Manfaat Main Game Solitaire di Solitaire.org Untuk Anak

Halo Kawan Literasi,
Siapa yang suka bermain game? Acungkan tangan! Ada yang suka bermain game klasik solitaire yang bikin kita nostalgia naik mesin waktu ke masa lalu di zaman orang tua kita masih remaja? Haha. 

Anak-anak yang hobi bermain game sering dipandang sebelah mata ya oleh orang-orang. Main game dianggap hiburan belaka, hobi tak bermanfaat, merusak mata, buang waktu dan hal negatif lainnya. Sedih banget yaa jadi gamers. Ya, kalau kita bermain game sampai lupa waktu tujuh hingga delapan jam melalaikan ibadah, tanpa makan dan tidur ya memang benar ya kalau main game itu berbahaya. Hehe. Kegiatan apapun jika dilakukan dengan berlebihan tentu saja tidak baik ya, Kawan. 

Manfaat Main Game Solitaire di Solitaire.org Untuk Anak
Manfaat Main Game Solitaire untuk Anak

Tapi tahu nggak sih, kalau bermain game itu banyak manfaatnya untuk anak? Yuk, kita bahas apa saja manfaat bermain game untuk anak-anak:

1. Sarana hiburan
Bermain game adalah sarana hiburan yang mengasyikkan. Kita tidak akan bosan dan bingung mau melakukan apa saat memiliki waktu luang atau saat menunggu seseorang atau jadwal berikutnya. Kita bisa bermain game di ponsel atau laptop saat menunggu dosen datang pas ada kelas di kelas. Saat sedang bikin tugas yang menguras otak, kita bisa selingi dengan main game sehingga lebih santai dan happy. 

2. Mengurangi stres
Bermain game bisa mengurangi stres yang kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Saat main game, kita merasa lebih rileks sehingga stres pun berkurang. 

3. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan
Ya, saat main game dibutuhkan koordinasi mata dan tangan yang baik. Itulah mengapa, para gamer memiliki koordinasi yang baik. Kelebihan ini bermanfaat di dunia nyata ya, Kawan. Kelak kamu bisa menjadi pengemudi yang baik, juga lebih gesit dan tangkas dalam bergerak. 

4. Melatih otak
Bermain game ternyata bermanfaat untuk melatih otak agar tetap bisa berpikir dengan tajam. Bermain game membutuhkan pemikiran yang cepat untuk memecahkan masalah yang dihadapi di dalam permainan itu. Main game juga melatih konsentrasi kita ya. 

5. Menambah Pengetahuan
Bermain game ternyata menambah wawasan dan pengetahuan kita. Apalagi sekarang banyak game yang edukatif misalnya bagaimana menyusun kartu sesuai bilangannya, game menghitung uang dan game lainnya. Selain itu, game biasanya menggunakan bahasa Inggris jadi secara tak langsung kita menambah kosakata bahasa Inggris kita juga seperti adikku yang jago bahasa Inggris karena sering main game. 

Asyiknya Main Game Solitaire

Nah, ngomongin tentang game, aku ingin mengulas salah satu game yang baru-baru ini aku temukan dan sukai. Kalian pasti sudah pernah dengar ya game solitaire? Ya, game klasik ini dulu menjadi bonus bawaan Windows di desktop. Jadi, kalau kita capek bikin tugas atau kerja bisa rehat sejenak dengan memainkan solitaire ini. 


Manfaat Main Game Solitaire di Solitaire.org Untuk Anak
Main solitaire bisa dengan kartu remi atau lewat online

Permainan solitaire dengan menggunakan kartu remi sudah populer di Prancis pada pertengahan abad ke-19. Pada tahun 1870-an, permainan ini masuk ke Amerika Serikat dan mulai disukai banyak kalangan. Hingga  akhirnya, permainan mengurutkan kartu ini dibuatkan menjadi game komputer oleh anak magang Microsoft saat itu, Wes Cherry. Keisengan Wes Cherry ternyata membawa game ini mendunia setelah dimasukkan dalam game Windows oleh Microsoft tahun 1990.
Kalau kamu anak generasi gen Z, kamu bisa memainkan game ini biar tahu bagaimana Papa dan Mamamu dulu asyik main solitaire disela mengerjakan tugas Bahasa Indonesia, hehe. Nggak perlu repot-repot bawa setumpuk kartu remi ya, Kawan. Nggak perlu mengunduh aplikasi game di ponselmu, berat tahu. 
Kamu tinggal membuka web solitaire.org di laptopmu dan menemukan harta karun banyak permainan klasik yang seru! Selain solitaire, ada mahjong, card, hidden object, match, logic puzzles hingga permainan word. Banyak kan jenis permainannya! Kamu nggak bakal bosan lagi menunggu temanmu yang janjian ke kafe nggak datang-datang, Kawan! Oke, kali ini aku akan membahas beberapa permainan solitaire favoritku ya. Apa saja jenisnya?

Spider Solitaire Card

Setelah menguasai solitaire klasik, game solitaire berikutnya yang aku coba adalah Spider Solitaire Card. Senang banget karena akhirnya aku bisa menguasai permainan ini dan menang, horee. Walaupun mainnya masih level easy ya namanya juga newbie.

Ada tiga level dalam permainan kartu Spider Solitaire yaitu level easy, medium, dan hard. Agar tidak terlalu banyak mengerutkan kening aku pilih level easy saja. Hehe. Perbedaan Spider dengan solitaire klasik, susunan kartunya lebih banyak . Ada 10 baris kartu yang harus kita urutkan.

Manfaat Main Game Solitaire di Solitaire.org Untuk Anak
Permainan Spider Solitaire

Nah, di sini kesulitannya karena kartu-kartu yang muncul tidak selalu berurutan. Tergantung keberuntungan pemain, ya hehe. Kita membuka kartu-kartu di sebelah kanan atas dan menurunkannya jika ada kartu yang sesuai dengan urutan kartu di Goals. Selanjutnya, urutkan kartu hingga keempat Goals terisi penuh dengan kartu-kartu yang berurutan.

Free Cell Solitaire Card

Permainan solitaire ini lebih menantang daripada jenis solitaire lainnya. Permainan ini diciptakan oleh Paul Allifie. Kita bisa memainkan game ini juga di solitaire.org. Di sebuah table, ada 4 kolom free cell dan 4 kolom home cell. Kolom free cell untuk meletakkan sementara kartu yang tidak kita butuhkan di table. Sedangkan kolom home cell untuk meletakkan kartu AS. 


Manfaat Main Game Solitaire di Solitaire.org Untuk Anak
Permainan Free Cell Solitaire

Aturan mainnya sama dengan permainan solitaire lainnya, yaitu mengurutkan kartu dari kartu King hingga AS. Bedanya, kartu yang diurutkan harus selang-seling warnanya ya. Pemain diberi skor 500 dan berkurang setiap memindahkan kartu. Memainkan free cell ini harus punya strategi khusus melihat kartu-kartu lain yang akan diturunkan. 
Tujuan kita adalah mengosongkan kolom tengah sebanyak mungkin dan mengurutkan kartu dimulai dari kartu King.  Langkah yang diambil dalam permainan ini perlu lebih hati-hati. Jangan sampai, kolom free cell kita penuh sehingga menghambat pergerakan kartu kita. Jumlah kartu yang bisa dipindahkan di kolom tengah juga tergantung dari jumlah kartu yang ada di free cell ya. 

Klondike Solitaire Card

Berbeda dengan di Prancis, permainan klondike solitaire paling populer di Amerika Serikat dan Kanada. Awalnya, nama permainan ini adalah Patience, karena game ini benar-benar membutuhkan kesabaran. Permainan dengan kartu remi ini konon banyak dimainkan oleh para penambang di Alaska dan California untuk mengisi waktu senggang mereka di area pertambangan. 

Manfaat Main Game Solitaire di Solitaire.org Untuk Anak
Permainan Klondike Solitaire

Cara bermain klondike ini adalah menyusun empat kartu AS di sebelah kanan meja. Sedangkan kartu lainnya disusun dalam tujuh kolom. Kartu sisanya dibalik di sebelah kanan atas meja. Nah, tugas kita menyusun kartu sesuai urutan dari paling besar hingga terkecil. Sebaiknya, kita menyusun kolom dari kartu King. 

Susunan kartu harus selang-seling ya warnanya. Permainan selesai jika kita berhasil menyusun seluruh kartu dalam empat kolom. Permainan ini memang membutuhkan keberuntungan dan kesabaran dalam membuka dan menemukan kartu yang tepat, ya. Sesuai nama permainannya dulu, Patience. 

Nah, itulah beberapa permainan solitaire yang aku suka mainkan di website solitaire.org. Ternyata, bermain solitaire itu menghibur dan seru. Kalau kalian, suka permainan solitaire yang mana? 

Sumber Foto: Pixabay.com



Posting Komentar

8 Komentar

  1. Gamenya bagus dan mampu mengasah otak si anak, tapi perlu pengawasan waktu, sebab game semacam ini tanpa pengawsan bisa lupa waktu

    BalasHapus
  2. Aku biasanya main yg classic aja mba. Itupun terkadang masih sering kalah 🤣🤣. Tapi memang Solitaire itu legend sih. Sampe Skr ga pernah bosen dimainin pdhl udah berapa tahun umurnya. Makin banyak games lain yg lebih modern, tapi ttp aja Solitaire sesekali masih aku mainin 👍. Terutama pas bosen kalo nungguin temen, atau buat ngabisin waktu 😁

    BalasHapus
  3. ermainan legendaris yang ternyata bisa dimainkan anak juga, selain mengatur strategi juga kemampuan belajar berhitung serta manajemen waktu sepertinya

    BalasHapus
  4. sukaaakk bgt solitaire ini.

    bisa jadi sarana utk break sejenak dari hidup yg hectic

    better anak main game kyk gini kan

    BalasHapus
  5. Game ringan yg bikin ketagihan. Jangankan anak-anak, orang tua kayak saya pun suka mainan ini, hehehe. Serius, ini tuh cukup menghibur saat lagi bete, eh.

    BalasHapus
  6. Di balik permainan ini, banyak manfaat yang bisa diambil oleh anak ya kak. Dulu saya juga suka main game Solitaire ini. Simpel tapi menyenangkan.

    BalasHapus
  7. Bener nih, sesuatu yang berlebihan memang nggak baik, termasuk bermain game tapi gak harus juga kita larang anak main game karena ada sisi positifnya seperti yang dijelaskan di atas..btw ku juga suka nih main game di solitaire

    BalasHapus
  8. Terinspirasi dari Game Solitaire, kami sekarang sedang seneng main games kartu-kartu gitu.. Rasanya mengajarkan anak sekarang untuk main games strategi ini banyak manfaatnya yaa.. Selain komunikasi aktif juga memberikan anak kesempatan untuk mengambil keputusan.

    BalasHapus