Ulasan Buku Fatimah Al Fihri Muslimah Pendiri Universitas Pertama di Dunia

 

Halo Kawan, kali ini aku mau mengajak jalan-jalan lewat picture book yang ditulis oleh Rahmadiyanti Rusdi dengan ilustrator Megha Aiytes. Judul bukunya adalah Fatimah Al Fihri dan Universitas Pertama di Dunia. Rahmadiyanti Rusdi adalah seorang traveler yang sudah menerbitkan sekitar 20 buku, baik buku solo maupun antologi.

Ulasan Buku Fatimah Al Fihri Muslimah Pendiri Universitas Pertama di Dunia

Buku solonya antara lain Jodoh dari Negeri Seberang yang diterbitkan Lingkar Pena. Sementara buku antologinya antara lain  kumpulan tulisan Let’s Talk About Love dari penerbit Syamiil Cipta Media, dan kumpulan cerpen Senja di Ueno  Koen yang diterbitkan GIP. 

Selain buku-buku bertema perjalanan, pengalamannya berkelana ia tuangkan dalam buku anak yaitu buku ini dan sau buku lainnya yang berjudul Ibn Firnas, Penerbang Pertama di Dunia. Buku Fatimah Al-Fihri dan Universitas Pertama di Dunia ini ditulis dari hasil pengalamannya menjejak negeri-negeri bersejarah seperti Maroko.  

Baca Juga: Edisi Perdana Pabermagz

Buku bergambar ini menceritakan tentang tokoh muslimah yang sangat mencintai ilmu pengetahuan, Fatimah Al-Fihri. Fatimah merupakan putri dari Abdullah Muhammad Fihri, saudagar kaya dari Kairouan di Tunisia. Saat Raja Idris II berkuasa, ia hijrah ke Maroko. Fatimah memiliki adik kandung bernama Maryam. Baik Fatimah maupun Maryam, keduanya adalah pencinta ilmu yang mewakafkan hartanya untuk kemaslahatan umat. 

Sebuah masjid di Fes terlihat tidak cukup menampung jamaah. Mendapati hal tersebut, Fatimah berpikir untuk menggabungkan masjid dan pusat pembelajaran dalam satu tempat. Fatimah membeli tanah yang luas dan mewakafkannya untuk umat. Beruntung, ayahnya yang kaya raya mewariskan harta kepada Fatimah sehingga ia bisa membiayai pembangunan masjid itu. 

Masjid itu bernama Al-Qarawiyyin. Selesai dibangun pada Ramadhan 245 Hijirah, masjid itu lengkap dengan madrasah dan perpustakaannya. Selanjutnya, masjd itu menjadi Universitas Al Qarawiyyin. Pada masa itu, untuk masuk ke universitas calon siswa harus mengikuti seleksi. 

Murid Universitas Al-Qawariyyin berasal dari berbagai kalangan, tidak hanya muslim. Paus Silvester II, pimpinan tertinggi Gereja Katolik Roma pernah belajar di universitas ini. Ilmuwan barat pun banyak yang menuntut ilmu di universitas ini. Sejarah Islam juga mencatat, ilmuwan-ilmuwan muslim dunia lahir dari universitas ini. 

Berisi sejarah pendirian Universitas Al-Qawariyyin dan perkembangannya, buku ini sarat pengetahuan sejarah. Bagaimana rupa kota Fes dan Universitas tertua di dunia dalam kota itu terlihat dalam foto yang melengkapi buku ini. Narasi yang pendek pada tiap halamannya membuat pembaca mudah mengikuti alur cerita berupa kronologi sejarah.

Baca Juga: Buku Anak Seri Becoming Changemaker

Tak kalah menariknya adalah ilustrasi pada tiap halamannya. Cantik. Di balik buku bergambar ini, ada peran ilustrator yang mensukseskan terbitnya buku karya Dee ini. Megha Aiytes, ilstrator buku ini merupakan lulusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Yogyakarta. Cocok banget kan perpaduan penulis dan ilustratornya? Selain menggambar, ilustrator ini juga seorang guru ilustrasi dan seni. Jika ingin melihat karya ilustrasinya, bisa meluncur ke instagram milik pribadinya. 


Data Buku:

Judul : Fatimah Al-Fihri dan Universitas Pertama di Dunia

Penulis : Rahmadiyanti Rusdi

Ilustrator : Megha Aiytes

Penerbit : May Publishing

Halaman : 24

Cetakan : Pertama, April 2022


Penulis Resensi:

Sayekti Ardiyani, ibu dua anak  yang menyukai membaca dan menulis. Aktivitas sehari-hari mengajar di sekolah dasar swasta di Kabupaten Magelang. 

Penulis bisa dijumpai di blog: https://boemisayekti.wordpress.com 

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Ini sebenernya buku anak² atau tuk dewasa kak? Ada ilustrasinya bikin menarik ya..

    BalasHapus
  2. Wah. Jadi sampai sekarang Universitas Al Qawwariyim masih ada dan aktif pembelajarannya?

    Saya belum pernah baca picbook karya mbak Rahmadiyanti nih. Keren banget beliau udah nulis banyak buku.

    BalasHapus
  3. ehhh, aku baru tauuu kalo mba Rahmadiyanti Rusdi juga bikin buku anaakkk.

    pastinya bermuatan positif dan inspuratif yah.baguuusss bgt

    BalasHapus
  4. Bukunya terlihat mudah dinikmati ya karena bergambar. Ini menunjukkan bukti bahwa perempuan memberikan banyak sentuhan pada dunia dan memberikan arah yang lebih baik termasuk dalam dunia pendidikan

    BalasHapus
  5. Masya Allah ... kerennya yaa, Universitas Al-Qawariyyin ternyata mahasiswanya bukan hanya dari kalangan kaum muslim. Baru tahu saya tentang universitas ini dan pendirinya.

    BalasHapus
  6. Selalu suka dengan bergambar gini, Krn cocok buat anak2. Jadi mereka bisa tertarik untuk membacanya. Apalagi kalo gambarnya dibuat bagus, berwarna, aku aja yg dewasa langsung suka. 👍

    Lagi membiasakan anak2ku untuk rajin membaca mba, makanya kalo ada resensi buku menarik yg cocok buat anak, aku seneng.

    BalasHapus
  7. Ilustrasinya menarik dan menggemaskan. Pasti bikin semangat baca. Isinya pasti juga memuat banyak pengetahuan. Universitas yang dibangun ternyata tak hanya untuk muslim ya. Ada beberapa lainnya pula. Keren.

    BalasHapus
  8. Buku ini diangkat dari kisah nyata ya Mbak? Penasaran soalnya dari judulnya yang mengangkat kisah Fatimah Al Fihri, cuma emang belum pernah dengar kisah ini. Menarik ya kisahnya dijadikan picbok gini

    BalasHapus