Review Komik Aisha Tomodachi 1, Sang Ilmuwan Cilik dari Papillon Comics

Halo Kawan,

Review Komik Aisha Tomodachi 1, Sang Ilmuwan Cilik-Kalian mungkin tidak asing lagi dengan Papillon Studio dari Semarang. Berbagai buku komik dan ilustrasi karya mereka tak hanya terbit di Indonesia tapi juga terbit di luar negeri, keren kan? Digawangi oleh enam personil, Papillons Studio ini sudah berdiri sejak tahun 2002.

Review Komik Aisha Tomodachi Ihsan Comic

Hingga saat ini, selain menerima pesanan ilustrasi dari luar negeri, mereka juga menerbitkan banyak buku komik dan picture book sendiri diantaranya adalah Tanah Air Beta, Boneka Kematian (Elex Media), Komik Mak Irits (Penerbit AnakKita), hingga Komik Islami Imaduddin Zanki (Penerbit Salsabila). Ulasan komik Imaduddin bisa kalian temukan di blog ini lho.

Papillon Studio berlokasi di Jalan Klipang Raya, Sendangmulyo, Tembalang di Semarang. Selain menerbitkan dalam bentuk buku, mereka juga hadir di KaryaKarsa dengan Komik Mak Irits dan lainnya. Kalau kalian ingin membaca karya mereka langsung saja ke KaryaKarsa dan beri dukungan, ya.

Review Komik Aisha Tomodachi 1, Sang Ilmuwan Cilik

Saat ini, komik Islami sedang booming dan merajai pasar komik di Indonesia. Sebut saja Komik Ingin Jadi Baik dan Komik Real Masjid yang berjulid-jilid dan laris di pasaran. Tentu saja fenomena ini membawa angin segar bagi pegiat komik Indonesia di tengah serbuan komik dari luar seperti komik barat dan Jepang. Sekarang, para komikus mulai berbondong-bondong membuat komik untuk anak muslim dengan kemasan yang menarik dan tidak menggurui. Salah satunya adalah komik Aisha yang kubaca bersama anak-anak ini. 

Review Komik Aisha Tomodachi 1, Sang Ilmuwan Cilik

Nah, kali ini aku ingin mengulas buku komik terbaru mereka yaitu Aisha Tomodachi 1. Jenjang usia pembaca komik ini sebaiknya anak SD ya kelas 3-6 kurasa mereka sudah memahami jalan ceritanya. Judul bukunya adalah Mikrochip Super Canggih dan ditulis oleh Tim Papillon Comics yang terdiri dari tiga orang yaitu Alfa Robbi sebagai konseptor serta penulis dan ilustrator,  Alfian Pratama  (ilustrator dan colourist) dan Aryo Anggoro (ilustrator). Penerbitnya adalah Ihsan Comics, anak Penerbit Ihsan Media di Bintaro yang produktif mengeluarkan buku-buku berkualitas dan menghibur.  

Komik Aisha ini style gambarnya terinspirasi dari komik Jepang ya tapi lupa aku judulnya. Gemas banget deh gambar tokoh-tokohnya terutama Aisha yang berhijab dan berkacamata.  Kita intip sinopsisnya dulu ya: Aisha adalah seorang anak pemberani dan jenius dalam merancang robot menggunakan mikrochip canggih warisan dari ayah kandungnya Dr. Rois Otomo yang seorang ilmuwan jenius.

Review Komik Aisha Tomodachi 1, Sang Ilmuwan Cilik

Aisha memiliki sahabat seekor harimau gigi pedang Tora, keduanya tinggal bersama keluarga angkatnya, Mami Nina dan Papa Ajib yang baik hati dan menyayanginya. Suatu hari, Aisha membuat robot serbaguna bernama Daboot untuk mengikuti lomba robot show di kotanya. Robot Aisha berhasil melalui tantangan yang diberikan juri pada lomba itu dan menjadi juara. Sayangnya, mikrochip Aisha diincar oleh dua ilmuwan jahat Doktor Vontes dan Prof. Bongsor yang jadi juri lomba itu.

Doktor Vontes membuat robot-robot untuk menambang emas di Desa Penyu secara ilegal. Perbuatannya menimbulkan polusi di desa itu. Ketika usahanya gagal, Doktor Vontes berniat mencuri mikrochip milk Aisha. Berbagai cara dilakukan ilmuwan jahat itu untuk merebut mikrochip dari Aisha. Apakah Doktor Vontes akan berhasil mencuri harta berharga Aisha? Kalian bisa membacanya di komik Aisha Tomodachi setebal 100 halaman ini.

Kalian yang suka komik sci-fi atau science fiction dan petualangan, pasti bakal menyukai cerita dan gambar komik Aisha ini. Apalagi, harganya terjangkau lho Rp55.000 dengan ilustrasi komik yang ciamik dan full colour! Wow. Asyik kan! Jadi, jangan lupa ya beli komik Aisha Tomodachi ini untuk mengisi liburan sekolah kalian. Semoga komik ini segera ada lanjutannya ya, tak sabar. Sekian dulu Review Komik Aisha Tomodachi 1, Sang Ilmuwan Cilik semoga bermanfaat! Oh iya, kalian bisa beli komiknya di sini ya!

Judul Buku: Aisha Tmodachi 1, Mikrochip Super Canggih

Format: Softcover

Jumlah Hal: 100 Halaman

Penerbit: Ihsan Comic

Penulis: Papillon Comics

Tahun Terbit: Juli, 2022

Harga: Rp55.000,-

 

 

 

  

Posting Komentar

31 Komentar

  1. Seneng banget kalau ada komik produksi dalam negeri bisa dicintai oleh pembacanya. Semoga menjadi penyemangat buat komikus lainnya memproduksi banyak komik lainnya

    BalasHapus
  2. Mwnariiiik reviewnya mbaa. Aku tuh suka cari komik2 bagus gini buat anak2. Dan biasanya aku minta mereka utk bacain sebelum tidur, gantian, trus diulang pake bahasa sendiri. Jadi supaya melatih cara mereka membuat alur cerita, dan juga supaya cinta buku

    Aku suka komik ini apalagi islami. 👍. Jtr aku cari komiknya

    BalasHapus
  3. Mwnariiiik reviewnya mbaa. Aku tuh suka cari komik2 bagus gini buat anak2. Dan biasanya aku minta mereka utk bacain sebelum tidur, gantian, trus diulang pake bahasa sendiri. Jadi supaya melatih cara mereka membuat alur cerita, dan juga supaya cinta buku

    Aku suka komik ini apalagi islami. 👍. Jtr aku cari komiknya

    BalasHapus
  4. Keren banget. Ide komiknya seru. Dulu aku suka sekali baca komik. Tapi akhir-akhir ini aku nggak lagi baca komik.

    Jadi penasaran. Gimana cara Aisha mempertahankan chip dari ayahnya itu.

    BalasHapus
  5. Wih seru ya kisah Aisha Tmodachi 1, Mikrochip Super Canggih ini, seorang ikmuwan berhijab cilik melawan penjahat dewasa .... Btw, menarik ya ilustrasinya, full of colour pula :)

    BalasHapus
  6. seru kalau baca komik dan memang membuka banyak kemungkinan cerita. Dan banyak yang terinspirasi dunia nyata. mikrochip Aisha diincar oleh dua ilmuwan jahat Doktor Vontes dan Prof. Bongsor yang jadi juri lomba itu. Ini juga pernah terjadi, kecurangan selalu ada. Dan harus bisa menanggulanginya

    BalasHapus
  7. Bisa jadi rekomendasi saya untuk para keponakan yang suka pada baca niy kak, harganya affrordable juga ya dan kayaknya desain bukunya juga sangat menarik dan bagus

    BalasHapus
  8. Tomodachi artinya teman kan ya..?
    Rasanya seru sekali mengikuti petualangan Aisha dalam komik sci-fi. Biasanya genre begini tuh punya daya imajinasi yang luar biasa untuk mengajak pembaca ke adegan-adegan tak terduga. Termasuk endingnya ya..

    BalasHapus
  9. Seketika aku lupa terakhir baca komik tuh kapan yak. Terus pas lihat komik ini, keren ya sekarang udah banyak warnanya, jadi lebih gampang bayangin suasana yang terjadi di cerita, juga ambience baca komik jadi semakin seru dan betah ya.

    BalasHapus
  10. Membaca komik memang punya nilai lebih ya!
    ... membuat kita merasakan sesuatu.
    Merasa gembira, sedih, ingin tahu, bersemangat dan emosi lainnya.

    Kekuatan dari cerita visual, memang sulit disangkal!


    BalasHapus
  11. Komikus dan ilustrator sekarang memang lagi naik daun, ya. Apalagi dengan karya-karya yang tidak kalah keren dengan buatan luar negeri sepertu Jepang. Menariknya komik bertema islami juga semakin banyak, jadi mudah memberikan bacaan yang bermanfaat untuk anak-anak.

    BalasHapus
  12. Bagus banget gambar dari komik Aisha Tomodachi 1.
    Karakternya mengingatkanku sama Arale, Dr. Slump.
    Dengan komik islami, anak-anak jadi banyak belajar mengenai kasih sayang, pantang menyerah dan sebuah ketekunan.

    BalasHapus
  13. gemaaash, tertarik deh buat punya mbaaa. Anak2 suka komik gini kan ya udah gitu jalan ceritanya bagus. Keren anak2 Indonesiaaaa, smoga langgeng terus berkaryanya. Aku coba intip2 komiknyaa

    BalasHapus
  14. Penasaran dengan kisah Aisha di komik Aisha Tomodachi 1, apakah semata kisah Aisha menyelamatkan microchip nya atau ada selipan ajaran agama juga di dalamnya, karena mengusung diri sebagai komik muslim

    BalasHapus
  15. Senang banget kalau ada komik karya anak bangsa dengan visualisasi yang ciamik dan juga jalan ceritanya juga bagus. Semoga ada series lanjutannya ya mba :)

    BalasHapus
  16. sekarang udah banyak ya komik islami untuk anak2. bikin liburan jadi makin betah karena dibeliin komik yang bermanfaat sama orang tuanya.

    BalasHapus
  17. Mbak aku sampai sekarang bingung bedanya komik sama picture book itu kyk gimana kah?
    Oooo skrng komik tu yg booming adalah yang Islami ya, bagus donk :D
    Wah noted nih Aisha Tomodachi jd pengen beliin buat anakku soalnya mereka selama ini baca komik bapake jd khawatir kan pengen kasi mereka komik yang tepat utk seusianya :D

    BalasHapus
  18. Terima kasih ulasannya jadi pengen beliin komik.aisha buat kedua anak saya yg suka membaca. Apalagi komik cerita jepang ini anak2 sukak.

    BalasHapus
  19. Wah anakku suka kalau komik ala Jepang begini.Pas nih buat bacaan, Komik Aisha Tomodachi 1 Sang Ilmuwan Cilik. Harganya terjangkau komiknya menarik

    BalasHapus
  20. Komik anak muslim emang lagi booming ya, Mbak. Anak-anakku juga suka sih baca buku komik.
    Aisha ini sepertinya juga menarik, ya. Jadi pengen beliin anakku 😁

    BalasHapus
  21. Kereeen ceritanya. Apalagi tokohnya muslim. Harganya jg terjangkau nih. Anak aku suka banget komik begini.

    BalasHapus
  22. Baguusss bgt ya mbaaa
    Mana harga bersahabat pulaaa
    Ni anakku pingin beli klo dah baca review nyaaaa

    BalasHapus
  23. Judulnya udah menarik nih mba, Mikrochip Super Canggih. Untuk anak usia sekolah SD ya. Pasti anak-anak senang bacanya, terutama Alde ya Mbak

    BalasHapus
  24. Wah komiknya seru juga.anakku suka baca komik
    Pasti suka kalau aku kasih komik ini

    BalasHapus
  25. Wah, kayanya aku pengen beli buat anak anakku yang pecinta berat komik. Apalagi Aisha ini nama anak ketigaku, pasti mereka excited dengan komiknya.

    BalasHapus
  26. Wah komik Aisha Tomodachi1 boleh juga buat anak-anakku. Pasti bermanfaat banget. Lumayan buat ngalihin penggunaan gadget hehe

    BalasHapus
  27. Sepertinya penikmat komik Aisha ini bukan hanya anak-anak saja. Yang dewasa penyuka komik sepertiku mungkin juga bisa menikmati cerita dan petualangannya.

    BalasHapus
  28. Aku jadi kepikiran beli buat anak aku, Mbak. Pasti dia seneng banget dibelikan bacaan komik petualang ini.

    Terbayang serunya ada Ilmuwan jahat. Hihihi

    BalasHapus
  29. Anak-anak tuh hobby banget komik, makanya kalau ada komik yang muatannya bagus, edukatif aku suka banget ngenalin ke anak

    BalasHapus
  30. Anakku lagi suka baca komik, sampai aku pinjamkan ke perpus daerah, dan sebagian besar udah dibacanya. Kayaknya nih komik cocok buat anakku, isinya berwarna harga juga ramah kantong..

    BalasHapus
  31. Ceritanya cocok untuk mengembangkan imajinasi anak. Semoga bisa mengimbangi komik anime dari negara2 lainnya.

    BalasHapus