untuk ia pelajari. Berbagai gaya ilustrasi karya ilustrator luar negeri ia ikuti dan pelajari. Apalagi, era internet ini sangat mudah menemukan karya para ilustrator ternama. Cukup buka website, youtube atau akun media sosial mereka seperti Instagram. 

Ia kerap membagikan hasil karyanya mengambar karya ilustrator ternama di Instagramnya. Juga menandai ilustratornya di gambar tersebut.

Nita yang tidak punya latar belakang pendidikan desain ini benar-benar belajar secara otodidak dari Youtube dan Instagram. Sering kan para artist dan ilustrator membagikan video step by step mengerjakan satu karya ilustrasi. Dengan tekun,  Nita mencontohnya.

Nita Candra, Ilustrator Otodidak Yang Menerbitkan Buku di Luar Negeri
Buku dengan kisah yang menyentuh 

Aku termasuk penikmat ilustrasi  Nita Candra di Instagram dan rajin mampir untuk melihat-lihat karyanya. Selalu takjub dengan kegigihan dan keuletan ibu dua remaja cowok ini berlatih. Ia sudah belajar menggambar sekitar 6 tahunan. Ia bahkan menemukan style gambar yang Nita banget setelah belajar 5 tahun. Wow.

Dulu, ia sering mengunggah sketsa berikut kisahnya di blog. Kalau kawan-kawan mengintip sketsanya di blog, pasti melihat betapa pesat perkembangan gambar  Nita saat ini. Ya,  Nita pekerja keras dan rajin belajar.


Nita Candra, Ilustrator Otodidak Terbitkan Buku di Luar Negeri
Buku Nita pemenang Lomba GLN 2019

Bagaimana ia terjun sebagai ilustrator buku luar negeri?

Awalnya ia suka melihat vlog dari dedek-dedek desainer grafis di Youtube.  Ia kerap melihat para desainer ini bekerja sama dengan klien di luar negeri. Nita jadi berpikir, untuk ilustrator ada tidak jobnya? 

Baca Juga: 5 Cara Ajarkan Anak Cinta Rasulullah

Ia pun mencari informasi. Ternyata, pekerjaan ilustrator banyak dibutuhkan untuk klien di luar negeri. Teman-teman ilustrator Indonesia banyak menawarkan jasanya di marketplace khusus. Salah satunya adalah fiverr.com. Ia pun memutuskan menawarkan karyanya di marketplace yang biasa diisi oleh para ilustrator Indonedia itu.

Apakah ia langsung terjun? Tentu tidak!

Nita Candra, Ilustrator Otodidak Terbitkan Buku di Luar Negeri
Instagram Nita Candra berisi karyanya

Sebelum menawarkan karyanya di Fiverr.com, Nita melakukan riset sekitar satu bulan untuk mempelajari sistem kerja di marketplace itu. Apa saja yang dibutuhkan? Bagaimana pergerakan marketingnya? Skill apa yang dibutuhkan klien? Mbak Nita pun ikut komunitas ilustrator dan belajar dari para senior yang duluan sukses di sana.

Oh, ternyata dibutuhkan skill menggambar digital. Maka, Nita pun berusaha mempelajarinya karena biasanya ia menggambar manual. Kalau ada kemauan di situ ada jalan, Nita berhasil menguasai teknik menggambar digital dalam waktu dua minggu saja. Ia pun membuat strategi marketing. Setelah bekalnya cukup, barulah ia terjun menawarkan karyanya pada klien di marketplace. Jadi, tips untuk kawan-kawan yang ingin terjun jadi ilustrator pro, biasakan riset dulu, jadi saat klien datang kita sudah siap.

Awalnya, ia ragu, adakah yang mempercayai dirinya sebagai ilustrator?

Kekhawatirannya tak beralasan. Tak disangka, satu per satu klien datang untuk memakai jasanya. Klien pertama datang tidak sampai sebulan ia melamar di Fiverr.com. Rasanya campur aduk ya antara senang tapi juga khawatir tidak bisa memenuhi keinginan kliennya.

Saat ini, Nita tak pernah lagi melamar pekerjaan di marketplace. Klien sudah datang sendiri. Setiap bulan, ia menerima email permintaan sekitar 20-30 naskah yang ingin digambarkan!

Nita Candra, Ilustrator Otodidak Yang Menerbitkan Buku di Luar Negeri
Buku Karya Pak Mathieu yang jago menggambar

Klien Nita kebanyakan dari Eropa dimana literacy habit-nya sudah tinggi. Bukan hanya membacakan buku tapi mereka sudah sampai pada tradisi menulis. Menulis sudah jadi hal biasa dan makanan sehari-hari. Klien tertua Nita sudah berusia 80 tahun yang ingin menulis cerita untuk anak-anaknya yang sudah dewasa. Kisah-kisah karya mereka sangat menyentuh. Ia takjub bagaimana mereka bisa menulis cerita seindah itu?

Kebanyakan, penulisnya menerbitkan naskahnya sendiri alias self publishing. Buku ini biasa dijual di Amazon dan Kindle. Berhubungan dengan orang luar membuka wawasan banget. Nita jadi paham bagaimana kebutuhan dan keinginan klien.

Ada bapak bernama Mathieu dari UK yang meminta dibuatkan ilustrasi untuk buku yang ia tulis untuk anaknya yang berumur 7 tahun. Bukunya berjudul The Boy and The Dragon. Pak Mathieu bahkan memberi contoh sketsa yang detail padanya. Nita sampai heran, mengapa Pak Mathieu tak menggambar sendiri saja? Gambarnya bagus! Tapi, Pak Mathieu suka style gambar Nita dan memercayakan ilustrasi bukunya pada Nita.


Nita Candra, Ilustrator Otodidak Yang Menerbitkan Buku di Luar Negeri
Salah satu karya ilustrasi Nita Candra

Tidak menyangka di masa pandemi dan tinggal di rumah saja, ia malah mendapatkan banyak klien.  Suatu anugerah tak ternilai. Itulah mengapa ia yakin profesi ilustrator dapat bertahan di masa ini. Menurut Nita, pandemi mengajarkan kita untuk adaptif, karena tertekan, kita jadi tahu kita punya sesuatu yang biasa ditekuni dan diasah.  Nita sampai tak percaya, ia bahkan harus menolak tawaran menggambar karena pesanan membludak! Sungguh, ia berterima kasih dengan para senior yang sudah berbagi lewat Youtube, buku, medsos, dan blog mereka.

Bagaimana waktu penerbitannya? Karena rata-rata self publishing, waktu terbitnya cepat ya. Dari memasukkan naskah sampai terbit paling lama sebulan. Bahkan ada yang lebih cepat,

Menurut Nita, kesempatan bekerja dengan penulis luar adalah pintu bagi dia untuk belajar. Tak hanya jadi ilustrator, tapi juga dapat bahan untuk mengetahui kebutuhan penulis dan pembaca di luar negeri. Impian Nita, Suatu saat nanti ia ingin menulis dan menggambar buku sendiri untuk diterbitkan di luar negeri.  Tapi untuk sekarang ia bahagia bisa berkolaborasi dengan para penulis berbakat ini. 


Nita Candra, Ilustrator Otodidak Terbitkan Buku di Luar Negeri
Buku Nita di penerbit nasional 

Apa yang dibutuhkan untuk jadi ilustrator seperti Nita Candra? Selain menguasai bahasa Inggris, ilustrator harus sabar dan berusaha memahami keinginan klien. Komunikasinya harus lancar dulu agar penulis dan ilustrator saling memahami. Soalnya, banyak klien yang sama sekali tak mengerti soal teknis bahkan soal mengedit naskah dan minta bantuan Nita. Ilustrator juga harus terus berusaha meningkatkan skill menggambarnya agar bisa memenuhi keinginan klien yang beragam.

Bagaimana soal fee? Mulai dari 150 ribu rupiah untuk  gambar yang paling sederhana hingga 700 ribu rupiah per halaman. Untuk sampul buku, ada tarif khusus dan Nita sedang belajar meningkatkan kemampuannya untuk membuat sampul buku. Wow, keren banget ya kawan-kawan sepak terjang Nita Candra menggeluti dunia ilustrasi yang dicintainya. Bagaimana dengan kalian? Ayo, mulai sekarang juga!

Sumber:

Talkshow Menerbitkan Buku di Luar Negeri

Festival Literasi Bacaan Anak Indonesia 2021


 


 

 

Komentar

  1. Bagus ya ?
    Sederhana tapi mengena

    BalasHapus
  2. Wah ilustrasinya cakep-cakep banget
    Kelihatan sekali kalau Nita Candra ini pembelajar yang baik dan sangat gigih
    Perkembangan ilustrasinya makin keren
    Sukses selalu buat Nita

    BalasHapus
  3. Aku kebetulan udah follow Mbak Nita, memang bagus gambar-gambarnya. Langsung deh kutunjukkan ke anak-anak yang hobi menggambar. Buat penyemangat bahwa menggambar itu menyenangkan dan bisa menguntungkan. Keuletan Nitaa memang layak ditiru, belajar digital dengan cepat demi menyesuaikan kebutuhan pasar. PR nih buat belikan gawai khusus gambar :)

    BalasHapus
  4. Ternyata permintaan untuk digambarkan ilustrasi buku gitu tinggi juga ya dari luar negeri. Bahkan ada yang memesan untuk bikin buku bagi anaknya gitu. Orang luar tuh ga sayang ya 'bakar' duit, mereka sudah sampai taraf pemahaman bahwa menulis itu penting untuk dijadikan sarana edukasi.

    BalasHapus
  5. Keren dan inspiratif banget Mbak Nita ini. Semoga aku bisa menjadi seperti beliau sebagai penulis yang benar-benar profesional

    BalasHapus
  6. Ya ampuun, mba Nita ini multi-talenta bangeett kerennya khanmaen
    Menang Lomba Gerakan Literasi Nasional yang diadakan oleh Kemdikbud tahun 2019, ini sih juaraaa banget ya

    BalasHapus
  7. yes keren sekali Nita Candra sebagai ilustrator otodidak yang terbitkan buku di luar negeri. Cool! menginspirasi banyak ilustrator di Indonesia

    BalasHapus
  8. Kalau niat & tekun Insya Allah bisa ya kaya mbak Nita ini belajar ilustrasi secara otodidak ya. Aku suka lihat gambar0gambar ilustrasinya

    BalasHapus
  9. Salut banget dengan kegigihan mbak Nita untuk belajar. Bukan waktu yang singkat. Tetapi, sekarang terlihat hasil dari keuletannya

    BalasHapus
  10. Barakallahu fiik... Menyenangkan melihat karya-karya mbak Nita. Jadi ingat dengan ilustrator fave saya jaman dulu: Tartila Tartusi. Ada yang tau gak, ya?

    BalasHapus
  11. keren banget ya bisa membuat ilustrasi untuk buku yang di publish ya,, bisa bikin ilustrasi aja udah keren apalagi kalo sampe terpublish

    BalasHapus
  12. Style gambarnya mbak Nita ini taste buku luar negeri banget ya. Keren. Aku selalu ngiri sama ilustrator, pengen bisa gambar juga haha.

    BalasHapus
  13. Patut di contoh nih semangat mba Nita untuk tidak menyerah pada apa yang sedang kita perjuangkan. Btw, karyanya bagus, ya.

    BalasHapus
  14. Karyanya bagus sekali , keren nih. Selalu semangat ya mbak Nita

    BalasHapus
  15. Ikut nyimak juga acara ini. Asli deh, aku terkagum-kagum dengan Mbak Nita dan Mbak Ratna. Pada diem-diem eh ternyata keren bangeeet. Empat jempol buat mereka berdua.

    BalasHapus
  16. Ilustrasi Mbak Nita Chandra ini kereeen. Unik dan punya ciri khas tersendiri. Pantas punya banyak klien dari luar negeri.Saluut pekerjaan berdatangan sendiri tiap bulan.

    BalasHapus
  17. Unik yaa...kak Nita Chandra ini.
    Gambarnya selalu membawa kita ke dunia baru, tidak membosankan dengan model yang gitu-gitu aja dan berani bereksplorasi.
    Kereen..Aku cari bukunya di Ipusnas aah~

    BalasHapus
  18. wahh bagus bagus emang gambar mbak nita ini ya mbak
    gambar nya sederhana tapi penuh makna
    keren bisa berkarir di luar negeri

    BalasHapus
  19. Saya belum pernah baca bukunya mbak Nita Candra, jadi penasaran juga nih. Apalagi nulis dan buat ilustrasinya sendiri.

    Wah orang luar sampai nulis cerita sendiri buat anak-anaknya. Duh, di sini sudah ada buku aja, banyak yang "malas" membacakan buat anaknya

    BalasHapus
  20. Aku sempat mengikuti sebentar teh, karena lagi di pasar. MasyaAllah banget menginspirasinya. Belajar otodidak yang tekun menghasilkan hal yang luar biasa

    BalasHapus
  21. Keren banget siii. Gegara baca ini jd mau stalk IG nya. Tekun banget ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Post

Life as Divorcee, Buku Solo Pertama Beauty Blogger Virly K.A

GPC Talk: Tips & Trik Menang Lomba GLN Kemdikbud dari Iwok Abqary

7 Rahasia Menulis Buku Biografi Yang Enak Dibaca dari Alberthiene Endah